CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de49a8cc9518b47085b8215/aceh-termiskin-di-sumatera-ini-pemicunya

Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya

Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya

Banda Aceh - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis Provinsi Aceh sebagai daerah termiskin di Sumatera atau berada di urutan ke-6 secara nasional. Ombudsman meminta Pemerintah Provinsi Aceh serius menangani masalah pengentasan kemiskinan.

Kepala Ombudsman Perwakilan Aceh Taqwaddin, mengatakan, pemenuhan kebutuhan dasar menjadi indikator yang digunakan BPS Aceh dalam metodologi pengukuran kemiskinan. Jika mengacu pada metodologi tersebut, penyebab kemiskinan di Aceh yaitu masalah pangan (komoditi makanan) serta perumahan (komoditi bukan makanan).

"Ini data BPS Aceh lho, bukan data Ombudsman RI Aceh. Saya percaya data BPS akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, serta saya sudah tanyakan pula hal ini pada Kepala BPS Aceh," kata Taqwaddin kepada wartawan, Senin (2/12/2019).

Menurut Taqwaddin, setelah diketahui penyebab angka kemiskinan di Aceh masih sangat tinggi yaitu 15,32%, Pemprov seharusnya mudah melakukan upaya pengentasan kemiskinan. Upaya tersebut dapat dilakukan untuk jangka pendek, menengah dan panjang.

Ombudsman Aceh, kata Taqwaddin, menawarkan beberapa solusi kepada Pemprov Aceh. Di antaranya yaitu, Pemprov harus memenuhi kebutuhan dasar pangan serta rumah bagi masyarakat miskin.

"Saya sering mendapat informasi bahwa beras raskin banyak yang tidak mampu ditebus oleh orang-orang miskin di pelosok pedalaman desa, sehingga mereka terpaksa menjual kupon jatahnya tersebut ke pihak lain yang justru lebih mampu," jelas dosen di Universitas Syiah Kuala ini.

Terkait masalah itu, Taqwaddin menilai Pemprov perlu memikirkan kebijakan untuk membebaskan biaya tebus raskin bagi masyarakat miskin. Selain itu, pembangunan rumah duafa juga harus menjadi prioritas.

"Jika dua hal ini bisa diatasi pada 2020, saya yakin InsyaAllah tahun 2021 Aceh tidak lagi miskin," ungkapnya.

Solusi Lain
Solusi lain yang ditawarkan Ombudsman, jelasnya, yaitu masyarakat miskin harus menjadi prioritas dan sasaran utama pemberdayaan. Kebijakan yang dibuat pemerintah harus lebih memihak ke rakyat.

Menurut Taqwaddin, hal itu bisa dilakukan dengan upaya pengentasan kemiskinan yang langsung menyentuh komunitas warga miskin melalui suntikan modal produktif. Dia mencontohkan seperti suntikan modal untuk home industri, peternakan rakyat, pertanian, perikanan, dan lain-lain.

Selain itu, Taqwaddin juga menyarankan pemerintah untuk mengoptimalkan penggunaan APBD untuk memberdayakan masyarakat miskin. Sementara solusi jangka panjang yang ditawarkan yaitu melakukan efesiensi belanja kepegawaian.

"Saat ini jika dicermati perimbangan belanja pegawai versus belanja publik masih sangat timpang. Bagi saya ini memprihatinkan karena dana publik yang seharusnya lebih besar porsinya untuk masyarakat tetapi ternyata publik hanya mendapatkan jatah sekitar 30%," katanya.

"Sedangkan selebihnya diperuntukkan guna kepentingan belanja pegawai, perjalanan dinas, pembelian mobil dinas, dan lain-lain," sebut Taqwaddin.

Ombudsman juga menyarankan Pemprov Aceh dan DPR Aceh lebih terbuka dalam membahas dan menggunakan APBA.

