KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Amazon Batal Jual Ornamen Natal Bergambar Kamp Konsentrasi Nazi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de5f0f1af7e931ceb33ff61/amazon-batal-jual-ornamen-natal-bergambar-kamp-konsentrasi-nazi

Amazon Batal Jual Ornamen Natal Bergambar Kamp Konsentrasi Nazi

Amazon Batal Jual Ornamen Natal Bergambar Kamp Konsentrasi Nazi

Seattle, IDN Times - Raksasa e-commerce dunia, Amazon, kedapatan menerima penjualan sejumlah ornamen Natal yang bergambar kamp konsentrasi Nazi di situsnya. Gambar-gambar yang terdapat dalam ornamen itu sangat spesifik menunjukkan kamp Auschwitz-Birkenau yang berlokasi di Polandia bagian selatan.

Publik mengetahuinya setelah akun Twitter Museum Auschwitz yang berlokasi di bekas kamp tersebut pada Minggu (1/12). Setelah mendapatkan kritikan keras, perusahaan milik multi-miliarder Jeff Bezos itu menarik penjualan itu pada keesokan harinya.

1. Museum Auschwitz menyebut Amazon tidak menghormati jutaan warga Yahudi yang tewas dibunuh NaziAmazon Batal Jual Ornamen Natal Bergambar Kamp Konsentrasi Nazi
Tidak hanya ornamen pohon Natal yang dijual di Amazon, tetapi juga mousepad serta pembuka botol. "Menjual 'ornamen-ornamen Natal' dengan gambar-gambar Auschwitz tidak terlihat tepat. Auschwitz di sebuah alat pembuka botol lebih mengganggu dan kurang ajar," tulis akun Museum Auschwitz sambil menambahkan pihaknya meminta Amazon untuk menghapus produk-produk tersebut.

Dilansir dari CNN, penjual barang-barang bergambar Auschwitz itu juga menawarkan berbagai produk dengan foto-foto yang diambil dari situs-situs pariwisata dunia. Salah satunya adalah Kubah Genbaku yang merupakan bekas lokasi bom nuklir Hiroshima di Jepang.

2. Museum Auschwitz menemukan produk-produk serupa tersebar di AmazonMuseum Auschwitz awalnya mencuitkan bahwa Amazon telah menarik seluruh produk yang dijual untuk Natal itu. Namun, tak berapa lama kemudian, pihak museum kembali mengirimkan cuitan yang berisi temuan barang-barang bertema serupa di situs belanja favorit warga Amerika Serikat tersebut.

Saking geramnya, Museum Auschwitz menyertakan akun Yad Vashem, sebuah pusat riset dan dokumentasi Holocaust yang berlokasi di Yerusalem. "Kami tak yakin @yadvashem berminat pada 'ornamen Natal' dengan sebuah gambar mobil pengangkut yang dipakai mendeportasi orang-orang Yahudi untuk dimusnahkan."

3. Amazon mengatakan telah menghapus produk-produk yang menjadi masalah tersebutAmazon Batal Jual Ornamen Natal Bergambar Kamp Konsentrasi Nazi
Sementara itu, juru bicara Amazon mengatakan secara tertulis kepada CNN Business bahwa barang-barang bertema genosida oleh Nazi Jerman terhadap jutaan warga Yahudi itu telah "dihapus" dari situs.

"Semua penjual wajib mengikuti panduan penjualan kami dan semua yang tidak mematuhinya akan mendapatkan tindakan, termasuk kemungkinan dihapusnya akun mereka. Produk-produk yang bermasalah itu telah dihapus," kata Amazon.

Auschwitz sendiri menjadi pengingat betapa kejamnya tentara Nazi selama Perang Dunia II. Adolf Hitler selaku pemimpin Jerman saat itu memerintahkan militernya mendirikan kamp konsentrasi di Polandia setelah negara tersebut berhasil diduduki.

Di kamp Auschwitz, setidaknya sekitar satu juta orang Yahudi yang dihabisi sejak 1940 sampai 1945. Secara total, Nazi melakukan genosida terhadap enam juta warga Yahudi Eropa di mana diperkirakan ada 232.000 di antaranya yang masih anak-anak.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/world/...mpaign=network

---



GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di