KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
Ponsel Kamera Dengan Megapiksel Tinggi Belum Tentu Hasilnya Bagus? Yuk Kita Kulik Cuy
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de0d6cc28c9914ba65f0412/ponsel-kamera-dengan-megapiksel-tinggi-belum-tentu-hasilnya-bagus-yuk-kita-kulik-cuy

Ponsel Kamera Dengan Megapiksel Tinggi Belum Tentu Hasilnya Bagus? Yuk Kita Kulik Cuy



Ponsel Kamera Dengan Megapiksel Tinggi Belum Tentu Hasilnya Bagus? Yuk Kita Kulik Cuy

Hi sobat kaskus, pastinya lo pernah kan ngerasa membeli Smartphone itu kalau mau bagus hasil kameranya maka kamu harus beli yang megapikselsnya tinggi 🙄.

Maka dari pemikiran orang awam saat ini pun tergambar hal seperti itu terlebih smartphone saat ini pun mulai dagang yang di sukai pasar yaitu megapiksel yang besar, padahal bisa saja kualitas kamera dengan sensor 48MP sama hasilnya dengan yang sensor 12MP. Nah loh kok bisa begitu?

Ponsel Kamera Dengan Megapiksel Tinggi Belum Tentu Hasilnya Bagus? Yuk Kita Kulik Cuy

Sebenarnya megapiksel tidak akan mempengaruhi kualitas foto namun yang jelas adalah seberapa besar ukuran foto kita kalau dicetak atau di crop maka akan terlihat lebih detil, nah sensor dengan megapiksel yang besar itulah yang akan mempengaruhi banyaknya piksel.

Megapiksel sendiri adalah satuan dari resolusi gambar, menurut keterangan untuk 1 megapixel (MP) sama dengan 1.048.576 pixel, bisa dibilang secara sederhananya kamera dengan sensor 1MP akan menghasilkan foto yang memiliki jumlah pixel sebanyak 1.048.576 buah.

Ponsel Kamera Dengan Megapiksel Tinggi Belum Tentu Hasilnya Bagus? Yuk Kita Kulik Cuy

Lohkan kalau piksel semakin banyak bukan kah itu menunjukkan kualitas dari foto itu meningkat cukup tajam?

Tidak semudah itu ferguso, untuk kualitas bukan banyaknya piksel yang menentukan, namun yang utama adalah sebuah kombinasi teknologi sensor yang di produksi oleh Sony, Leica dan Samsung dll kemudian baru besaran megapixel yang sesuai yang terpenting adalah ukuran sensor yang digunakan semua ini adalah elemen utama untuk menghasilkan gambar yang bagus.

Sensor yang dapat menangkap cahaya lebih baik maka kualitas gambar akan semakin bagus, hal itu berkaitan dengan ukuran sensor dimana ada APS-C, full-frame, dan medium format. Sedangkan untuk kamera ponsel sendiri biasanya berukuran 6,17 x 4,5mm, bila dibandingkan mirrorless APS-C sebesar 23,6 x 15,6mm maka ukuran besar akan menangkap cahaya lebih bagus.

Ponsel Kamera Dengan Megapiksel Tinggi Belum Tentu Hasilnya Bagus? Yuk Kita Kulik Cuy

Ponsel Kamera Dengan Megapiksel Tinggi Belum Tentu Hasilnya Bagus? Yuk Kita Kulik Cuy

Sedangkan bila piksel di perbesar namun ukuran sensor kameranya tetap kecil ditakutkan akan terjadi noise, karena banyak piksel gagal dalam menangkap cahaya. Maka itulah yang terjadi pada kamera ponsel dengan piksel besar, jangan heran Samsung membuat kamera dengan piksel besar dari sensor 12MP yang di mark up menjadi 48 MP jadi bisa dibilang itu bukan piksel 48MP sesungguhnya hanya permainan dari Samsung yang menggunakan teknologi tetracell dengan algoritma Remosaic. Dimana empat piksel 12MP disatukan menjadi 48MP.

Itu dilakukan agar tidak terjadi noise, tentu saja untuk kalian penggemar ponsel yang hanya ingin mejeng di medsos, piksel besar untuk apa? Untuk membuat billboard, spanduk atau di cetak foto dalam ukuran besar?

