CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
BPS: Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Penyebabnya Gan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de49f7209b5ca16630c5c79/bps-aceh-termiskin-di-sumatera-ini-penyebabnya-gan

BPS: Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Penyebabnya Gan

BPS: Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Penyebabnya Gan

Banda Aceh - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis Provinsi Aceh sebagai daerah termiskin di Sumatera atau berada di urutan ke-6 secara nasional. Ombudsman meminta Pemerintah Provinsi Aceh serius menangani masalah pengentasan kemiskinan.

Kepala Ombudsman Perwakilan Aceh Taqwaddin, mengatakan, pemenuhan kebutuhan dasar menjadi indikator yang digunakan BPS Aceh dalam metodologi pengukuran kemiskinan. Jika mengacu pada metodologi tersebut, penyebab kemiskinan di Aceh yaitu masalah pangan (komoditi makanan) serta perumahan (komoditi bukan makanan).

"Ini data BPS Aceh lho, bukan data Ombudsman RI Aceh. Saya percaya data BPS akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, serta saya sudah tanyakan pula hal ini pada Kepala BPS Aceh," kata Taqwaddin kepada wartawan, Senin (2/12/2019).

Menurut Taqwaddin, setelah diketahui penyebab angka kemiskinan di Aceh masih sangat tinggi yaitu 15,32%, Pemprov seharusnya mudah melakukan upaya pengentasan kemiskinan. Upaya tersebut dapat dilakukan untuk jangka pendek, menengah dan panjang.

Ombudsman Aceh, kata Taqwaddin, menawarkan beberapa solusi kepada Pemprov Aceh. Di antaranya yaitu, Pemprov harus memenuhi kebutuhan dasar pangan serta rumah bagi masyarakat miskin.

"Saya sering mendapat informasi bahwa beras raskin banyak yang tidak mampu ditebus oleh orang-orang miskin di pelosok pedalaman desa, sehingga mereka terpaksa menjual kupon jatahnya tersebut ke pihak lain yang justru lebih mampu," jelas dosen di Universitas Syiah Kuala ini.

Terkait masalah itu, Taqwaddin menilai Pemprov perlu memikirkan kebijakan untuk membebaskan biaya tebus raskin bagi masyarakat miskin. Selain itu, pembangunan rumah duafa juga harus menjadi prioritas.

"Jika dua hal ini bisa diatasi pada 2020, saya yakin InsyaAllah tahun 2021 Aceh tidak lagi miskin," ungkapnya.

Solusi lain yang ditawarkan Ombudsman, jelasnya, yaitu masyarakat miskin harus menjadi prioritas dan sasaran utama pemberdayaan. Kebijakan yang dibuat pemerintah harus lebih memihak ke rakyat.

Menurut Taqwaddin, hal itu bisa dilakukan dengan upaya pengentasan kemiskinan yang langsung menyentuh komunitas warga miskin melalui suntikan modal produktif. Dia mencontohkan seperti suntikan modal untuk home industri, peternakan rakyat, pertanian, perikanan, dan lain-lain.

Selain itu, Taqwaddin juga menyarankan pemerintah untuk mengoptimalkan penggunaan APBD untuk memberdayakan masyarakat miskin. Sementara solusi jangka panjang yang ditawarkan yaitu melakukan efesiensi belanja kepegawaian.

"Saat ini jika dicermati perimbangan belanja pegawai versus belanja publik masih sangat timpang. Bagi saya ini memprihatinkan karena dana publik yang seharusnya lebih besar porsinya untuk masyarakat tetapi ternyata publik hanya mendapatkan jatah sekitar 30%," katanya.

"Sedangkan selebihnya diperuntukkan guna kepentingan belanja pegawai, perjalanan dinas, pembelian mobil dinas, dan lain-lain," sebut Taqwaddin.

Ombudsman juga menyarankan Pemprov Aceh dan DPR Aceh lebih terbuka dalam membahas dan menggunakan APBA.

"Hal ini penting adanya keterbukaan agar masyarakat bisa berpartisipasi lebih besar untuk membantu mempercepat menuju Aceh Maju," ungkapnya.

