CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Computer Stuff /
Perbedaan MAC Address Dan IP Address
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed62ab22525c37f2c42b660/perbedaan-mac-address-dan-ip-address

Perbedaan MAC Address Dan IP Address

Jika kalian ingin mengirim surat, kalian memerlukan alamat rumah penerima. Alamat adalah pengenal yang memberi tahu petugas pos ke mana surat harus pergi, sehingga alamat tersebut harus unik. Tidak ada dua rumah yang memiliki alamat yang persis sama. Internet berfungsi seperti layanan pos. Perangkat mengirim “paket data,” kemudian IP address dan MAC address menentukan ke mana paket data tersebut pergi. Lalu apa perbedaan MAC address dan IP address?

Apa Itu IP Address? 
IP address adalah satu set unik dari angka yang mengidentifikasi perangkat yang terhubung ke internet. Untuk memahami dari mana alamat ini berasal, kita harus memahami sedikit cara kerja internet. 

Secara sederhana, internet hanyalah sekelompok jaringan terpisah yang terhubung bersama. Setiap jaringan disebut Internet Service Provider (ISP), dan jika kalian membeli layanan dari ISP, kalian dapat terhubung ke jaringan ISP itu dan semua jaringan lain yang terhubung ke ISP kalian. 

Setiap ISP memiliki kumpulan alamat IP yang mereka kelola, dan saat kalian membeli layanan, kalian diberi alamat IP. Ketika data dari internet perlu menghubungi kalian, jaringan ISP melihat bahwa alamat IP unik kalian adalah tujuannya, lalu merutekan data itu ke kalian. 

Ada dua jenis alamat IP: IPv4, yang terlihat seperti empat set angka yang dipisahkan oleh titik, masing-masing angka dalam kisaran 0 hingga 255. mis. 192.168.100.1 IPv6, yang terlihat seperti delapan set string empat karakter yang dipisahkan oleh titik dua, setiap string berisi angka dan huruf kecil. mis. 0:0:0:0:0:ffff:c0a8:6401 

Meskipun perkiraan ada 4,3 miliar total IP address yang menggunakan IPv4, tetapi hampir semuanya telah digunakan. Itulah mengapa dunia bermigrasi ke IPv6, yang mana ada lebih dari 320 undecillion (!) Total kemungkinan alamat IPv6.

Apa Itu MAC Address? 
MAC address adalah pengidentifikasian unik “interface jaringan” pada perangkat kalian. Jika IP address ditetapkan oleh ISP dan dapat ditugaskan kembali ketika perangkat terhubung dan terputus, MAC address terikat ke adpter fisik dan dibuat oleh produsen perangkat tersebut. MAC address adalah string 12 digit di mana setiap digit dapat berupa angka dari 0 hingga 9 atau huruf antara A dan F. 

Demi keterbacaan, string tersebut dibagi menjadi beberapa bagian. Ada tiga format umum, yang pertama paling umum dan disukai: 68: 7F: 74: 12: 34: 56 68-7F-74-12-34-56 687.F74.123.456 Enam digit pertama disebut “prefix” mewakili produsen adapter, sedangkan enam digit terakhir mewakili nomor identifikasi unik untuk adapter spesifik tersebut. MAC address tidak berisi informasi tentang ke jaringan mana suatu perangkat terhubung.

Sumur:

Quote:




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di