CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dampak Penyebaran Virus Corona, Wisatawan Asing di Labuan Bajo Sepi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e672af1be0f7c7f391324ba/dampak-penyebaran-virus-corona-wisatawan-asing-di-labuan-bajo-sepi

Dampak Penyebaran Virus Corona, Wisatawan Asing di Labuan Bajo Sepi

Dampak Penyebaran Virus Corona, Wisatawan Asing di Labuan Bajo Sepi

KOMPAS.com - Pascapenyebaran isu virus corona, wisatawan mancanegara mulai sepi mengunjungi kawasan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Dampak penyebaran virus corona itu mulai dirasakan pelaku pariwisata dan pengusaha di kawasan wisata andalan Indonesia itu.

Salah satu pelaku pariwisata di Manggarai Barat, Maria Oktaviani Simonita mengatakan, aktivitas kegiatan pariwisata di Labuan Bajo mulai menurun.

Kini, tak ada kumpulan wisatawan mancanegara yang lalu lalang di jalanan dan lokasi objek wisata di Labuan Bajo. "Memang saya tidak ada data, tapi bisa lihat dari kondisi Kota Labuan Bajo, biasanya turis lalu lalang banyak, sekarang ini bisa dihitung pakai jari," kata Maria saat dihubungi Kompas.com, Senin (9/3/2020).

Apalagi, Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dulla juga mengeluarkan surat edaran yang melarang wisatawan asal China masuk ke Kabupaten Manggarai Barat. Direktur VisMart Tourism Consultant Kabupaten Manggarai Barat, Servasius Irwan Budi Setiawan mengatakan, para pengusaha hotel di Labuan Bajo telah mengeluhkan pengunjung yang sepi.

Para pengusaha hotel, kata dia, sedang memikirkan cara untuk menambah pendapatan karena pengunjung yang sepi. "Saat ini pemilik dan pengusaha hotel di Kota Labuan Bajo sedang memikirkan minimnya pemasukan dan pendapatan hotel sementara mereka harus menggaji karyawan hotel," kata Irwan. Irwan berharap pemerintah segera mengatasi penyebaran virus ini.  

Sementara itu, Ketua pelaksana ASITA Kabupaten Manggarai Barat Donatus Matur menyebut, sejumlah wisatawan dari seluruh dunia telah membatalkan kunjungan wisata ke Kabupaten Manggarai Barat, khususnya Labuan Bajo.

"Pelaku agen travel di Kota Labuan Bajo sudah menginformasikan kepada ASITA Kabupaten Manggarai Barat terkait pembatalan kunjungan ke Kabupaten Manggarai Barat. Wisatawan mancanegara dan nusantara sudah mengirim pemberitahuan melalui e-mail tentang pembatalan kunjungan ke objek wisata di Kabupaten Manggarai Barat apalagi saat sudah ada pemberitahuan secara global untuk melarang kunjungan di seluruh dunia," jelasnya.

Sedangkan, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia cabang Kabupaten Manggarai Barat Silvester Wangge menjelaskan, penurunan angka kunjungan wisatawan mancanegara di Labuan Bajo masih wajar. Menurutnya, musim liburan wisatawan asal Eropa sekitar Juni-Oktober.

Saat ini, kata dia, kunjungan wisatawan dalam negeri masih cukup tinggi di Labuan Bajo. "Saya contohkan Hotel Jayakarta, saya tanya general manager-nya, dia bilang kepada saya bahwa masih penuh tamu-tamu wisatawan nusantara yang menginap di hotel tersebut," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Indonesia telah mengonfirmasi pasien yang positif mengidap virus corona jenis Covid-19. Terkini, sebanyak 19 pasien positif Covid-19 telah dirawat di sejumlah rumah sakit.

, https://regional.kompas.com/read/2020/03/10/10224501/dampak-penyebaran-virus-corona-wisatawan-asing-di-labuan-bajo-sepi?page=all. 


Gagal premium dong
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan ekliptika memberi reputasi
semoga kunjungan wisatawan domestik ke labuan bajo bisa meningkat
Lihat 1 balasan
boikot balik aje bray terlalu blagu kemarin gegayaan bikin wisata premium...sekarang menuai karma emoticon-Leh Ugaemoticon-Wkwkwk
semua wisatawan asing belum boleh masuk kesini
Quote:


Lho emang sekarang tiketnya berapa
Lihat 1 balasan
Quote:


Gitu ya...1 juta murah ( Bali pp ) kalau ke Labuan Bajo 2 juta mahal.
Lihat 1 balasan
bukannya memang belum seramai bali yahemoticon-Bingung
Quote:


Mahal kok
Lihat 1 balasan
Quote:


Ya semoga wabah virus corona bisa segera berakhir.

Btw bukannya pemerintah lagi kasih diskon tiket 50% ya manis...

Iya met liburan deh, ati² di jalan
pokoknya tahun 2020 ini tahun yg amat sangat berat untuk ekonomi dunia emoticon-Embarrassment
semua target awal 2020 bakalan meleset semua emoticon-Malu

apalagi APBN 2020, gara2 Corona, industri yg paling berat adalah Pariwisata beserta turunannya (Maskapai, Resto, Hotel, Souvenir, Transportasi, dll pendukung nya) dan juga sektor wisata yg paling banyak sektor informalnya emoticon-Amazed
Selain itu Industri lain, yg banyak pakai bahan baku dr China atau negara lain...
Eksport pun terkendala, kaya ke China, barang bisa d kirim tapi di China gak bisa bongkar karena masih pada diliburkan...
Barang China (bahan baku atau jadi) juga tak bisa di eksport karena tak ada pekerja yg bongkar - muat atau produksi di China sana, masih diliburkan

Era Globalisasi, dimana saat normal begitu banyak mendatangkan keuntungan... tapi dikala kaya saat ini... benar2 penderitaan dirasakan d seluruh dunia emoticon-Frown
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Sepi wisman pada takut corona
Yg dr domestik jg sepi gamampu krn kemahalan
Diubah oleh crockoaches
ane cuma kasian dengan pedagang lain, contoh di pasar pramuka jakmart operasi pasar jual masker 1 boks isi 50 potong rp.125.000, lalu hari kedua berubah menjadi rp50.000 untuk 20 potong masker, sementara ada pedagang di pasar pramuka pada saat hari pertama operasi pasar jakmart udah ambil barang, katakanlah saat itu rp.200.000; di tangan pedagang- perboks isi 50 potong, lalu mereka jual harga berapa ?
Semua tempat wisata kayanya jadi sepi ya yaampun kasian juga yang menggantungkan nasibnya dari bidang wisata
sok premium sih, dimana" harusnya target utamanya wisman dalam negeri. banyak gaya sih lu emoticon-Traveller emoticon-Traveller


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di