CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anies Ubah Aturan Perjalanan Dinas, Rombongan Tak Lagi Dibatasi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de5b5538012ae06146ff33d/anies-ubah-aturan-perjalanan-dinas-rombongan-tak-lagi-dibatasi

Anies Ubah Aturan Perjalanan Dinas, Rombongan Tak Lagi Dibatasi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meneken Peraturan Gubernur DKI Jakarta nomor 123 tahun 2019 tentang Perjalanan Dinas Dalam dan Luar Negeri yang mengubah aturan sebelumnya, Pergub 107 tahun 2013. Anies mengubah beberapa aturan di antaranya mengenai jumlah rombongan yang mengikuti perjalanan dinas atau kunjungan kerja.

Perubahan terjadi di Pasal 5 Pergub 107 tahun 2013 yang mengatur perjalanan dinas .paling banyak diikuti lima orang. Sementara dalam Pergub Nomor 123 Tahun 2019, Anies menambahkan satu ayat dalam Pasal 5, yakni Ayat 2a yang memungkinkan perjalanan dinas dapat diikuti lebih dari lima orang.

Bunyi Pasal 5 ayat 2a yakni: Ketentuan jumlah rombongan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat dikecualikan dengan persetujuan tertulis dari Gubernur atau Sekretaris Daerah sesuai tingkatannya.

Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDH-KLN), Mawardi, menyampaikan Pergub perjalanan dinas terbaru ditandatangani oleh Anies pada 6 November 2019. Perubahan kebijakan bertujuan untuk memfasilitasi rombongan yang berjumlah banyak.

"Ada jenis perjalanan dinas misalnya untuk pergelaran olah raga, itu kan tidak (bisa) sejumlah itu (lima orang)," kata Mawardi dikutip dari Antara, Senin (2/12).

Selain itu, kata Mawardi, pasangan (istri) dari Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekretaris Daerahakan mendapatkan uang perjalanan dinas secara utuh, diatur dalam Pasal 16 dari Pergub tersebut

Para pasangan ini biasanya menjabat pada jabatan ex officio seperti Ketua PKK, Darmawanita serta Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW).

"Mereka harus dapatkan perjalanan dinas secara utuh seperti akomodasi, transportasi, uang harian. Itu dalam jabatan ex officio yang sebelumnya enggak diatur," kata Mawardi.

(Baca: Pidato Di Depan Massa, Anies Baswedan: Reuni 212 Cerminan Persatuan)

Mawardi menyatakan terkait kebijakan perjalanan dinas, Kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) diminta untuk menyeleksi dan menentukan penting tidaknya perjalanan dinas tersebut.

Berikut perubahan Pasal 5 dalam Pergub Nomor 123 Tahun 2019:

Pasal 5
(1) Perjalanan dinas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 dan Pasal 4 dilakukan dengan persyaratan: a. perjalanan dinas/kegiatan sangat diperlukan bagi kepentingan negara/daerah; dan b. penggunaan biaya secara hemat, efisien dan efektif sesuai dengan kebutuhan.

(2) Perjalanan dinas dalam dan luar negeri yang dilakukan secara rombongan paling banyak 5 (lima) orang termasuk pimpinan rombongan atau sesuai dokumen pendukung. (2a) Ketentuan jumlah rombongan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat dikecualikan dengan persetujuan tertulis dari Gubernur atau Sekretaris Daerah sesuai tingkatannya.

(3) Jangka waktu pelaksanaan perjalanan dinas luar negeri sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling lama 7 (tujuh) hari kecuali untuk hal-hal yang sangat penting dan/atau tidak memungkinkan untuk ditinggalkan dibuktikan dengan dokumen pendukung

https://katadata.co.id/berita/2019/1...-lagi-dibatasi
profile-picture
profile-picture
rullycmtn dan kolollolok memberi reputasi
skskgwbgsd emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan areszzjay memberi reputasi
blom puas pelesir keluar negeri ajak bini skrg wan aibon bikin pergub biar bs ajak anak2 sekalian emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wiskey31 dan 3 lainnya memberi reputasi
Yang bukan Sulthan jangan iri ya, Sulthan mah bebas, kelurganya semua punya jabatan ex officio, istri ketua Darma Wanita, Anak 1 ketua Dharma Anak 1, dst Sampai Simbahnya juga ketua Dharma Manula.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 2 lainnya memberi reputasi
jalan2 pejabatnya melongo warganya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakidal27 dan 2 lainnya memberi reputasi
asyik cuy, bisa mengulang kesuksesan pameran buku. emoticon-Big Grin
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
Diubah oleh Jangan.maling
Subhanallah, smoga Gabener Pribumi dr Suku Bangsa Arab kitak cepet menghabiskan uang rezim PKI asing aseng emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan areszzjay memberi reputasi
gak ada putus asanya ngegarong duit apbd DKI

emoticon-Ngakak
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
Suka - Suka Ga Bener baik emoticon-Hansip
profile-picture
yeesalah memberi reputasi
Diubah oleh kolollolok
Wah mulia sekali aturan dari pak liem ai bon.
Maha suci dan maha benar baginda cat aspal.
Gubernur Indonesia memang hebat emoticon-thumbsup gubernur lain mana bisa...
Lihat 1 balasan
yg fenting heppi
SSGB!
Balasan post 3daigo
bener2 jagoan
Bodo amat bukan gubernur gw ini... gw di mari cuma numpang cari sesuap berlian

cuma kok gw kasihan sama warga DKI, yang bayar pajak... apalagi yang batar pajak gede gede

Kalau AL Kadrun sih gak usah dihitung, boro boro bayar pajak, makan sama ngerokok saja kasbon melulu
profile-picture
profile-picture
kakidal27 dan kurapbadak memberi reputasi
Diubah oleh jokowi.kw
emoticon-Matabelo
Quote:


Yoih gan ane juga di mari nyari rejeki doang. Mau gub sekarang ngapain kek ora urus.
Kadrun gampang disetir gan.
Kreatif sekali emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh knoopy
Asik dong..semua suka sama kamu,nis..
Anies Ubah Aturan Perjalanan Dinas, Rombongan Tak Lagi Dibatasi


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di