KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sekjen MUI Bingung Menag Terbitkan Aturan Majelis Taklim Harus Terdaftar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de6063a337f9326af4468c0/sekjen-mui-bingung-menag-terbitkan-aturan-majelis-taklim-harus-terdaftar

Sekjen MUI Bingung Menag Terbitkan Aturan Majelis Taklim Harus Terdaftar

Sekjen MUI Bingung Menag Terbitkan Aturan Majelis Taklim Harus Terdaftar

 Menteri Agama Fachrul Razi menerbitkan Peraturan Menag (Permenag) Nomor 29 Tahun 2019 tentang Majelis Taklim. Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas, merasa bingung dengan langkah-langkah yang diambil pemerintah belakangan ini.

"Saya bingung melihat langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintah akhir-akhir ini. Kok sepertinya semua aspek kehidupan dan aktivitas dari masyarakat mau diatur dan akan dibiayai oleh pemerintah. Muncul pertanyaan pada diri saya apakah cara-cara seperti itu baik atau tidak bagi perkembangan suatu masyarakat ya? Dan pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah apakah cara-cara yang dilakukan oleh pemerintah itu tidak akan memasung inovasi dan creativity masyarakat," kata Anwar kepada wartawan, Sabtu (30/12/2019) malam.

Anwar mengatakan pemerintah seolah-olah ingin mengatur setiap aspek kehidupan masyarakat. Menurut Anwar, bisa jadi masyarakat khususnya umat Islam kecewa karena merasa kebebasan mereka dikekang.

"Seperti kita ketahui bersama bahwa untuk bisa dinamis dan tidaknya suatu masyarakat sangat tergantung kepada ada atau tidaknya kebebasan yang mereka miliki. Dan saya melihat sekarang ini kecenderungannya pemerintah hendak mengawasi semua kegiatan masyarakat terutama umat Islam. Pertanyaan saya apakah hal ini tidak akan membuat masyarakat kecewa kepada pemerintah karena mereka telah merasa sumpek dengan kehadiran dari kebijakan-kebijakan yang sangat membatasi kebebasan mereka ya," ujar dia.

Sekjen MUI Bingung Menag Terbitkan Aturan Majelis Taklim Harus Terdaftar

Dia meminta pemerintah bijaksana dalam membuat suatu kebijakan. Bagi Anwar, tak semua permasalahan dapat diselesaikan lewat jalur hukum.

"Saya mengimbau pemerintah untuk lebih bersikap arif karena seperti kita ketahui tidak semua persoalan bisa diselesaikan dengan pendekatan peraturan atau hukum tapi mungkin cara-cara dialogis dan persuasif serta mempergunakan metode pelibatan dan partisipasi dari masyarakat dalam mewujudkan apa yang diinginkan oleh pemerintah jauh lebih ampuh dan berdampak lebih baik," ujar dia.

Terlepas dari itu, Anwar mengaku ingin citra pemerintah bagus di mata masyarakat. Karena itu, dia berharap pemerintah bisa menempatkan dirinya sebagai abdi masyarakat.

"Terus terang saya sangat menginginkan image dari masyarakat terhadap pemerintah itu hendaknya benar-benar baik. Oleh karena itu sosok yang harus ditampilkan oleh pemerintah bukan sebagai penguasa tapi sebagai abdi masyarakat agar rakyat dan masyarakat luas bisa hidup dengan tenang aman dan damai," imbuhnya.

Kewajiban majelis taklim terdaftar di Kemenag tertuang dalam Pasal 6 ayat (1) PMA 29/2019 tentang Majelis Taklim. Ketentuan ini berbunyi:

Majelis Taklim sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 harus terdaftar pada kantor Kementerian Agama

Fachrul menegaskan aturan dibuat untuk memudahkan Kemenag dalam memberikan bantuan.

