KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
HGM, Melalui Dunia Maya Menyalakan Api Kehidupan Pasien Gagal Ginjal Di Dunia Nyata
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de495e89a972e1ba57b6ab9/hgm-melalui-dunia-maya-menyalakan-api-kehidupan-pasien-gagal-ginjal-di-dunia-nyata

HGM, Melalui Dunia Maya Menyalakan Api Kehidupan Pasien Gagal Ginjal Di Dunia Nyata

HGM, Melalui Dunia Maya Menyalakan Api Kehidupan Pasien Gagal Ginjal Di Dunia Nyata

HGM, Melalui Dunia Maya Menyalakan Api Kehidupan Pasien Gagal Ginjal Di Dunia Nyata
hgm.solo raya.com

Ini pertama kali saya ikut event MLDSPOTCONTENTHUNT karena memang saya baru bergabung di kaskus. Melihat tema yang ditentukan, akhirnya saya putuskan menulis cerita ini di KASKUSXMLDSPOT. Sebenarnya sudah lama ingin menuangkan cerita ini, cerita tentang sebuah komunitas yang seumur hidup tidak pernah saya bayangkan saya akan menjadi bagian didalamnya, yaitu tentang HGM (Hidup Ginjal Muda). Sebuah komunitas di facebook yang dikhususkan bagi para penyandang gagal ginjal, mulai dari yang stadium akut, kronis, yang sudah cuci darah, maupun yang belum cuci darah. Sebuah grup dari dunia maya yang menjadi Inspiring community, karena memberikan nilai-nilai positif dan menularkan semangat kepada para anggotanya di dunia nyata.

Bermula dari kisah saat saya didiagnosa gagal ginjal oleh dokter dan divonis untuk melakukan cuci darah. Hal tersebut merupakan ujian terberat dalam hidup saya. Mendengar istilah cuci darah saja sudah sangat mengerikan, dan hal itu kini terjadi kepada saya.

Tahun-tahun pertama menjadi pasien cuci darah adalah masa yang sangat melelahkan. Baik itu sari segi fisik, mental maupun materi. Sempat juga terbesit keinginan untuk mengakhiri hidup karena kondisi tubuh yang tak kunjung sehat, selalu merasakan sakit dan nyeri disekujur tubuh.

Hingga pada akhirnya, ada seorang perawat yang menyarankan kepada saya untuk bergabung dalam grup HGM. Sepulang dari cuci darah langsung saya searching grup HGM tersebut di facebook. Dan segera mendaftar sebagai anggota. Alhamdulillah, permintaan saya direspon dan saya terdaftar menjadi anggota. Ternyata sudah banyak juga teman-teman di rumah sakit tempat saya cuci darah yang telah lama bergabung dengan HGM.

HGM, Melalui Dunia Maya Menyalakan Api Kehidupan Pasien Gagal Ginjal Di Dunia Nyata
hgm-Indonesia.com

Berdasarkan informasi yang saya peroleh saat diskusi bersama anggota lain di grup, HGM didirikan oleh Alm. Yediya Thomas Pama'tan sekitaran tahun 2012. Sebuah komunitas bagi gagal ginjal, yang dibentuk modern dengan memanfaatkan kemajuan teknologi sosial medis, namun tidak meninggalkan tastethelocal sesuai dengan budaya Indonesia didalamnya. HGM telah mampu mempersatukan hampir seluruh pasien gagal ginjal di Indonesia tanpa memandang SARA dan tanpa muatan politik didalamnya. Dan kini HGM telah menjadi komunitas pasien cuci darah di dunia maya.

HGM merupakan grup tertutup. Jadi tidak semua orang bisa melihat isi postingan dalam grup ini, kecuali anggotanya. Hal tersebut tentunya dimaksudkan untuk menjaga privasi seluruh anggota HGM.

Di sini semua anggota bisa sharing berbagai pengetahuan dan pengalaman, yang berkaitan dengan gagal ginjal. Sesuai motto HGM yaitu mengedukasi tanpa provokasi.

Mereka yang menjadi admin maupun para senior yang lainnya, yaitu mereka yang telah lebih dulu menjadi penyandang gagal ginjal, sangat baik dan care dengan para newbie, yaitu mereka yang baru bergabung dalam grup HGM atau yang masih awam dan baru saja menjadi pasien gagal ginjal.

Diantara para senior tersebut ada yang telah menjadi penyandang gagal ginjal selama lebih dari lima tahun, belasan tahun bahkan ada yang sudah menjadi penyandang gagal ginjal dan menjalani cuci darah lebih dari dua puluh tahun. Namun mereka tetap sehat dan semangat menjalani hidup.

Mereka tidak pelit ilmu dan pengalaman. Sebisa mungkin jika ada pertanyaan ataupun permasalahan dari para anggota HGM, akan mereka jawab dan berikan solusi berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang telah mereka miliki. Dengan sabar dan telaten mereka memberikan informasi yang ditanyakan. Tanpa bosan atau jenuh, meski kadang hal tersebut kadang sudah berulang kali dibahas atau dijelaskan. Bukankah pengalaman adalah guru yang terbaik? Dan belajar dari pengalaman orang lain adalah cara tercepat untuk menjadi sukses. Dalam hal ini tentunya untuk menjadi lebih sehat ya.

