CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menjaga Wudhu Terhindar dari Virus Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7172638d94d01afd70e961/menjaga-wudhu-terhindar-dari-virus-corona

Menjaga Wudhu Terhindar dari Virus Corona

Menjaga Wudhu Terhindar dari Virus Corona


JAKARTA – Sejumlah pihak seperti dokter, ulama, hingga pejabat menganjurkan umat untuk menjaga wudhunya. Ini ditujukan sebagai salah satu upaya mencegah penularan virus corona.

Hari ini misalnya, Senin (16/3/2020), Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum menilai, untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 atau virus corona, ikhtiar batin perlu dilakukan selain ikhtiar dhohir atau duniawi melalui arahan pemerintah. Uu pun mengajak umat di Jabar senantiasa menjaga kebersihan lewat wudhu. “Kita (Islam) ada daimul wudhu atau selalu dalam keadaan suci. Itu kemuliaannya luar biasa,” ujar Uu, Senin (16/3/2020).

Sebelum Uu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Wakil Wali Kota Depok Pradi, MUI, hingga dokter di RS Islam Banjarmasin, menganjurkan wudhu sebagai salah satu upaya mencegah corona. Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah wudhu itu?

Setiap umat Islam yang sudah baligh (dewasa) tentu sudah mengenal istilah wudhu. Yaitu, suatu cara membersihkan diri dengan tujuan menghilangkan hadas dan najis yang ada di badan. Wudhu adalah suatu ibadah yang disyariatkan dalam Islam.

“Hai, orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku. Sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki. Jika kamu junub, mandilah. Jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih). Sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu supaya kamu bersyukur.” (QS Al-Ma’idah [5]: 6).

Kapankah waktu diperintahkan wudhu tersebut?

Para ulama berselisih paham mengenai hal ini. Ada yang mengatakan, wudhu diperintahkan bersamaan dengan kewajiban shalat lima waktu dan itu terjadi saat di Makkah.

Yang lain berpendapat, wudhu telah diperintahkan sebelum adanya shalat. Namun, sebagian lagi menyatakan, wudhu baru diwajibkan setelah Nabi Muhamamd SAW hijrah ke Madinah. Alasannya, ayat di atas menunjukkan ciri-ciri ayat Madaniyah. Inilah pendapat Imam Jalaluddin as-Suyuthi dalam kitabnya Asbabun Nuzul.

Dalam sebuah riwayat, disebutkan bahwa Aisyah kehilangan kalungnya, lalu Rasul SAW turut mencarinya. Namun, karena waktunya malam hari, agak sulit menemukan kalung tersebut hingga akhirnya tiba waktu Subuh.

Saat terbangun, Rasul SAW bergegas untuk mendirikan shalat dan mencari air wudhu. Namun, Rasulullah tidak menemukannya. Maka, turunlah ayat ini yang membolehkan tayamum sebagai pengganti wudhu bila tidak menemukan air.

Berkaitan dengan hilangnya kalung Aisyah ini, ayahnya, yakni Abu Bakar As-Shiddiq, sempat memarahinya dan mengatakan bahwa gara-gara kalung itu hingga akhirnya menimbulkan kesusahan (musibah) karena kaum Muslim tidak mendapatkan air. Namun, saat ayat tersebut diturunkan, Abu Bakar memuji Aisyah dan menganggapnya sebagai pembawa berkah.

Menurut As-Suyuthi, inilah pendapat yang paling kuat. Demikian diriwayatkan Imam Bukhari dari Amr bin al-Harits dari Abdurrahman bin al-Qasim. Hadis ini juga diriwayatkan oleh Imam at-Thabrani dari Ubbad bin Abdillah bin Zubair yang bersumber dari Aisyah.

Wudhu menjadi salah satu syarat utama diterimanya shalat seorang Muslim. Allah tidak menerima shalat tanpa bersuci.” (HR Muslim 224). Tidak diterima shalat salah seorang dari kalian jika berhadas hingga dia berwudhu.” (HR Bukhari No 135 dan Muslim 225).

Tujuan disyariatkannya wudhu ini adalah untuk membersihkan segala kotoran najis dan hadas. Menurut Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim dalam kitabnya Fiqh at-Thaharah, najis dan hadas itu adalah kotoran manusia (tinja), air kencing, madzi, wadzi, darah haid, kotoran hewan yang tidak dimakan dagingnya, air liur anjing, daging babi, bangkai, sisa air yang diminum binatang buas, dan hewan yang tidak boleh dimakan dagingnya.

Syekh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin dalam Syarh al-Mumti’ ‘ala zadi al-mustaqni’ bab Thaharah (bersuci) menjelaskan, bersuci (thaharah) itu adalah membersihkan atau menghilangkan hadas yang menempel di tubuh, seperti kencing atau kotoran manusia.

Di samping itu, thaharah juga bermakna menghilangkan khabats (najis), seperti terkena suatu benda yang diharamkan karena kondisinya yang kotor atau menjijikkan. Dalam hal ini, kata Syekh Utsaimin, tidak termasuk racun.

