CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
"Req: Delete Thread", Ada Apa dengan Kaskus Kreator? Orientasi pada Poinkah?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e65eb11a72768664f2f7785/quotreq-delete-threadquot-ada-apa-dengan-kaskus-kreator-orientasi-pada-poinkah

'Req: Delete Thread', Ada Apa dengan Kaskus Kreator? Orientasi pada Poinkah?


"Req: Delete Thread", Ada Apa dengan Kaskus Kreator? Orientasi pada Poinkah?
sumber


Halo Kaskus Kreator Indonesia!

(Semua akan Req Del Thread pada Waktunya!)


Sering mampir ke thread Laporan, Request, Kritik, Saran, dan Pertanyaan Seputar The Lounge, gak? Jika, ya! Sudah pasti GanSis sering melihat, banyak Kaskus Kreator yang posting req del thread [bahasa inggris: delete thread request] alias minta thread-nya dihapus di sana.

Mungkin, diantara GanSis, ada yang merasa penasaran, "Kenapa, sih, kok malah dihapus?". Tak terkecuali bagi agan yang satu ini, TS melihat postingannya di thread tersebut, berikut isinya :

Quote:

sumber(Atas izin yang bersangkutan*)


Postingan beliau itulah yang menginspirasi TS membuat thread ini karena pertanyaannya telah menyentil jiwa kepo TS untuk mencari tahu alasan sesungguhnya para kreator req del thread.

Benarkah mereka hanya berorientasi pada uang (koin) thread? Sebagai seorang kreator yg juga pernah me-request hapus thread, TS penasaran apakah mereka memiliki alasan yang sama dengan TS. Ya, sudah, mari simak ulasan TS di bawah ini!


Sumber dari Isi Thread Ini

Pertama-tama, let me tell you, Gaes! Untuk membuat thread ini, TS sudah ngobrol dengan beberapa Kaskus Kreator yang pernah req del thread. Demi mendapatkan informasi yang valid, TS juga ngobrol dengan beberapa diantara kreator yang baru-baru ini melakukan permintaan tersebut.


Alasan Para Kreator Request Hapus Thread

Spoiler for ilustrasi:

Jadi, Gaes, TS ajak ngobrol teman-teman kreator yang pernah atau baru-baru ini melakukan permintaan penghapusan thread. Dari pernyataan mereka, TS simpulkan ada 4 alasan, yaitu sebagai berikut ini :

1. Mencari Poin

TS salut pada mereka yang dengan jujur menyatakan bahwa guna mereka jadi kreator memang untuk mengikuti event kreator dan mengumpulkan koin sembari mengasah kemampuan menulis.

Thread yang mereka delete pun adalah yang tidak lolos event kreator, bukan thread di luar event. Intinya, mereka hanya menghapus thread yang gagal event kreator agar bisa menulis thread baru dan mengikuti event.

Saat TS tanya, apakah mereka akan menulis thread lagi, mereka menyatakan akan menulis lagi jika masih ada waktu. Namun, dengan topik yang berbeda dari thread yang telah dihapus.

Mereka lebih suka mengeksplor topik baru yang sekiranya lebih mereka kuasai untuk dibahas dalam threadnya. Intinya, kegagalan dalam thread sebelumnya membuat mereka mengerti mana topik yang seharusnya mereka pilih.

Sebagian orang, baru bisa menemukan jati dirinya atau terbuka pikirannya setelah melakukan kesalahan atau ditunjukkan kesalahannya. Menurut TS, mungkin, teman-teman kreator kita ini adalah tipe yang seperti itu.


2. Bersih-Bersih

Bersih-bersih adalah salah satu dari dua alasan populer yang sering digunakan oleh kreator saat req del thread. Bersih-bersih ini bertujuan agar mudah memonitor thread milik mereka.

Mereka ingin memberikan perhatian lebih pada thread-thread yang lolos event kreator. Thread yang tidak lolos seringkali tidak terurus karena jarang ditengok dan sepi pembaca.

Selain itu, setelah melihat koreksi dari tim yang me-review, mereka jadi menyadari bahwa thread mereka yang tidak lolos memang memiliki beberapa kekurangan dari segi kualitas.

