CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menteri Basuki Kaget Tarif Tol Dalam Kota Naik Mendadak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3503a6977513772d0aaf41/menteri-basuki-kaget-tarif-tol-dalam-kota-naik-mendadak

Menteri Basuki Kaget Tarif Tol Dalam Kota Naik Mendadak




Menteri Basuki Kaget Tarif Tol Dalam Kota Naik Mendadak


kumparanBISNIS
31 Januari 2020 13:24

Bisnis

Menteri Basuki Kaget Tarif Tol Dalam Kota Naik Mendadak
Menteri Basuki Kaget Tarif Tol Dalam Kota Naik Mendadak
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro
Penyesuaian tarif tol pada ruas jalan Tol Dalam Kota yang dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) telah mulai diberlakukan pada Jumat, 31 Januari 2020 pukul 00.00 WIB.


ADVERTISEMENT

Namun sosialisasi kenaikan tarif tol tersebut dinilai terlalu mendadak. Bahkan lebih singkat dari kewajaran, yakni selama 2 minggu.


Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Basuki Hadimuljono] tampak kaget saat mengetahui kenaikan tarif tol dalam kota dilakukan sangat mendadak. Sebab menurutnya, idealnya sosialisasi penyesuaian tarif tol paling tidak dilakukan dalam waktu 2 minggu sejak ditandatanganinya surat keputusan (SK).


"Iya, dua minggu (dari penerbitan SK)," ujar Menteri Basuki di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (31/1).




Momen kagetnya Basuki terkait penyesuaian tarif tersebut, terekam ketika Basuki mencoba mengonfirmasikan hal itu kepada Kepala Badan Pengatur Jalan Tol BPJT Danang Parikesit.


"Saya cek ya. Coba telepon Pak Danang. Bentar dulu," kata Basuki ketika menerima pertanyaan wartawan.



Tak berselang lama, telepon panggilan kepada Danang Parikesit lantas tersambung dengan Menteri Basuki. Sementara para wartawan pun masih menunggu Menteri Basuki, menjawab pertanyaan soal mendadaknya sosialisasi.


"Assalamualaikum, Bos (Danang Padikesit) ini saya ditanya teman-teman wartawan ya, katanya sosialisasi kenaikan tarif itu enggak dua minggu?” ucap Basuki yang tengah menelfon.


Dalam momen itu, Menteri Basuki tampak meminta penjelasan Danang terkait mendadaknya penyesuaian tarif. Meski dengan nada yang rendah, ia tampak kaget sebab tarif tol baru telah berlaku hari ini.


Menteri Basuki Kaget Tarif Tol Dalam Kota Naik Mendadak
Basuki pun, sempat memberitahu Danang apabila sesuai ketentuan semestinya sosialisasi perlu dilakukan dua minggu sebelumnya. Namun karena telah berlaku, jadi pihaknya tak bisa mengundur penyesuaian tarif.


"Ehmm.. harus dua minggu dong. 23? Ok. Jangan mendadak itu. Belum berlaku kan? Nanti malam kan? Kan tanggal 1," kata dia.



"Tapi karena sudah berlaku kan (sehingga tidak jadi diundur)," sambung Basuki.


Basuki mengungkap, pihaknya menandatangani SK penyesuaian tarif pada 23 Januari 2020. Jasa Marga dan CMNP sebetulnya sudah mengajukan permohonan kenaikan tarif sejak 30 Desember 2019.


Namun, Basuki baru memberi persetujuan pada 23 Januari 2020 karena kejadian banjir di Jakarta dan sekitarnya. Basuki tak mau kenaikan tarif dilakukan di tengah banjir.


BPJT kemudian mengambil SK itu seminggu setelah ia tandatangani. Namun, ia tak mengetahui jika sosialisasi tak segera dilakukan dan mendadak.


"Dihitung dari saya tandatangan tanggal 23 (Januari 2020), ya walaupun pengajuan mereka kan 30 Desember (2019). Kan saya tahan itu, karena waktu itu banjir-banjir. Makanya saya tahan, setelah banjir tol diperbaiki saya tandatangan, 30-31 (Januari) mereka ngambilnya seminggu," terang dia.