Selain bertujuan menghilangkan hadas dan najis, thaharah (wudhu, tayamum, mandi, bersiwak, dan lainnya) bermanfaat untuk kesehatan jasmani dan rohani. Dalam hal berwudhu, berbagai penelitian membuktikan bahwa wudhu mengandung manfaat yang besar bagi kesehatan karena mampu merangsang dan menstimulus energi dalam tubuh serta melancarkan peredaran darah.

hoax abad ke 7


astaghfirullah al adzim,
disaat seperti ini saja, masih ada orang2 yg terus memancing di air keruh dgn menyebar kebohongan dan hoax serta kebodohan demi jualan agama,

agar terkesan agamanya hebat dan kebodohan yg dilakukan agamanya seakan2 bermanfaat.

padahal karena kebodohan2 dan kebohongan2 agama inilah, yg membuat penyakit ini menyebar massiv seperti yg terjadi malaysia sana emoticon-Takut


Menjaga Wudhu Terhindar dari Virus Corona


Menjaga Wudhu Terhindar dari Virus Corona
Menjaga Wudhu Terhindar dari Virus Corona


insya allah, orang2 yg terus menyebar kebohongan dan kebodohan ini akan diberikan azab yg perih oleh allah swt

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 28 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh terong.besar
Halaman 1 dari 7
tambahin aahhh

Menjaga Wudhu Terhindar dari Virus Corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Dan ada juga ajakan tabligh di tengah imbauan untuk menjaga jarak saat ini.

Menjaga Wudhu Terhindar dari Virus Corona

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DeviMp dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Klopun kena corona aja, juga udah auto sembuh kok cuy,

Menjaga Wudhu Terhindar dari Virus Corona

Sm direkomendasikan sambil nunggu sembuh sambil minum jamu dan liat koleksi vlog mukidi.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Quote:


Emang ada hadisnya kok bro
Mrk cm mengimani dan dakwah sesuai ajaran yg diimani
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ts mandinya pake desinfektan, kumur2 pake bayclin biar putihemoticon-Najis

Itali ama wuhan mesti banyak yang berwudhu jd banyak kena klo mengikuti logika biadab kaskusemoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh winehsuka
Lihat 16 balasan
Dengerin pernyataan gitu ane numpang ketawa aja ah...


GIF
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelyqueen999 dan 4 lainnya memberi reputasi
ane mau tanya soal hand sanitizer ke somad

soalnya ada alkoholnya

ane takut masuk neraka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 3 lainnya memberi reputasi
maaf,, yg tertular korona di indonesia sebagian besar malah orang muslim.. emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kakekane.cell
Lihat 1 balasan
ya bahasa manusianya kebersihan, gitu aja kok ribut
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


MENTERI SEMPRUL..!!! emoticon-Najis



Nggak jauh beda sama MENKOMINFO yang dulu..!!! Sama2 TOLOLNYA..!!! emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 9 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ikutan ketawa gan..

Menjaga Wudhu Terhindar dari Virus Corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Astaga, mungkin yang di Malaysia lupa wudhu sebelum ikut tabligh akbar ya akhi
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Kafir mana faham emoticon-Traveller

Sibuk bener ngurusin agama org.
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan ..noisscat.. memberi reputasi
Buat yang muslim, mengikuti hadits/sunnah Rasullulah (yang sahih) adalah wajib dan itu bentuk suatu kebenaran dan jika seorang muslim tidak mengikuti cara Rasullulah maka dia termasuk kaum munafik dan fasik.

Buat yang non-muslim (KAFIR, tidak mengakui Allah ta'ala dan Rasullulah), gah usah banyak bacot ngurusin agama orang lain. Ikuti aja ajaran agama masing-masing. emoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
icus.azure dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hamand
Lihat 2 balasan
Quote:


Quote:


pegangan yg kuat
anda berdua terlihat terguncang keras emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Masa tetap jadi? Bakalan viral itu kalo jadi. emoticon-Belo
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
gua cuma nunggu klaim ilmuwan islam yg katanya segala penemu. masa nunggu vaksin dr israel emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
banyak yg terguncang emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
bangtjah dan kakekane.cell memberi reputasi
@indomerahputih

Thread kesukaan mu pak, ada bau2 islam nya, silahkan join dengan teman sekolam sekobokan, untuk hina islam sampai puas, agama kadrun pengibar bendera hitam layak untuk dijadikan bully an. Bener kan?

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
bangtjah dan kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


Selalu saja pakai istilah “akhir zaman” emangnya ada yang tau kapan itu terjadi? Kalau menurut ane sih kalau seseorang itu meninggal maka itulah akhir zaman alias kiamat baginya.Sementara yang lain masih saja tetap hidup.Dan itu terus terjadi sepanjang peradaban manusia.emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
night.fury95 dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di