Menurut mereka, lebih baik jika mereka mempertahankan thread yang kualitasnya baik saja dan terus belajar dan berusaha agar tulisannya bisa semakin baik lagi ke depannya.

Dari hasil pengamatan TS, alasan bersih-bersih ini sering digunakan oleh kreator yang jarang menulis thread. Mereka hanya menulis saat ada event kreator karena menulis reguler susah mengumpulkan poin. Mereka pun baru req del-nya setelah ada event kreator yang baru.


3. Thread Menyerupai Thread Lainnya

Ada pula yang delete thread karena thread yang mereka buat menyerupai thread lainnya yang pernah di post di Kaskus atau media lainnya. Meskipun menurutnya, thread tersebut merupakan opini pribadi.

Namun, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, mereka memilh untuk req del thread.


4. Thread Dipindahkan ke Blog

Ada pula yang req del thread karena isi threadnya di Kaskus, ia pindahkan ke blog pribadinya. Ia memang harus menghapus thread yang ada di Kaskus lebih dulu agar tidak dianggap repost.


5. Ada Perusuh

Ada pula yang menghapus thread-nya karena di thread-nya ada yang membuat rusuh. Terkadang, si perusuh mengganggu TS-nya ataupun mengganggu sesama reader lain di threadnya.

Tak hanya serangan verbal, si perusuh terkadang menyebarkan informasi pribadi dari sasarannya. Demi alasan keamanan dan kenyamanan, terpaksa thread diminta untuk dihapus.


TS Pernah Req Del Thread

Gak lengkap, dong kalau gak punya pengalaman dan sudut pandang pribadi. Nah, sebagai seorang kreator yang pernah req delete thread, izinkan TS memaparkan alasan dari permintaan tersebut ya, Gaes!.

Spoiler for ilustrasi:

Sebelumnya, perlu TS sampaikan pendapat TS. Menurut TS, melakukan req delete thread merupakan hak masing-masing kreator. Ibaratnya, terserah saja kepada dia karena dia yang punya thread. Pasti ada alasan yang logis atau alasan yang manusiawi.

(Tahan komen kalian, kawan-kawan sebelum baca sampai selesai)

Kenapa? Karena sebagai TS, ia tentulah punya alasan. Terlebih, bila req del itu diiringi pula dengan rasa yang gak enak di hati sang TS, seperti kecewa gak lolos review atau bahkan menyadari bahwa ada sesuatu yang salah dalam thread yang dibuatnya.

Oleh karena itu, sikap kita sebagai poster/reader di thread tersebut adalah menghargai keputusan si TS.


Kedua, kaskuser yang diskusi atau postingannya ikut terhapus akibat thread dihapus juga punya hak untuk merasa kecewa atau kesal. Manusiawi kan, sudah capek-capek ngetik dan mungkin ada diskusi yang berfaedah di sana, tahu-tahu, threadnya dihapus.

Akan tetapi, tidak etis bagi GanSis jika melabrak atau mempergunjingkannya di muka umum dan dibaca oleh khalayak ramai karena lebih bijak bagi GanSis untuk membicarakan hal tersebut secara beradab (pribadi) untuk tahu alasan sebenarnya dari sang TS.

Selain itu, dengan begitu, TS yang bersangkutan jadi tahu bahwa ada kaskuser yang ia buat kecewa atau kesal atas keputusannya. Oke, lanjut ke kasus req del thread milik TS.


Kasus 1
TS pernah req del thread dengan alasan tidak lolos event kreator, hanya lolos thread reguler saja. Menurut TS, untuk apa memelihara thread yang tak produktif????

Jadi, begini teman-teman, tujuan awal TS menulis thread tersebut adalah untuk mengikuti event kreator yang sedang berlangsung supaya memperoleh hadiah berupa koin (koin yang mencukupi, nantinya bisa dicairkan menjadi uang).

Pertimbangan TS adalah dengan tidak lolos review event kreator maka TS tidak mendapatkan poin tambahan. Sementara, mengharapkan views dari thread reguler itu bisa dibilang, seperti mengharapkan jodoh, susah!.