Ponsel Kamera Dengan Megapiksel Tinggi Belum Tentu Hasilnya Bagus? Yuk Kita Kulik Cuy

Karena kualitas foto bukan dari besaran piksel, kalau memang ingin mencetak dalam ukuran besar dan kualitasnya baik silahkan membeli mirrorless atau DSLR, maka jangan ngimpi kalau kamera ponsel bisa setara DSLR.

Setidaknya mindset kita perlu dirubah, jangan sampai termakan iklan ponsel yang menyesatkan.

Ponsel Kamera Dengan Megapiksel Tinggi Belum Tentu Hasilnya Bagus? Yuk Kita Kulik Cuy

Salam hangat lur, saya c4punk see u next thread


emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2019
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Ponsel Kamera Dengan Megapiksel Tinggi Belum Tentu Hasilnya Bagus? Yuk Kita Kulik Cuy
Ponsel Kamera Dengan Megapiksel Tinggi Belum Tentu Hasilnya Bagus? Yuk Kita Kulik Cuy
Ponsel Kamera Dengan Megapiksel Tinggi Belum Tentu Hasilnya Bagus? Yuk Kita Kulik Cuy

GIF





profile-picture
profile-picture
profile-picture
adnanami dan 33 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh c4punk1950...
Halaman 1 dari 7
Ternyata begitu ya om, kalo orang awam mah taunya ya semakin gede pixelnya makin bagus emoticon-Big Grin
emoticon-Bata (S) bata collector emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bocahe dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Mkanya ponsel skarang piksel nya gede2 kan permintaan pasar juga namanya tukang dagang 🤭🤭
hmm pixel kan satuan warna
Quote:


Iyess om.. 👍👍
Samsung kameranya jelek mulu, gada yang bagus. emoticon-Hammer2
Tapi kamera bukan prioritas sih bagi ane, jadi masih bisa dimaafkan emoticon-Jones


*samsung forever emoticon-rose
profile-picture
profile-picture
profile-picture
steffanizhitta dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Memang kalah kualitas dengan pabrikan Sony sist sama Leica yg biasa bikin sensor kamera
Lihat 1 balasan
lah... ane kira semakin gede pixelnya, hasil foto bakal makin bagus...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
steffanizhitta dan 3 lainnya memberi reputasi
dari bentuk sensornya aja udah kecil gan ,beda ama dslr ,dll
profile-picture
profile-picture
steffanizhitta dan fhaizfa25 memberi reputasi
Setuju banget, iphone kameranya paling cuma berapa megapiksel dibandingkan dengan hp lain yang berpuluh-puluh megapiksel hasilnya pasti lebih bagus hehehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
steffanizhitta dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Pemikiran orang awam ya bgitu.. 🤭

Quote:


Iyessz

Quote:


Nah itu contohnya
profile-picture
profile-picture
fhaizfa25 dan UriNami memberi reputasi
makasih gaan infonyaa, bermanfaat banget nih buat anee
profile-picture
profile-picture
fhaizfa25 dan luthfi904 memberi reputasi
hehe... ane sedikit faham sebenarnya gan.. tp agak susah menjelaskan ke orang awam bin alay emoticon-Big Grin
profile-picture
fhaizfa25 memberi reputasi
Quote:


Wkwkwk maklum gan..ane nggak paham soal kamera emoticon-Ngakak
Quote:


Sama2

Quote:


Setidaknya kita beritahukan ilmu yang kita tahu..

Quote:


Gpp kak kan sekarang jadi paham... 🙏🙏🙏
profile-picture
UriNami memberi reputasi
Quote:


Iya sih bener banget... gara-gara baca ni trit ane jadi sedikit paham lah...soal kamera kek.gitu emoticon-Malu
Quote:


Iya mkasih ya 🙏🙏🙏
Lah bisa gitu ya ternyata
Mantap gan nice info ni Ane baru tau kirain relate bgt
Tapi Samsung masih mending buat foto. Gua dulu pernah punya hp china (bukan xiaomi) yang embel-embelnya mengedepankan megapixel kamera HP. 8 MP nya hp china yang gua punya dulu lebih burik dibandingkan 8 MP nya Samsung wkwkwk. Megapixel sama belum tentu hasilnya sama-sama bagus.
trik marketing hp yg ngejual sisi kameranya. makasih om capunk
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di