CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e700af8c82084549f0936f2/anies-kena-kritik-gegara-warga-menumpuk-di-transportasi-publik

Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik

Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk mengubah jadwal operasional bus TransJakarta, MRT, dan LRT dengan mempersingkat waktu layanan untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19). Keputusan itu menimbulkan sejumlah permasalahan di lapangan, tak hanya itu, keputusan Anies pun menuai kritik dari sejumlah pihak.
Anies mengumumkan jadwal operasional bus TransJakarta, MRT, dan LRT dipersingkat pada Minggu (15/3/2020). Tak hanya itu, rute operasional TransJakarta juga dipotong untuk mengurangi interaksi publik.

"TransJakarta yang saat ini melayani 248 rute akan dikurangi secara signifikan hanya 13 rute. Hanya 13 rute yang beroperasi. TJ yang semula 24 jam, jadi jam 6 pagi sampai jam 6 sore," ujar Anies dalam jumpa pers di Balai Kota DKI, Gambir, Jakarta Pusat.

Selain itu, jadwal keberangkatan MRT juga diubah. Anies mengatakan MRT akan berangkat setiap 20 menit.

"Jadi jadwal MRT, misalnya, semula keberangkatannya tiap 5 menit dan 10 menit, sekarang akan diubah mulai besok jadi tiap 20 menit. Rangkaian MRT yang setiap hari beroperasi tiap 16 rangkaian, tinggal 4 rangkaian. Waktunya yang semula jam 5 pagi sampai jam 24 00, sekarang hanya jam 6 pagi sampai jam 6 sore," tuturnya.

Pada penerapannya, Stasiun MRT Fatmawati terjadi antrian panjang pada Senin (16/3/2020) pagi. Antrian penumpang terjadi saat memasuki pintu masuk stasiun. Sebab jadwal operasional MRT dipersingkat sesuai perintah Gubernur DKI Anies Baswedan.

Salah satu penumpang yang hendak masuk ke Stasiun Fatmawati, Unung Putra mengatakan dirinya sudah mengantre sejak 30 menit. Dia akan berangkat kerja di wilayah Senayan.

"Mungkin sudah 30 menit, mau kerja ke wilayah Senayan. Rugi (waktu) sih ini tapi ya sudah kan lagi virus corona ya jadi maklum," katanya kepada detikcom di lokasi.

Antrean panjang penumpang juga terjadi di Halte TransJakarta Puri Beta 2 Ciledug viral. Seorang penumpang, Yasmin, mengatakan hanya satu rute yang dilayani di halte tersebut.

"Puri Beta 2, yang dibuka cuma satu rute, Ciledug-Blok M," ujar Yasmin saat dihubungi, Senin (16/3/2020).

Yasmin mengaku harus menunggu sekitar 30 menit lebih. Ia menduga antrean di halte itu terjadi sejak pagi tadi

"Kalau dari jam berapanya aku kurang tahu. Mungkin udah dari subuh kali ya. Tapi tadi aku sampai halte jam 08.13 WIB baru naik bus jam 9 kurang 10," ujarnya.

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi mengkritik kebijakan pemangkasan jam operasional MRT, LRT dan TransJakarta, bahkan rute TransJakarta dipotong. Hal ini, menurut Pras, panggilan akrab Prasetio malah menimbulkan masalah baru yang perlu diselesaikan.

"Ini kebijakan sebenarnya justru memicu penumpukan. Karena itu harus dan wajib petugas-petugas di sana turun langsung untuk mengurai terjadinya penumpukan yang terjadi," kata Pras, dalam keterangannya, Senin (17/3/2020).

Senin pagi itu, cukup banyak yang mengeluhkan sedikitnya bus TransJ yang tersedia. Calon penumpang TransJ mengantre ke luar halte.

Pras berpesan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta harus membuat kebijakan tepat dalam kondisi penanganan virus Corona (COVID-19).