Thread yang menjadi HT saja, kadang, yang baca cuma seupil. Apalagi, gak HT dan gak lolos event kreator karena yang lolos pun belum tentu naik HT. Sistem thread tematik seperti itu, akan membuat thread-thread sejenis menjadi tenggelam jika tidak HT sehingga lolos event adalah satu-satunya harapan memperoleh cuan.

Lebih penting lagi, thread TS yang tak lolos event kreator tersebut memiliki beberapa kekurangan sehingga untuk apa mempertahankan thread yang kurang berkualitas sehingga menyebabkannya gagal lolos?

Jikalau TS ingin menulis ulang, tetep saja, thread tersebut harus dihapus dahulu agar dapat direview ulang. Singkat cerita, TS menulis ulang thread gagal yang telah dihapus.

Tema sama, judul ganti baru dan isi yang agak mirip dengan thread sebelumnya tapi telah diperbaiki bagian-bagian yang perlu dikoreksi, seperti yang dicatatkan oleh tim yang mereview.

Spoiler for ilustrasi:

TS tak mau munafik, Gaes! TS menjadi kreator juga agar mendapatkan cuan. Jika landasannya hanya keikhlasan maka TS gak bakal jadi kreator. Selain kadang gabut tulis-menulis akibat hobi nulis, juga untuk memberi manfaat melalui berbagi informasi atau sekedar menghibur pembaca sambil nyari rejeki.


Kasus 2
TS pernah req del thread, sama tujuannya, yaitu untuk mengikuti event kreator. Sayangnya, TS hanya lolos thread reguler tapi gagal mengikuti event. Kenapa TS hapus? Selain alasan yang telah TS tulis di atas, alasan utamanya adalah tulisan TS tidak berlandaskan pada bukti yang valid.

TS salah dalam memahami mekanisme tema dari event yang sedang berlangsung. TS sadar bahwa thread tersebut tidak ditulis dengan baik dan kurangnya pemahaman TS sebagai penulis. Apabila tidak dihapus, bisa saja akibatnya fatal.

Oleh sebab itu, TS terpaksa req del meskipun di sana sudah nimbrung beberapa Kaskuser yang pro pada apa yang TS tulis (tapi hanya beberapa karena sepi ya dan tidak ada yang sedang berdiskusi). Setelah dihapus, TS tidak menulis ulang karena beberapa alasan.


Dengan demikian, GanSis yang sebagai pembaca mungkin punya penilaian sendiri, misalnya : "Thread itu bagus!/thread-nya related dengan apa yang sedang terjadi/thread-nya menghibur!". Akan tetapi, yang paling tahu, ya TS nya! karena merekalah yang mendapatkan PM koreksi dari yang mereview.

Seperti TS sendiri, TS punya standar pribadi dalam thread-thread yang TS buat. Contohnya, dalam kasus ke-2 dimana menurut TS thread tersebut tidak bisa untuk dipertahankan setelah tahu kekurangan dalamnya dan kekurangan dari wawasan TS untuk tema yang sedang diangkat.

Selebihnya, TS tidak pernah req del lagi karena setelahnya, thread TS selalu lolos. Akan tetapi, ini bukan berarti bahwa TS hanya menulis thread saat ada event saja karena banyak juga thread orisinal yang sudah TS tulis saat gabut.

Selain 2 kasus di atas, TS pernah mengalami thread tidak lolos event kreator, hanya lolos reguler dikarenakan TS draft tapi lupa posting. Jelang last minute, TS baru ingat tapi saat itu jaringan sedang gangguan akibat hujan dan mati lampu.

TS berusaha klik kirim berkali-kali hingga TS ketiduran karena sudah sangat malam. Saat cek subuh, ternyata postingnya sudah lewat dari jam yang ditentukan. Namun, tetap TS pertahankan karena TS telah menulis thread tersebut dengan sebaik mungkin meskipun tidak lolos event.



emoticon-floweremoticon-floweremoticon-flower

"Demikian thread TS. Pesan TS, tetap peka dengan sekitar sebelum req del thread, terlebih jika thread teman-teman ramai poster dan ada diskusi. Tetaplah bijak ya, Gaes! Kasihan yang postingannya ikut kesunat akibat thread dihapus.

