CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Bandung /
[COC Regional : Makanan Tradisional] Doyan ngemil? Cobain Kuliner dari Oncom, Gan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e58f87d09b5ca1e8b08539c/coc-regional--makanan-tradisionaldoyan-ngemil-cobain-kuliner-dari-oncom-gan

[COC Regional : Makanan Tradisional] Doyan ngemil? Cobain Kuliner dari Oncom, Gan!

Aneka Kuliner dengan Bahan Oncom


Assalamualaikum Agan dan Sista, jumpa lagi dengan ane, VitaArkana, ts yang doyan makan. Masih dalam rangka mengikuti COC Regional, ane akan mengupas tuntas serba-serbi makanan tradisional dari Regional Bandung tercinta.


Jika Gansist berkunjung ke kota Bandung, apa yang pertama dirasa? Terutama jika Gansist berasal dari kota Jakarta. Saat melewati jalan tol Cipularang, memasuki km 110 pasti akan merasakan hawa yang berbeda, lebih sejuk pastinya. Nah, hawa sejuk juga ciri khas kota Bandung, ya, meski sekarang tak sesejuk pada beberapa tahun kebelakang.


Nah Gans, menurut beberapa sumber, hawa yang sejuk dan cenderung dingin membuat perut cepat lapar. Percaya atau tidak, tetapi ane merasakannya juga. Kalau dingin bawaannya pengen ngunyah terus, bikin gagal diet, lalu kapan kurusnya dong, ya. Eh, tapi jangan salah kota Bandung terkenal dengan ceweknya yang cantik-cantik dan langsing-langsing juga lho, kecuali ane, sih.


Jika berkunjung ke Bandung, Gansist pasti banyak menemui kuliner yang enak disepanjang jalan. Bandung memang terkenal dengan surganya kuliner enak. Namun, pada thread kali ini ane akan bercerita tentang sebuah makanan tradisional yang telah melegenda dan berkembang seiring berjalannya waktu, namun tetap exist. Apakah makanan itu? Tidak lain dan tidak bukan adalah Oncom. Makanan yang masih bersaudara dengan tempe.


[COC Regional : Makanan Tradisional]
Doyan ngemil? Cobain Kuliner dari Oncom, Gan!
Sumber : food.detik.com


Oncom adalah makanan tradisional yang melewati proses fermentasi menggunakan kapang ( jamur untuk membentuk oncom ). Warna Oncom ini cenderung oranye yang berasal dari warna kapang itu sendiri. Pada awal mulanya, oncom adalah makanan yang berasal dari limbah atau ampas makanan lain, seperti ampas tahu, ampas kedelai, ampas kacang dan kelapa. Ampas ini akan difermentasikan oleh mikroorganisme bernama kapang.


Proses pembuatan oncom mirip dengan proses pembuatan tempe, hanya saja yang membedakannya adalah oncom dinyatakan selesai jika sudah menghasilkan spora, itulah sebabnya pada oncom, jamur yang ada akan menempel pada tangan saat dipegang. Meski tak setenar tempe dalam hal nilai gizi, jangan salah Gansist, kapang pada oncom ini juga mempunyai nilai gizi terutama protein, lemak dan serat.


Oncom yang terkenal adalah yang berasal dari kedelai. Banyak dijual dipasaran dalam bentuk potongan mentah. Tinggal kita sendiri yang akan mengolahnya menjadi makanan seperti apa.


Oncom merupakan makanan jadul, bisa dibayangkan dong ya, sejak jaman dahulu para nenek moyang kita sudah pandai mengolah limbah makanan menjadi makanan baru yang bernilai gizi.


Nah, Gansist, sekarang ini oncom tidak lagi makanan jadul, tapi mulai menampakkan pamornya. Aneka olahan dari oncom banyak bermunculan.


Apa saja olahan dari oncom, bisa kita lihat contoh-contohnya dibawah ini :


1. Keripik Oncom
Makanan ini adalah oncom yang diiris tipis lalu dilumuri dengan tepung dan digoreng sampai kering. Hasilnya, renyah gurih dan lezat.


[COC Regional : Makanan Tradisional]
Doyan ngemil? Cobain Kuliner dari Oncom, Gan!
Sumber : hobimasak.info


2. Nasi Tutug Oncom
Kuliner ini sangat populer di restoran khas Sunda. Perpaduan nasi putih dicampur dengan oncom plus bumbu yang mantap. Rasanya benar-benar menggetarkan perut kita.


[COC Regional : Makanan Tradisional]
Doyan ngemil? Cobain Kuliner dari Oncom, Gan!
Sumber : Pinterest


3. Combro
Combro singkatan dari oncom di jero. Makanan ini adalah singkong parut yang diberi isian oncom berbumbu dan digoreng. Rasanya jangan ditanya, nikmat tak terkira.


[COC Regional : Makanan Tradisional]
Doyan ngemil? Cobain Kuliner dari Oncom, Gan!
Sumber : food.detik.com


4. Sambal Oncom
Siapa tak kenal kuliner ini? Perpaduan cabai dan oncom yang diolah menjadi sambal. Sambal Oncom siap mendampingi makanan pokok kita sehari-hari.


[COC Regional : Makanan Tradisional]
Doyan ngemil? Cobain Kuliner dari Oncom, Gan!
Sumber : resepmasakindonesia.com


5. Lontong Isi Oncom
Lontong yang diisi dengan olahan oncom. Enak dan pastinya bikin kenyang.


[COC Regional : Makanan Tradisional]
Doyan ngemil? Cobain Kuliner dari Oncom, Gan!
Sumber : SajianSedap.grid.id


6. Ulukutek Leunca Oncom
Olahan ini memakai sayuran leunca yang dicampur dengan oncom. Sensasi rasanya enak dan fresh dimulut. Sangat enak sebagai teman makan dengan nasi liwet hangat.


[COC Regional : Makanan Tradisional]
Doyan ngemil? Cobain Kuliner dari Oncom, Gan!
Sumber : Pinterest


Terlihat enak dan menggugah selera. Memang benar adanya bahwa makanan tradisional asli Indonesia sangat enak dan lezat. Dibandingkan dengan makanan dari luar negeri, lidah ane lebih bersahabat dengan makanan tradisional macam oncom ini. Biarin dibilang katrok juga, yang penting makanan tradisional tetap enak. Jika bukan kita yang melestarikan makanan tradisional asli Indonesia, terus siapa lagi?


Wookeyyy Agan dan Sista tercinta, sekian thread dari ane, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di thread ane selanjutnya. Bye .... bye .... Hatur Nuhun
.


[COC Regional : Makanan Tradisional]
Doyan ngemil? Cobain Kuliner dari Oncom, Gan!



emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss



Penulis : VitaArkana
Sumber : opini pribadi, sum 1,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh VitaArkana
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 2
Makan enak bikin semangat
Ayo wisata kuliner ke Bandung
Oncom enak dan lezat
jadi tambah lapar kan akunya 🤤🤤😋
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Quote:


Kuyyy makan ayolah emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
istijabah memberi reputasi
ane penasaran banget rasa oncom tu kek gimana, di sini kaga ada soalnya gan, kayanya gurih gitu ya emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
istijabah dan VitaArkana memberi reputasi
aku sukaaaaa😍😍😍😍
profile-picture
profile-picture
istijabah dan VitaArkana memberi reputasi
Quote:


Gurih kalau udah dibumbui kak. Enak lah kalau tepat pengolahannya
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Quote:


Wueeenaaak tenan
profile-picture
profile-picture
istijabah dan alunaziya memberi reputasi
sepertinya enak semua tuh...
sayang di sini ga ada oncom
profile-picture
profile-picture
istijabah dan VitaArkana memberi reputasi
Quote:


Wah iyakah, daerah mana
profile-picture
profile-picture
evihan92 dan istijabah memberi reputasi
banyak juga ya olahan oncom😁
profile-picture
profile-picture
istijabah dan VitaArkana memberi reputasi
Quote:


Banyak dan enak
profile-picture
istijabah memberi reputasi
No 6 ane suka tuh
profile-picture
profile-picture
VitaArkana dan istijabah memberi reputasi
no 6 yang bulet2 apa ya itu?
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Quote:


Enak dimakan sama nasi liwet plus ikan asin
Quote:


Leunca orang sini bilang. di tempat lain gatau namanya apa
profile-picture
shabira.elnafla memberi reputasi
Quote:


Sejenis kacang polong gt bukan?
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Quote:


Semarang
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Quote:


Hmm jadi makin penasaran ane gan, kayanya dibikin yang pedes pedes gitu boleh juga ya
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di