KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Women’s Health /
Pengecekan Payudara secara Teratur merupakan hal yang Terpenting
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de09bc128c99110813f3092/pengecekan-payudara-secara-teratur-merupakan-hal-yang-terpenting

Pengecekan Payudara secara Teratur merupakan hal yang Terpenting

Tindakan yang senantiasa didengungkan terkait kanker, termasuk kanker payudara, adalah pentingnya pencegahan dini. Sebab, deteksi dini pada stadium awal akan memberikan pasien pilihan-pilihan terapi yang lebih banyak, dibanding bila pasien datang dalam keadaan stadium lanjut. Hingga kini tidak ada satupun hal khusus yang dapat menjadi penyebab terjadinya kanker payudara, walau beberapa faktor resiko telah diketengahkan oleh para ahli seperti riwayat kanker payudara di keluarga, belum pernah hamil, menstruasi awal, menopause terlambat, obesitas, pemakaian kontrasepsi hormonal, makanan berlemak dan lainnya.

Pengecekan Payudara secara Teratur merupakan hal yang Terpenting

Kanker adalah suatu hasil dari rangkaian peristiwa yang kompleks di dalam sel yang mengakibatkan adanya mutasi atau pembelahan sel yang tidak terkendali. Peristiwa ini dapat terjadi dalam setiap waktu dan hingga kini belum ditemukan cara untuk mencegahnya. Kanker payudara juga mengalami serangkaian proses ini, hingga tidak ada faktor tunggal yang dapat didaulat sebagai penyebab utama.

Sebagai suatu hal yang tidak dapat diprediksi dan dicegah secara total, maka yang dapat dilakukan adalah mengurangi atau meniadakan faktor resiko yang memungkinkan untuk dilakukan. Misalnya, mereka yang memiliki faktor risiko kanker payudara di keluarga tidak disarankan untuk memilih kontrasepsi hormonal, makan makanan 4 sehat 5 sempurna, memastikan indeks masa tubuh kurang dari 25, melakukan olahraga teratur 5 kali dalam seminggu selama setengah hingga sejam, tidur cukup dan berkualitas, menghindari polusi serta selalu berpikir positif. Hingga kini tidak ada pantangan makanan jenis tertentu yang disarankan para ahli, walau beberapa laporan terdahulu menyarankan untuk mengurangi konsumsi daging merah.

Di antara berbagai saran para ahli, pengecekan payudara secara teratur merupakan hal yang terpenting. Tindakan ini tentu saja tidak dapat mencegah kanker payudara, namun dapat mendeteksinya pada stadium awal. Metode SADARI perlu dilakukan secara rutin. Sederhana, mudah, dan bisa diterapkan mana saja. Dilakukan sekitar 7 hingga 10 hari setelah hari pertama haid atau pada tanggal yang sama setiap bulan pada wanita yang telah menopause.

Dengan cara Sadari, para perempuan bisa mengenali adanya perubahan atau tidak dengan payudaranya. Meski perubahan bentuk tidak selalu mengarah pada kanker, sehingga diagnosa lebih lanjut sangat diperlukan. