CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Sista /
KB Bikin Gemuk, Fakta Atau Mitos
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eafc39c7414f5115b5dbf41/kb-bikin-gemuk-fakta-atau-mitos

KB Bikin Gemuk, Fakta Atau Mitos

KB Bikin Gemuk, Fakta Atau Mitos


Bagaimana Agar Tetap Langsing Saat KB?

Selamat pagi agan sista, apa kabar? Semoga kabar baik ya hari ini.

Kita jumpa lagi di trit ane, kali ini ane ingin mengajak agan, sista berdiskusi.

Banyak sekali wanita yang enggan untuk KB karena takut gemuk, sebenarnya ini mitos atau fakta, ya?

KB Bikin Gemuk, Fakta Atau Mitos



Alat kontrasepsi dibagi menjadi dua, hormonal dan non hormonal.
Non hormonal di antaranya kondom, KB alami dan KB sterilisasi. Sedangkan KB hormonal antara lain pil KB, Suntik KB dan Implan atau susuk.

KB hormonal ini mengandung hormon buatan yaitu progesteron dan estrogen. Namun ada juga KB yang hanya mengandung hormon progesteron saja.

Hormon progesteron adalah hormon sek pada wanita yang diproduksi oleh sel indung telur (ovarium) dan kelenjar Arden (kelenjar yang berperan penting dalam reproduksi hormon dalam tubuh).

Hormon progesteron berfungsi untuk mengatur siklus menstruasi dengan mengendalikan pertumbuhan jaringan dinding rahim serta menjaga kehamilan dan tumbuh kembang embrio.

Hormon estrogen berfungsi untuk mengatur perkembangan sistem reproduksi wanita mulai dari menstruasi dan perkembangan fisik wanita seperti payudara, dan kehamilan.

Kedua hormon ini juga bisa meningkatkan nafsu makan. Hal inilah mengapa wanita yang KB hormonal ini cenderung menjadi gemuk. Hal ini karena kenaikan nafsu makan yang tidak dibarengi dengan pola hidup yang sehat. Seperti jarang olah raga, pola makan tidak sehat, stres berlebihan. Karena itulah mengapa wanita menjadi gemuk setelah KB.

Secara ilmiah KB hormonal membuat gemuk ini belum ada bukti ilmiahnya. Jadi kesimpulannya gemuk setelah kb itu mitos.

Lalu bsgaimana agar tetap langsing setelah KB? Perhatikan hal-hal berikut untuk mencegah kegemukan:

1. Pola makan yang baik dan teratur

KB Bikin Gemuk, Fakta Atau Mitos


Selain memperhatikan asupan gizi yang masuk, harus diperhatikan juga pola makanannya. Makan tidak teratur menjadikan tubuh rentan dengan obesitas, darah tinggi, diabetes juga sembelit.

Misalnya saja saat kita melewatkan sarapan pagi, bisa jadi nanti kita menjadi ingin ngemil, dan berkeinginan makan apa saja saat siang.

2. Rileks dan Tidak stres

KB Bikin Gemuk, Fakta Atau Mitos


Selain harus menjaga pola makan, karena makan tidak teratur rentan gemuk dan penyakit. Kita juga harus menghindar dari stres. Sebab stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Kelebihan-kebihan lemak ini akan dibawa Oeh hormon kortisol sehingga perut pun menjadi buncit.

3. Olah raga teratur

KB Bikin Gemuk, Fakta Atau Mitos


Nah untuk yang satun ini tidak bisa dilewatkan, jika ingin langsing tentu harus berolah raga. Selain langsing dengan olah raga tubuh menjadi lebih sehat. Sebab olah raga dapat mengengurangi timbunan lemak dalam tubuh, serta dapat membakar kalori lebih banyak sehingga berat badan dapat dikendalikan.

4. Pola tidur yang baik dan teratur

KB Bikin Gemuk, Fakta Atau Mitos


Seringkali pola tidur luput dari perhatian saat ingin menurunkan berat badan. Padahal pola tidur berpengaruh terhadap naik turunnya berat badan.

Saat kita tidur tubuh akan memperbaiki dirinya sendiri yaitu dengan cara melepaskan hormon pertumbuhan. Proses ini tidak akan sempurna terjadi pada orang yang kurang tidur.

Jika tidur cukup dan nyenyak kita juga akan bangun di pagi hari dengan kondisi tubuh lebih segar, dibandingkan orang yang kurang tidur.

Jadi kuncinya adalah tidur yang cukup dan berkualitas.

Nah bagaimana agan sista? Jadi mau pilih KB hormonal atau mau pilih KB non hormonal?

Apa pun pilihannya, terap perhatikan polamska, pola tidur, olah raga dan jangan lupa bahagia untuk menghindarkan diri dsri stres.

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa rate, cendol dan silahkan share jika artikel ini bermanfaat.

Opini Pribadi
Reverensi
1, 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
swiitdebby dan 59 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh husnamutia
Halaman 1 dari 2
Mari kita berdiskusi santai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 7 lainnya memberi reputasi
Pastinya inginkan, tubuh tetep langsing
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 8 lainnya memberi reputasi
Ane gak KB, tapi badan gemuk juga. emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daisy90 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Terima kasih tipsnya Sist, harus dijalani nih,
Ane udah mulai melar🤭 mungkin efek stay at home juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mungkin bukan pil KB nya yg bikin melar.. mungkin efek mompanya gan emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Semuanya tergantung hormon sih sepertinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
kuncinya pengendalian diri 😄
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Karena kb kan biasanya mengandung hormon, jadi terkadang bisa buat gemuk.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
anak pertama masih kurus, anak kedua stelah kb naik 5kg 🙈
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 4 lainnya memberi reputasi
gue paa bocah pernah makanin obat kb ema gue. soale macem permen. enak.. manisss .. bentuk nya bulat bulat kan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Wah pengetahuan nih wkwkwk meski ane belum nikah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bahagia dan sejahtera.. mau diet bagaimana kalau suaminya sayang.. istrinya jadi sayang jg dan tiap hari bahagiaemoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ilmu buat nanti nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mksih tipsny sis, tp ane setelah melahirkan anak pertm mmemang jd gemuk seh skrg, q aja ampe binggung mau ngurusin lg kyak dlu gmna, hahaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
thankssss ilmu nih buat ane kl ntr udah nikahhh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Dulu waktu KB anak 1, BB biasa aja, sekarang nggak KB malah bersisi😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
tergantung settingan gan,
gmn pasangan setting nya,
cara berhubungan setelah melahirkan, cara durasi, cara timing saat berhubungan, itu mesti tepat gan..
tinggal bagaimana caranya diterapkan aja gan..
dan inget, jangan telat narik atau nyabut pas mao keluar..oke..lets do that..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Wah, thread yang sangat bermanfaat. Apalagi buat emak-emak macam ane. Nice thread, Sist.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Aku badan alhamdulillah tetap langsing, meski KB. bahkan makan seberapa banyak pun BB tetep 😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tergantung hormon, mungkin. saya kb. berat badan tetap stabil seperti waktu masih single.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di