"Betul bahwa masyarakat tidak perlu panik. Oleh karena itu tugasnya pemerintah bekerja, untuk memastikan tidak adanya kepanikan," kata Pras.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginginkan transportasi publik tetap beroperasi meski wabah virus Corona melanda. Jokowi meminta pemerintah pusat dan daerah tetap menyediakan angkutan massal dengan sejumlah catatan.

"Transportasi publik tetap harus disediakan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dengan catatan meningkatkan tingkat kebersihan moda pengguna transportasi tersebut," kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/3/2020).

Transportasi publik yang dimaksud mulai dari kereta api hingga MRT. Jokowi ingin tingkat kerumunan hingga antrean bisa diantisipasi.

"Baik itu kereta api, bus kota, MRT, LRT bus Trans, yang penting bisa mengurangi tingkat kerumunan, mengurangi antrean dan mengurangi tingkat kepadatan orang di dalam moda transportasi tersebut sehungga kita bisa menjaga jarak satu dengan lainnya," sebut Jokowi.


sumber

banyakan cari panggung mulu takut kehilangan moment sih. tapi gak mikirin dampak nya dan kurang koordinasi maupun pertimbangan.

yang kayak gini disuruh urus satu negara bisa2 chaos semua.

Tambahan kaskuser:
Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DPRD
Halaman 1 dari 6
Ayoo diperbaiki pak Gab
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Gabener rasa RT emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kebelet pencitraan buat nutupi kegoblokan yg bikin jakarta banjir. yg penting bacot dulu di depan media, pelaksanaan gak dipikirin emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 9 lainnya memberi reputasi
Panjang mana sama mrt ?


{thread_title}
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tukulkerapu dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
punya tgupp segitu banyak, punya kpk dki banyak, kok ngasih keputusan kek org linglung...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
netnotme dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
gunanya tim tegukpepek itu apa selain habisin anggaran?
asubanget.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
netnotme dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


Ke Malaysia ya?
profile-picture
profile-picture
netnotme dan rizaradri memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Gubernur terbodoh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cipokan.yuk dan 4 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
adjibimo dan rizaradri memberi reputasi
"Menunda kegiatan yang melibatkan peserta yang banyak orang dan meningkatkan pelayanan pengetesan Covid-19 dan meningkatkan pengobatan dengan menggunakan RSUD dan RS swasta serta lembaga riset dan pendidikan tinggi yang direkomendasikan kementerian kesehatan," ujar Jokowi.
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan Abc..Z memberi reputasi
smoga ojol jg ikut digratiskan selama masa covid19
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Kalo Ahok yg jadi gubernur, kebijakan macam apa ya yg bakal diambil? Mungkinkah semua kantor diliburin dan di lock down satu Jakarta, soalnya kafir kan takutan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Guciano08 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


Sory ad yg kurang..mksdna digratiskan dan ditanggung biaya nya oleh pemprov dki emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi

Sampai2 ada isu bahwa katanya ini disengaja untuk mendiskreditkan Jokowi nantinya kalau banyak warga yg terkena Corona. Maklum 2024 makin dekat.
emoticon-Cape d...


Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan m4r1c0 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
gub bodoh yg dipuja2 anusnya sama kadrun nih...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 2 lainnya memberi reputasi
boed aboed, lo tutup sekolah sm wisata...ok bagus

tp kebijakan transportasi lo salah satu kebijakan paling tolol dalam sejarah pimpinan jekardah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
n.y.a dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pecat aja apa ya
suatu hari di kantor,temen ane si A ngomong:

A:kasian pak anies dibully terus masalah transportasi,padahal cekatan loh!!

A: sijokowi gak bisa gerak cepat nih!!!

A:ridwan kamil lambat banget ahh!!

emang ya para pendukung anies ini,ckckck
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan servesiwi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Presiden plonga plongo rasa rw emoticon-Ngakak
Spoiler for :
Percuma Kalo hanya kritik tanpa tindakan tegas
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di