"Hal ini penting adanya keterbukaan agar masyarakat bisa berpartisipasi lebih besar untuk membantu mempercepat menuju Aceh Maju," ungkapnya.

sumber: https://m.detik.com/finance/berita-e...ya?single=true

Asal Tahu Jalan Enak Hidup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asepdeni343 dan 17 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
Balasan post sevenfiveseven
Quote:


wkwkwk ya kalau mau kayak di rubah lah lifestyle nya, bener ga?
hidup tanpa relasi dan sosialiasi? dengan pagi2 nongkrong di kedai kopi? kalo gitu banyak dong di daerah lain yang ga sukses?

wkwkwkwk
Balasan post hensemjek
Sedih sih.. Padahal potensinya besar Aceh itu
Diubah oleh luv.you
Makan tuh sok2an syariah sih
Quote:


"Menurut Taqwaddin, hal itu bisa dilakukan dengan upaya pengentasan kemiskinan yang langsung menyentuh komunitas warga miskin melalui suntikan modal produktif. Dia mencontohkan seperti suntikan modal untuk home industri, peternakan rakyat, pertanian, perikanan, dan lain-lain."

Hahahaha....jangan-jangan prespektive miskinya karena dari angkanya paling kecil yang masuk ke bank untuk bayar cicilan kredit bunga-berbunga dibanding daerah lainya nih, kalau prespektive dari situ mah berarti malah sebaliknya dong aceh paling kayak, masyarakatnya gak mau "disuntik" kemudian disedotttttttttt darah kemakmuranyaemoticon-Wakaka

Bikinin dong prespektif, kalo jakarta paling miskin dibanding irian jaya, dengan perbandingan angka kualitas hidup

emoticon-Wkwkwk
dulu kena tsunami dan gempa, dibantu rakyat internasional, dibangun sana sini tapi ga ada hasil

lebih seneng ngurus selangkangan dan larang sana sini termasuk pubg, rok, boncengan nonmuhrim, padahal banyak kemiskinan eh dibiarkan
Thread bagus, ane tdk melihat sisi Miskin Aceh, tp ane melihat bagaimana Kemiskinan itu terjadi dan Bagaimana juga menanggulanginya, harusnya ini bisa jadi pemahaman dalam menanggulangi kemiskinan, penyebab kemiskinan di aceh banyaknya pegawai yg masih foya² yg notebane anggaran belanja masih lebih tinggi dibanding anggaran kebutuhan masyarakat yh hny dikasih jatah 30% aja. Gila
Quote:


emoticon-Shakehand2
Quote:


Take emoticon-Angkat Beer
profile-picture
r.maulana.m memberi reputasi
Quote:


emoticon-Toast
mojok ah. seru ni para komentator emoticon-Ngakak (S)
Korupsinya tinggi dah gitu aja.
Balasan post sweetjulia
Quote:


Syariat nya itu malah bikin jadi miskin, orang mau usaha bisnis kebentur syariat, pariwisata mentok pada ogah datang karena banyak aturan syariat yg konyol emoticon-Cool

Belum lagi karena sibuk menegakkan syariat pejabatnya jadi bebas korup dan menunaikan sunat poligami emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
kopralGadget dan samc01 memberi reputasi
Quote:


ya gimana.. doa nya tambah lagi coba..
Balasan post nowbitool
@nowbitool Nama daerahnya Negara Dongeng. Nama pelaksananya Siti Nirwana bin Abdullah cs. Kaum duafa penerimanya, Yetti, sang penghuni himalaya.
tapi kemiskinan ini ga terjadi di semua kota
Balasan post wadonsubur
Quote:


Sepuh kaskus turun gunung emoticon-Matabelo
Balasan post sutarjo65
Quote:


Daerah mana gan?

Nama kelompoknya apa?
Quote:


Pleki... ga ngerti sarkas yah.... Bekajar dulu gih ..
Quote:


Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
legalin ganja pasti auto kaya nih emoticon-Ngacir
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di