KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi soal Wacana Jabatan 3 Periode: Ada yang Ingin Cari Muka
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de4bcb59a972e36ff6ae3a9/jokowi-soal-wacana-jabatan-3-periode-ada-yang-ingin-cari-muka

Jokowi soal Wacana Jabatan 3 Periode: Ada yang Ingin Cari Muka

Jokowi soal Wacana Jabatan 3 Periode: Ada yang Ingin Cari Muka Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)

Jakarta - Wacana masa jabatan presiden 3 periode mengemuka di tengah rencana amandemen UUD 1945. Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), pihak yang memunculkan wacana itu hendak mencari muka ke dirinya.

"Sejak awal sudah saya sampaikan bahwa saya produk pemilihan langsung. Saat itu waktu ada keinginan amandemen, apa jawaban saya? Untuk urusan haluan negara, jangan melebar ke mana-mana," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (2/12/2019).

"Kenyataannya seperti itu kan. Presiden dipilih MPR, presiden 3 periode, presiden satu kali 8 tahun. Seperti yang saya sampaikan. Jadi, lebih baik tidak usah amendemen," sambungnya.

Daripada amandemen UUD 1945 melebar, Jokowi meminta lebih baik berfokus ke tekanan-tekanan eksternal. Jokowi tak langsung menunjuk hidung pihak yang dia maksud, namun dia menyebut ada yang ingin mencari muka hingga menjerumuskannya.

"Ada yang ngomong presiden dipilih 3 periode, itu ada 3. Ingin menampar muka saya, ingin cari muka, padahal saya punya muka. Ketiga ingin menjerumuskan. Itu saja, sudah saya sampaikan," ucap Jokowi.

Awalnya, Wakil Ketua MPR Arsul Sani mengungkapkan ada usulan perubahan terkait masa jabatan presiden. Masa jabatan presiden diusulkan berubah menjadi satu kali saja atau bahkan tiga kali masa jabatan. Belakangan, dia menyebut usulan itu dari anggota Fraksi NasDem.

"Ini kan bukan saya yang melayangkan. Ini ada yang menyampaikan seperti ini, kalau tak salah mulai dari anggota DPR dari Fraksi NasDem," kata Arsul.

Hal yang sama diungkapkan oleh pimpinan MPR lainnya, Hidayat Nur Wahid. Hidayat menyebut Fraksi NasDem mendorong agar amandemen UUD juga membahas masa jabatan presiden tiga periode.

"Untuk masa jabatan 3 periode itu yang paling mendorong Nasdem. Untuk pemilihan melalui MPR itu PKB. Tapi, selain itu, kan kita tidak dengar. Untuk Golkar, pernyataannya masih beragam kita lihat. Tapi yang jelas secara formal belum ada satupun partai yang usulkan sekarang," terang Hidayat.

Di sisi lain, NasDem menyebut yang mereka usulkan adalah amandemen menyeluruh terhadap UUD 1945. Amandemen yang diusulkan NasDem, selain soal GBHN, terkait dengan pemisahan pemilu legislatif dan pemilihan presiden.

Sekretaris F-NasDem DPR Saan Mustopa mengatakan gagasan soal amandemen menyeluruh mungkin saja terkait dengan masa jabatan presiden. Namun Wakil Ketua Komisi II itu menyebut gagasan soal masa jabatan presiden itu tidak spesifik.

"Jadi nggak ada secara spesifik kita bicara soal-soal yang lain, misalnya (jabatan presiden) tiga periode, belum. Tapi kita akan melihat soal gagasan amandemen konstitusi itu kita lemparkan dulu ke publik. Abis diinikan (dilempar ke publik), baru kita nanti simpulkan," kata Saan saat dimintai konfirmasi, Jumat (22/11/2019).

SUMBER


Nasdem ma PKB tuh pak yg ngusulin.. emoticon-Malu (S)
ngambek gara2 jatah d kabinet berkurang.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dragunov762mm dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr7
Halaman 1 dari 4
Quote:


Justru itu ga kayak nu yg pengen nguasain semua lini di indo 🙈
Mending cari jodoh aja
padahal presiden yg sebelumny aja lebih dari 2 periode aja biasa" aja
presiden hanya boleh 1 periode saja tapi 8 tahun lebih realistis dari pada 3 periode tapi 5 tahun
masa 5 tahun sekali buang2 duit triliunan rupiah buat pilkada, belum lagi politik adu domba dan hoax didalamnya
udah jelas siapa yang teriak-teriak kan? bungkus aja semua Pak.. emoticon-Embarrassment
Ksksr bdbh emoticon-Mad
Sudah dibuat meroket masa minta 3 periode atau 1x jabatan 8 tahun gk mendukung? Dmn revolusi mental kalian
yang nyari muka, gosokin aja mukanya sekalian ke aspal ditengah hari pak de

udah damai, ada aja ide bikin rusuh


kapan ini derita +62 berakhir emoticon-Cape d...
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
bukannya pas pemilihan aja pada carmuk yah dengan janji2 sama rakyat, itukan udha biasa emoticon-Leh Uga
Quote:


eh gan kok bufer si , lanjutin lah
emoticon-Ngakak
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
mukanya pada ilang
tuh kan
anggota dewan kalo disuruh mikir malah ngaco
mending kurangi aja tuh anggota dewan emoticon-Ngamuk
biar aja 2 periode nanti supaya yang lain bisa naek jug
Quote:


Nah iya makanya itu .
Yg jadi pertanyaan ADA NGGAK SELAIN SI KAUM NU YG KELOLA UNIVERSITAS NEGERI NON NU ?

Udahlah ga usah dilanjut , ntar si TUKANG NU KELUAR DARI GOA .
Quote:


Elu itu nyus jembut di leher emoticon-Leh Uga
Quote:


kalo muhammadiyah mahh beda sama MTsN

Muhammadiyah mah SDM SMPM SMAM
kalo kampusnya kaya UMJ UMY UMT
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Diubah oleh wanaibon
Quote:


Mana ada UIN dikelola Muhammadiyah , walau emang visinya Muhammadiyah beda dgn SI KAOEM NU , eneg ane ama orang yg gila kekuasaan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Quote:


SERIUS ane gk tauu

kirain sama kaya MIN MTsN MAN gituu dikelola kemenag

kalo dikelola NU bisa lolos gituu sii pengkaderan PKS di uin???
Diubah oleh wanaibon
Quote:


Gausah pura2 bodoh yee gan
Quote:


Mmm.... mungkin bkn salah pilih, tp dr pilihan yg ada, mayoritas merasa kl yg terbaik itu dia.
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di