CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Pemkab Landak Tetapkan Induk Durian Lokal di Jelimpo
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e373183af7e9374026e95a8/pemkab-landak-tetapkan-induk-durian-lokal-di-jelimpo

Pemkab Landak Tetapkan Induk Durian Lokal di Jelimpo

Pemkab Landak Tetapkan Induk Durian Lokal di Jelimpo

LANDAK - Pemerintah Kabupaten Landak melakukan observasi, inventarisasi, karakterisasi dan penetapan pohon induk durian lokal di Desa Pawis, Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak, Minggu (2/2/2020).

Kegiatan ini bertujuan untuk mempertahankan keberadaan plasma nutfah durian lokal di Kabupaten Landak, karena Plasma nutfah tanaman durian yang sangat kaya dan beragam. Selain itu, plasma nutfah merupakan kekayaan masyarakat yang perlu di lestarikan secara optimal. (Baca juga: Bupati Landak Imbau ASN Pahami Regulasi)



Baca Juga:

Pengawas benih tanaman (UPTPSB Provinsi Kalbar) Kabupaten Landak Benhard Samosir menyampaikan bahwa ada satu varietas durian unggul yang akan diobservasi, inventarisasi, karakterisasi dan penetapan pohon induk durian lokal.

"Durian unggul lokal tembaga bumok yang akan diidentifikasi terlebih dahulu dari pada jenis durian lokal lainya, di mana daging buahnya berwarna orange, kering tidak becek, daging buah cukup tebal, daya tahan simpan tidak mudah pecah, aroma buah enak dan tekstur buah tidak banyak serat," ujar Benhard.

Dia juga mengatakan bahwa observasi tahap awal yang dilakukan bersama tim yang nantinya akan didaftarkan ke kantor pusat perlindungan varietas tanaman dan perizinan pertanian Jakarta.

"Sehingga jika durian lokal ini sudah teridentifikasi dan nantinya untuk dikembangkan menghasilkan varietas turunan esensial yang bahan dasarnya varietas lokal," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Pawis Laong mengatakan banyak jenis durian lokal yang cukup tebal isinya, khususnya di Desa Pawis. Sehingga nantinya bisa menjadi unggulan Desa Pawis dan bisa diidentivikasi. "Setelah itu kita coba untuk perbanyakan bibit sebagai langkah awal kita menanan tanaman durian unggul lokal di tingkat petani sehingga tidak lagi jauh-jauh untuk mencari buah durian harapannya bisa menjadi kebun koleksi durian unggul lokal yang ada di desa," paparnya.

Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Sahbirin mendukung penuh dengan adanya Program atau Kegiatan Obsearvasi Durian Lokal (Tembaga) yang ada di Desa Pawis, Dusun Pawis Hili Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak. "Program ini sangat bermanfaat untuk masyarakat sekitar dan mempertahankan plasma nutfah tanaman," ujarnya.


Sumber : https://daerah.sindonews.com/read/15...mpo-1580658884

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Pemkab Landak Tetapkan Induk Durian Lokal di Jelimpo Mayat Tanpa Identitas Ditemukan di TPU Kampung Singapadu Serang

- Pemkab Landak Tetapkan Induk Durian Lokal di Jelimpo FKUB Jakpus Kunjungi Komunitas Sunda Wiwitan Kuningan

- Pemkab Landak Tetapkan Induk Durian Lokal di Jelimpo Pemkab Landak Tetapkan Induk Durian Lokal di Jelimpo



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di