Sumber: https://m.detik.com/finance/berita-e...-ini-pemicunya
Sumber gambar: https://m.tribunnews.com/images/regi...skinan-di-aceh

Ternyata anggarannya banyak habis buat anggaran kepegawaian gan. Kalo menurut agan apa nih?
emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asepdeni343 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KASKUS.HQ
Halaman 1 dari 7
Gile luh, dana masuk termasuk yang palings besar se Indo.. daerah istimewa loh..
emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imba.ruiner dan 7 lainnya memberi reputasi
Indonesia kalo nerapin hukum syariah kek di aceh ini nasib perekonomiannya bakalan kel gitu. Orientasi nya ke surga sih..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imba.ruiner dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Balasan post tezsa
Quote:


Makanya digalakkan wisata halal nya dong akhi...

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 7 lainnya memberi reputasi
bagus lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Cukup disana aja syariat-nya.

Jangan sampai suluruh indo.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
Cocok jadi sarang teroris tuh. Miskin dan keracunan agama emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
samosir yg lebih gersang aja bisa makan sepuasnya.lauk tinggal ambil di danau,sawah tinggal tanamin bibit.Kalau mau makan enak,bisa makan daging babi tiap minggu hasil ternak.Lain hal kl emang malas kerja,mau nya masuk surga,di bumi malas kerja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 42 lainnya memberi reputasi
Balasan post tezsa
rakyatnya yg suruh ke surga, pemimpinnya mah di bumi aja enak2an nikmatin surga dunia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryan Limanto dan 12 lainnya memberi reputasi
GPP Miskin,
yg penting dapet predikat Serambi AcehNistan

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
loocos.drunk dan 5 lainnya memberi reputasi
Saran yang baik dari Taqwaddin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ini yang ane heran gan, apasih PAD samosir.? Dibandingkan kab lain., sawit, karet susah hidup, palingan sawah yang di bolak balik tiap tahun,sama pariwisatanya..
.Tapi kok jendral2 banyak dari sana.. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ini karena aceh belum menegakkan khilafah dan menganut syariah,

kalo menganut dan menegakkan pasti langsung makmur sejahtera aman nyaman gemah ripah jinawi. aceh nanti isinya ilmuwan,dokter,insinyur dan pengusaha startup dengan valuasi trilionan semua


profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
"Saat ini jika dicermati perimbangan belanja pegawai versus belanja publik masih sangat timpang. Bagi saya ini memprihatinkan karena dana publik yang seharusnya lebih besar porsinya untuk masyarakat tetapi ternyata publik hanya mendapatkan jatah sekitar 30%," katanya.

"Sedangkan selebihnya diperuntukkan guna kepentingan belanja pegawai, perjalanan dinas, pembelian mobil dinas, dan lain-lain," sebut Taqwaddin.


Gila 70% buat bancakan pejabatnya ? emoticon-Ngakak

ngefullin slot istri ? emoticon-Bingung

yg pada poligami gitu tunjangannya dapet semua istri dan semua anak ?
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan galuhsuda memberi reputasi
Lihat 1 balasan


Miskin harta gpp yg penting gao miskin iman

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
aceh miskin?? sudah biasa.... karena 95% penduduknya malas
kebiasaan diumpanin pemerintah jadi malas... begitu status istimewa hilang modyar tuh provinsi. tenggelam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Apaan pula miskin. Itu inong2nya pake kalung2, gelang2, cincin2 emas banyak lo.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post dansye
Quote:


mungkin krn rutin makan 4 sehat 5 sempurna dan gak teralu mikir bakal masuk surga atau kagak.
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan galuhsuda memberi reputasi
Angka aslinya jauh lebih besar lagi, ya karena PEMALAS dan RASIS sama pendatang terutama dari "jawa". Semua tau orang aceh pemalas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 10 lainnya memberi reputasi
Lumayan lah buat eksperimen, jadi orang indon tau, kebuka matanya, gimana jadinya kalo indonesia nerapin hukum sampah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Azeron dan 6 lainnya memberi reputasi
Balasan post donal.duck.
Mobilnya gahar gini gan
BPS: Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Penyebabnya Gan
https://m.tribunnews.com/regional/2017/03/20/demonstran-kammi-ini-adang-mobil-dinas-gubernur-aceh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di