CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tiga Tantangan Terbesar Yang Dihadapi Pelaku Startup
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3ac79da2d1955a3c216570/tiga-tantangan-terbesar-yang-dihadapi-pelaku-startup

Tiga Tantangan Terbesar Yang Dihadapi Pelaku Startup

Tiga Tantangan Terbesar Yang Dihadapi Pelaku Startup 

Tiga Tantangan Terbesar Yang Dihadapi Pelaku Startup

ilustrasi startup by austindistel via unsplash 

Memiliki perusahaan sendiri bukan hal yang tidak mungkin? Di era digital seperti sekarang, orang- orang berlomba untuk membuat perusaan sendiri. Mereka terjun ke lapangan mencari masalah yang dihadapi masyarakat lalu memecahkannya lewat rintisan perusahaan yang mereka bangun. Mereka pun disebut para pelaku startup.

Mengutip Wikipedia, startup ialah istilah yang merujuk pada semua perusaan yang belum lama beroperasi. Dengan kata lain, perusahan-perusahaan ini baru saja didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk mendapatkan pasar yang tepat.

Perusahaan-perusahaan ini tentu dihadapkan dengan tantangan besar. Setiap pelaku startup tentu harus mempertimbangkan dengan matang setiap keputusan yang diambilnya. Sebab keputusan tersebut akan menentukan nasib startup tersebut. Satu kuncinya adalah manajemen yang baik. Setidaknya ada tiga hal yang harus dikelola dengan benar.

1.      Sumber Daya Manusia (SDM)
Bagi perusahaan besar maupun perusahaan startup, sumber daya manusia (SDM) menjadi aspek penting. SDM yang berkualitas akan mempengaruhi kinerja perusahaan itu. Dalam hal ini SDM yang dimaksud adalah karyawan.
 
Startup memiliki tantangan besar dalam mengelola karyawan atau lebih enak dipanggil rekan kerja. Si pemilik startup harus mampu meyakinkan rekan kerja mereka terhadap apa yang akan dicapai perusahaannya kelak. Singkatnya mampu menjual mimpi perusahaan.
 
Maka dari itu sangat penting bagi para pelaku startup untuk mencari rekan kerja yang tidak hanya pintar, namun memiliki visi dan misi yang sama. Sehingga diharapkan dapat survive bersama-sama untuk mengembangkan dan memajukan startup.
 
2.      Investor
Startup tanpa investor aku lemah. Modal dari para startup bukan hanya ide yang brilian, tetapi memiliki sokongan dana dari investor untuk terus mengembangkan ide-idenya menjadi satu produk.
 
Gelontoran dana dari investor bisa menjadi mata pisau yang tajam: kehancuran atau kesuksesan. Pelaku startup harus mempu mengelola kucuran dana sebaik-baiknya, dalam artian penggunaan dana yang tepat sasaran. Maka dari itu sangat penting menimbang segala resiko dengan cara membuat riset terhadap setiap pengambil keputusan.
 
Salah satu contohnya, perusahaan startup telah mendapatkan kucuran dana yang cukup besar sehingga melakukan perekrutan karyawan besar-besaran. Padahal perusahaan itu belum stabil dan belum membutuhkan karyawan yang banyak. Akan lebih tepat dana tersebut digunakan untuk memperbaiki sistem perusahaan atau memperluas jangkauan produknya.
 
3.      Target Pasar
Penting bagi para startup untuk memiliki target pasar yang jelas. Sangat tidak disarankan bagi kamu untuk membuat startup hanya karena gengsi semata. Para pelaku startup harus memiliki target pasar yang jelas untuk mendistrubiskan produknya.
 
Pelaku startup harus mampu membuat rencana target pasar dalam jangka dekat, menengah dan panjang. Di mana pada waktu tertentu harus dievaluasi guna melihat kemungkinan pasar yang ada di lapangan, apakah berkembang atau stagnan. Dengan begitu startup bisa terus berinovasi dengan product yang dihasilkannya.

Tentu mengelola startup sangat berbeda dengan perusahaan-perusahaan besar yang sudah lebih dulu berdiri. Perlu effort, tekad kuat dan manajemen yang baik guna mengembangkan startup. Maka dari bagi kamu yang suka dengan tantangan, adrenalin berlebih dan punya nyali, boleh nyemplung ke dunia start up.

Tentu artikel ringan ini sebatas opini penulis dan sangat terbuka untuk didiskusikannya. Maka dari itu mari hangatkan artikel ini. Sapa tahu, kamu atau kamu yang di sana kelak punya punya startup.
 
Source:
www.halojasa.com 
 
 


profile-picture
HalalBintihalal memberi reputasi
Diubah oleh Alejan3
Finishdown.
emoticon-Baby Boy
Lihat 1 balasan
Balasan post adekgantengom
Quote:


Terima kasih Gan
Post ini telah dihapus oleh KS06


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di