Tarif tol naik untuk Golongan I-II, yakni mobil pribadi dan kendaraan besar dengan gandar 1. Untuk Golongan I, tarif meningkat dari sebelumnya Rp 9.500 menjadi Rp 10.000. Sementara Golongan II naik dari Rp 11.500 jadi Rp 15.000.


Menteri Basuki Kaget Tarif Tol Dalam Kota Naik Mendadak
Suasana di Gerbang Tol Cililitan, saat pergantian tarif baru Tol Dalam Kota Jakarta, Kamis (30/1/2020). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Sedangkan penurunan tarif terjadi untuk Golongan III, Golongan IV dan Golongan V, yakni tarif yang ditujukan untuk angkutan logistik. Golongan III turun dari Rp 15.500 menjadi Rp 15.000 Penurunan signifikan terjadi pada tarif Golongan IV dan Golongan V, yakni turun sebesar 10,53 persen untuk Golongan IV dan turun sebesar 26,09 persen untuk Golongan V.


Penyesuaian tarif tol yang akan berlaku per 31 Januari 2020 pukul 00.00 WIB adalah sebagai berikut:


- Golongan I: Rp 10.000, yang semula Rp 9.500



- Golongan II: Rp 15.000, yang semula Rp 11.500


- Golongan III: Rp 15.000, yang semula Rp 15.500


- Golongan IV: Rp 17.000, yang semula Rp 19.000


- Golongan V: Rp 17.000, yang semula Rp 23.000



 SEMBUR
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Diubah oleh my.agathis
Halaman 1 dari 2
akuh juga kaget kak
Sikat aja pak kalo nakal
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
lumb3rjack dan galuhsuda memberi reputasi
rezim kagetan
g ada koordinasi sama sekali satu dgn lainnya
emoticon-Traveller
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
Gw bingung jalan tol suatu saat bakal gratis kagak sih
Palingan jasamarga ada kebutuhan mendadak, jadi butuh duit cepat...
siapa yang ga kaget kalau lu tiba2 dipalak...eh dimalingin..eh..serah emoticon-Big Grin
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Menterinya tanda tangan tanggal 23.
Emang waktu tanda tangan nggak ada tulisannya akan diberlakukan mulai kapan? Nggak dibaca?
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
Diubah oleh ev103
Sosialisasinya mendadak katanya
Diubah oleh 54m5u4d183
Kebanyakan kagetnya ini rejim. emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
naek harga klo sudah disetujui yak langsung buru2 naek lah, nunggu apalagi, duid kok ditawar2. gaji pegawe ntar ditawar bisa susah emoticon-DP
apa pun itu setidak nya berharap pekerja kantoran naik transportasi umum...dgn begitu bs berharap kemacetan berkurang...
Yang penting kualitas aspal ditingkatkan untuk tol dalam kota. Seperti di lubang sambungan antar jalan.
Nada ngomongnya rendah tapi ditandai kau pak danang. Oknum2 nakal sikat aja pak bas
bisa ae vong pura2nya
emoticon-Najis
naik juga percuma. tetap macet. jasamarga naikin tarif, jalan tol macet, PJR nangkepin ( ga boleh salah dkit, mo macet mo lancar mo mo mati juga sama, yg prntink tilang atau duit).
salam fler
yang ane tangkep dari kata Pak Bas berlaku efektif 2 minggu setelah SK ditandatangani.. kalo 23 Januari diteken, harusnya sih tanggal 6 Februari baru naik, wajar dong kalo kaget

lagian fokusnya buat orang yang mau nyerang pasti ke kenaikan harga, padahal golongan III sampe V turun emoticon-Toast
profile-picture
caldbolg1 memberi reputasi
Diubah oleh buzzer.beater
tuh magabut apa bawahannya
Udh pake etoll jd naikking recehan gampang , bebas" krn dianggap ga bakal terasa signifikan . . .
Tp kudu diatur juga dong . .
cman celana saat ini yg turun....

emoticon-Cool

ama susu milf
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di