CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Mempersiapkan Anak Menghadapi Ujian? Lakukan Tips Keren Ini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e661099349d0f7d774b4952/mempersiapkan-anak-menghadapi-ujian-lakukan-tips-keren-ini

Mempersiapkan Anak Menghadapi Ujian? Lakukan Tips Keren Ini

Halo agan sista semua.

Adakah yang punya anak sekolah di kelas terakhir tahun ini? Kelas VI, kelas IX atau kelas XII?

Mereka sebentar lagi akan menghadapi ujian akhir sekolah dan ujian nasional kan, ya. Nah, dalam mempersiapkan mereka menghadapi ujian, biasanya ada saja kepanikan yang melanda para orang tua, terutama ibu-ibu.

Tapi tenang, sista, ada banyak orang tua di luar sana yang juga sedang mempersiapkan anaknya mengikuti ujian. Jadi banyak temannya, dan sista tidak perlu panik karena merasa sendirian.

Kabar baiknya lagi, ada banyak sekali yang punya pengalaman mempersiapkan anak ujian dan bersedia berbagi pengalaman.

Jadi gini, agan sista semua.

Untuk mempersiapkan anak ujian, berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan.

1. Tetap tenang dan berdoa.

Mempersiapkan Anak Menghadapi Ujian? Lakukan Tips Keren Ini
Foto : sini

Setegang dan secemas apapun agan sista, tetaplah bersikap tenang di hadapan anak. Ketenangan orang tua sangat membantu untuk meningkatkan kepercayaan diri anak.

Sebagai orang tua, gansis adalah sandaran anak saat mereka cemas dan gelisah menghadapi ujian. Kalau gansis ikut panik, maka anak akan semakin merasa tertekan.

Daripada panik, lebih baik gansis mengajak anak untuk rajin-rajin berdoa.

2. Kenali gaya belajar anak.

Mempersiapkan Anak Menghadapi Ujian? Lakukan Tips Keren Ini
Foto : sini

Penting sekali untuk agan sista mengenali gaya belajar anak, agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Bagi yang anaknya hanya bisa belajar dalam suasana tenang tanpa gangguan apapun, ciptakan suasana rumah yang tenang agar anak bisa belajar optimal.

Namun, ada pula anak yang hanya bisa belajar ketika sambil mendengarkan musik. Bila anak gansis termasuk yang seperti ini, maka jangan larang mereka memutar musik saat belajar.

3. Beri fasilitas sesuai kebutuhan.

Bila anak gansis hanya bisa belajar saat sendirian, beri mereka kamar untuk belajar. Agar lebih nyaman, sediakan juga cemilan bagi yang suka ngemil.

Mempersiapkan Anak Menghadapi Ujian? Lakukan Tips Keren Ini
Foto : Pixabay

Namun, bila anak lebih suka di tempat yang cukup ramai seperti ruang tamu atau ruang keluarga, mungkin sambil sesekali melirik acara televisi, agan sista juga tidak perlu memaksa mereka berdiam diri di kamar.

Percayalah, kalau belajar sesuai dengan gaya belajar masing-masing, mereka akan mendapatkan hasil yang optimal.

4. Sediakan makanan sehat dengan gizi seimbang.

Mempersiapkan Anak Menghadapi Ujian? Lakukan Tips Keren Ini
Foto : Pixabay

Agar anak-anak tetap fit dan mampu fokus belajar, perlu diperhatikan asupan gizi mereka. Biasakan mereka makan buah dan sayur, bukan hanya nasi dan lauk seperti yang disukai kebanyakan anak sekarang.

Bagaimanapun, kesehatan harus menjadi prioritas utama dalam persiapan ini. Jangan sampai anak sudah persiapan maksimal, tetapi saat tiba waktunya ujian malah sakit.

5. Beri waktu untuk istirahat.

Mempersiapkan Anak Menghadapi Ujian? Lakukan Tips Keren Ini
Foto : Pixabay

Istirahat sesuai dengan kebutuhan juga penting untuk menjaga stamina dan mood anak. Jangan paksa anak belajar terus-menerus karena justru akan menjadi jenuh.

Istirahat yang cukup akan membuat anak selalu segar dan bersemangat kembali.

6. Bila perlu, ikutkan program bimbingan belajar.

Mempersiapkan Anak Menghadapi Ujian? Lakukan Tips Keren Ini
Foto : sini

Untuk yang satu ini, pertimbangkan baik-baik ya, gansis. Ikutkan hanya kalau perlu saja.

Biasanya, anak sendiri yang akan meminta, kalau memang merasa dirinya kurang menguasai pelajaran. Jangan panik, dengan bimbingan belajar privat, anak akan segera bisa menyesuaikan diri.

Nah, itulah beberapa hal yang penting untuk gansis ketahui dalam mempersiapkan anak menghadapi ujian sekolah.

Semoga bermanfaat untuk agan sista semuanya.

Sumber : opini pribadi
Foto : dari berbagai sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
betiatina dan 22 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh evihan92
Halaman 1 dari 7
sista yang anaknya mau ujian, yuk merapat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan 7 lainnya memberi reputasi
kita sharing di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan 7 lainnya memberi reputasi
Waah parenting nih. Nice thread, kak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Oh iya ya
Aku salah kamar nih berarti 🤭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Bukan kakak. Gpp. Maksudnya bagus buat ane, ilmu parenting emoticon-Malu

Lagipula pasti Mimin Lounge bakal pindahin kalo salah. Mereka baikemoticon-Kiss

Eh, wedding ya. Ya cocok atuh kak, tentang family emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
istijabah dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh embunsuci
Quote:


Alhamdulillah kalau bermanfaat buat adek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
istijabah dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Alhamdulillah emoticon-Kissemoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Persiapan besok kalau jagoannya sekolah ya emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 2 lainnya memberi reputasi
bener siii ortu biasanya kurang paham sama gaya belajar anakkk, malah bbrp cenderung maksaain gaya belajar dia ke anaknyaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Banyak orang beranggapan bahwa belajar itu harus diam, tenang, baca buku serius.
Padahal ada yang justru sebaliknya: perlu ada suara, perlu sambil ngemil, dll
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan fitrijunita memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
yang penting selalu dukung dengan bijaksana si. jangan pernah memaksa dan menekan
profile-picture
evihan92 memberi reputasi
Makasih atas infonya,, emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
ruthsteve dan evihan92 memberi reputasi
Quote:


Yap bener banget sis.
Tapi kadang ada orang tua yang ambisius banget, maksa anaknya harus begini harus begitu. Ujung-ujungnya si anak tertekan.
profile-picture
fitrijunita memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Sama-sama, semoga bermanfaat ya
profile-picture
fitrijunita memberi reputasi
iya bener tetep tenang jangan ngasih tekanan terlalu berat
profile-picture
evihan92 memberi reputasi
Quote:


Sudah pernah gini gan?
profile-picture
fitrijunita memberi reputasi
kenali gaya belajar anak tuh penting, dulu ane diomelin gara2 belajar sejarah tapi sambil cerita mondar mandir wkwkw
Quote:


kalo ditekan dan dituntut belajar terus malah otaknya gak bisa maksimal dalam menyerap informasi
profile-picture
evihan92 memberi reputasi
Diubah oleh dhinyzfrn
Quote:


Nah bagus nih pengalaman gini dishare, biar lebih banyak yang paham.
Ane dulu belajar aja sambil dengerin musik dan ngemil wkwkwk
profile-picture
fitrijunita memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di