"Supaya kita bisa kasih bantuan ke majelis taklim. Kalau tidak ada dasarnya, nanti kita tidak bisa kasih bantuan," tegas Menag Fachrul saat menjawab pertanyaan media setelah menghadiri rapat senat terbuka dies natalies ke-53 UIN Imam Bonjol di Padang, Jumat (29/11) seperti dikutip dari situs Kemenag.




https://news.detik.com/berita/d-4804...rus-terdaftar

ISLAM SUSAH RUKUN, KALO DI INTERNALNYA MASING2 PUNYA PENDAPAT emoticon-Belgia

NIAT MENAG BAGUS BIAR DITATA DAN DIATUR (DILINDUNGI SECARA NEGARA)

BIAR DI MAJELIS TAKLIM MENYAMPAIKAN CERAMAH YG BERBOBOT, BUKAN MEMPERKEURUH APALAGI MENYERANG PEMERINTAH
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nevertalk
Halaman 1 dari 2
73 aliranemoticon-Ngakak
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Lihat 2 balasan
kok bingung, haruse udah tugas kelen sejak jaman dinosaurus makan babik..

malah bingung gimana sih?
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Di daftar kagak mau .. di atur juga kagak mau .. maunya ape sichh ...


Maunya dafat setoran tiap bulan dari apbd

emoticon-Jempol

profile-picture
profile-picture
simsol... dan ekaputra19 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post bl0job
plus 72 bidadari emoticon-Leh Uga
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Kembali ke orba,umat islam akan dinteli sampe ke desa desa
profile-picture
profile-picture
jkwselalub3n4r dan ekaputra19 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
beberapa tahun yg lalu di daerah2 banyak juga kelompok MT ajukan bantuan kepada negara melalui perkumpulan berbadan hukum..
yg jadi pertanyaan adalah, apakah suatu MT yg telah berbadan hukum tetap harus mendaftarkan ke kemenag..??
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Balasan post REOGDANCE
Quote:


Jadi menurut agan gimana caranya menetralisir radikalisme yang sedang berkembang selain mengintervensi perkembangan potensi radikalisme itu sendiri ?
profile-picture
ekaputra19 memberi reputasi
coba bilang,pendaftaran nya di handle MUI
psti dia gk bingung lg
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Diubah oleh pembela.tuhan
Lihat 1 balasan
Urusan internal sesama umat seiman.
profile-picture
simsol... memberi reputasi
majlis itu nggak mau didaftar karena nggak butuh dana pemerintah,
operasionalnya sudah ditanggung "dermawan" wahabon asal arob saudi kali.emoticon-Big Grin
harusnya pemerintah pantau dana masuk, biar kadrun nggak jumawa merasa udah disuapin majikan arob.
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post nevertalk
Quote:


@nevertalk 74 tgupepek emoticon-Hammer2
profile-picture
simsol... memberi reputasi
sekalian aja bikin kayak di china biar mampus emoticon-Ngakak
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Balasan post pembela.tuhan
Quote:


NGAKAK GW..
secara tidak langsung minta saweran itu sih....emoticon-Big Grin
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Kalo islam kubu sono, pasti kagak mau lah...

Islam koboi mahhh bebas, dakwahny tembak sana sini, biar dapet massa yg banyak...

emoticon-Big Grin
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Fachrul menegaskan aturan dibuat untuk memudahkan Kemenag dalam memberikan bantuan.

Daftar aja apa susahnya. Lumayan kan ada asupan gizi.
Setelag dana desa bakal ada dana majelis taklim
Nih ya cuma si bungsu pasti deh yg ribet. Katanya pembawa kedamaian, ribet banget tapi kudu diatur atur negara.
Ada apa wahai kawan kawan? Masih menyandang damai? Atau sudah luntur tuh? emoticon-Ngakak
Balasan post ahmad.c
Penginnya sih 'ngatur ..., kagak peduli itu agamanya beda sekalipun ... emoticon-Ngakak
Skalian lah bendera isis dilarang emoticon-Ngakak
Ormas pke acara bingung...

Pekok itu sudah...

emoticon-Ngakak
profile-picture
liee memberi reputasi
bagusss...


takutnya dananya dipake olehh kadrun2 buatt nyarii mangsa2 pengantinnn....
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di