HGM, Melalui Dunia Maya Menyalakan Api Kehidupan Pasien Gagal Ginjal Di Dunia Nyata
hgm-Indonesia.com


Melalui sharing di HGM, sesama anggota biasanya saling bertukar info tentang obat, pola diet, dokter spesialis, rumah sakit atau klinik untuk cuci darah, pengurusan rujukan dan masih banyak lagi. Dengan sharing di dalam grup ini, mereka akan dipandu melakukan tindakan yang tepat sehingga permasalahannya bisa teratasi atau minimal bisa berkurang. Saling berempati dan juga menyemangati.

Hal tersebut tentunya sangat membantu, karena ketika seseorang sudah menyandang predikat gagal ginjal, pasti banyak sekali yang dikeluhkan. Baik itu dari segi fisik dan juga mental. Bagi yang ikut nimbrung dalam diskusi maupun yang hanya menyimak saja pasti akan bertambah informasi dan wawasan mereka mengenai sakit gagal ginjal.

Menurut saya penting sekali bagi mereka untuk mendapat edukasi mengenai penyakit tersebut, agar sakit mereka tidak semakin parah atau bahkan menimbulkan komplikasi penyakit lain. Serta agar mereka yang telah divonis sakit ginjal tetap sehat dan semangat menjalani hidup, dengan cara meningkatkan kualitas hidup mereka. Meski menyandang gagal ginjal mereka tetap berkarya, bekerja maupun menikah. Dan hidup layaknya orang normal.

Bukan hanya bagi mereka yang sudah dinyatakan sakit ginjal, tapi HGM juga dapat mengedukasi mereka yang sehat agar lebih aware dan care dengan ginjal mereka. Agar tidak semakin bertambah jumlah pasien gagal ginjal. Karena dalam grup ini tidak semuanya adalah pasien ginjal, ada juga yang menjadi pendamping pasien ginjal, dokter dan juga perawat.

HGM, Melalui Dunia Maya Menyalakan Api Kehidupan Pasien Gagal Ginjal Di Dunia Nyata
hgm.post facebook


Tidak hanya berkutat tentang penyakit ginjal saja. Dalam HGM juga turut membantu anggotanya untuk menjadi mandiri. Salah satunya yaitu dengan berdagang melalui HGM shop. Biasanya pada hari-hari tertentu para anggota yang mempunyai bisnis atau usaha dagang bisa mempromosikan dagangannya. Sehingga meskipun gagal ginjal namun mereka masih bisa bekerja dan mendapat penghasilan.

HGM, Melalui Dunia Maya Menyalakan Api Kehidupan Pasien Gagal Ginjal Di Dunia Nyata hgm-Indonesia.com

Sesekali waktu HGM juga mengadakan kopdar dengan sesama anggota yang lain. Saling menguatkan, berbagi cerita, semangat dan tentunya kebahagiaan.

Senang sekali melihat dan berkenalan dengan teman-teman sesama penyandang gagal ginjal yang selalu tampak sehat dan segar, bahkan tidak jarang dari mereka tidak nampak seperti orang sakit kronis, lo. Hal itulah yang memberikan boosting kepada saya dan mungkin juga anggota HGM yang lain untuk terus semangat, bersabar dan tidak putus asa.

Selain tergabung melalui grup Facebook, kini ada juga grup HGM yang melalui WhatsApp. HGM group WhatsApp ini terbagi menjadi beberapa bagian berdasarkan wilayah.

Sudah hampir dua tahun saya tergabung di HGM. Dan saya merasakan banyak sekali manfaat ilmu dan juga pengalaman yang saya dapatkan. Saya menjadi lebih paham mengenai penyakit saya ini dan yang paling penting adalah saya menjadi lebih semangat menjalani hidup. Karena saya tidak sendirian.

Meskipun harus mengalami gagal ginjal dan menjalani cuci darah, saya masih bisa menjalani hidup normal layaknya orang sehat. Kualitas hidup saya terus meningkat. Gagal ginjal bukanlah gagal hidup. Semua itu berkat ilmu-ilmu dan motivasi yang saya dapatkan dengan bergabung di HGM.

Terimakasih kepada Alm. Yediya Thomas, para admin, senior dan seluruh keluarga besar HGM, kalian semua orang istimewa. Semoga kita bisa terus saling memotivasi dan menginspirasi, menikmati perjalanan hidup kita yang amazing ini.

Demikian thread saya. Semoga ada manfaatnya untuk kita semuaemoticon-2 Jempol


Untuk kalian semua, hiduplah se natural mungkin. Sayangi ginjal kita
emoticon-Peluk
Salam sehat
emoticon-Toast


profile-picture
profile-picture
triwinarti dan l13ska memberi reputasi
wow, kereeeen 😍
emoticon-Malu, masih harus banyak belajar y
komunitas ya harus bgitu saling memotivasi emoticon-2 Jempol
Quote:


Iyaaemoticon-Big Kiss
profile-picture
triwinarti memberi reputasi


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di