Mohon komentarnya juga bagi teman-teman kreator yang gak pernah req delete thread karena TS juga mau nambah wawasan siapa tahu bisa jadi pelajaran bagi TS dan kreator lainnya.

Sampaikanlah nasihat dengan kerendahan hati maka pahalanya dibawa mati dan monggo komentarnya...

emoticon-floweremoticon-floweremoticon-flower

Quote:


Quote:



Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vizum78 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh aldysadi
Halaman 1 dari 7
Quote:


Quote:



Quote:
profile-picture
kicquck memberi reputasi
Diubah oleh aldysadi
cuan itu makanan jawa barat yang mirip bakso

dimakan panas panas pas ujan
profile-picture
profile-picture
vizum78 dan kicquck memberi reputasi
Quote:


Aduh jam segini ngomongin cuanki hat emoticon-Frown auto laper
profile-picture
kicquck memberi reputasi
Aku ga pernah hapus thread sih ketika gak lolos.. misal mau pindahkan ke blog ya di edit aja...coppast isinya pindahkan ke blog kemudian yang di thread tulisin edit
Kenapa.gt? Karena aku tau kesunat banyak post nya itu juga ga enak
Quote:


Makan cuanki sambil nulis

Pas lagi ujan ujannya, enak banget rasanya
"Req: Delete Thread", Ada Apa dengan Kaskus Kreator? Orientasi pada Poinkah?
profile-picture
vizum78 memberi reputasi
Quote:
TS menghargai semua alasan para kreator ki. Termasuk punya kiki ini K al tampung. Nti k al taruh di post 2 biar pada baca juga ya emoticon-I Love Indonesia (S)
profile-picture
alva610 memberi reputasi
Aishhh...
profile-picture
vizum78 memberi reputasi
Diubah oleh .Boyo.
Quote:


Makin dibikin ngiler malahan emoticon-Bata (S)
Oke, nti tak beli cuanki, pedes2 emoticon-Genit

emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
vizum78 dan alva610 memberi reputasi
Aldisadi, si kaskuser cewek idola para jones Kaskus!

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
vizum78 dan alva610 memberi reputasi
Quote:


Menunggu komen dr angkatan lama. Pen lah denger kisah kejayaan Kaskus jaman dlu emoticon-I Love Indonesia (S)
profile-picture
profile-picture
alva610 dan qonidio memberi reputasi
Diubah oleh aldysadi
Quote:


Knp diapus gan TS udah bales tadi.

Klo gak, bikin komen baru, tak tunggu yo gan emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
alva610 memberi reputasi
Quote:


Nubie sis... pdahal dah edit mlah dibales 😂😂
profile-picture
profile-picture
vizum78 dan alva610 memberi reputasi
Quote:


Wadidaw, salken ya gan emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
vizum78 dan alva610 memberi reputasi
Quote:


Ho oh kebetulan tadi abis bales yang sebelumnya gan jadi lah langsung bales, ntar disangka sombong emoticon-Wink

Wah, merendah agan ini emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
alva610 dan kicquck memberi reputasi
Quote:


Ga lah ts tercantik di kaskus mah g sombong... emoticon-Big Kiss
profile-picture
profile-picture
alva610 dan kicquck memberi reputasi
Quote:


Makasih kakak al..
Iya bener kak.. cuma kalau event ya emang nyesek sih kaga lolos
profile-picture
alva610 memberi reputasi
Quote:

Takut abis dipuji gini ntar tau2nya minta traktir cuanki emoticon-Takut (S)
Quote:
masama ki...
Ho oh ki. Ya makanya k al pun berusaha menghindari kesalahan supaya nulisnya lolos terus. Capek ngetik g lolos ki emoticon-Berduka (S)
profile-picture
alva610 memberi reputasi
mungkin krn nyesek aja kali ya, takut tiba2 yg ga lolos review viewnya 100k atau malah 1M
profile-picture
alva610 memberi reputasi
Quote:


Loh, ada namaku disebut emoticon-Ngakak
Diubah oleh pe.rusuh
Nubie bukan kreator sih jadi kurang paham, tapi kalo alasannya karena ga lolos review kayanya kurang mantap aja sih kalo sampe diapus, lebih baik belajar dari kesalahan dari pada menghilangkannya ... emoticon-Embarrassment
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di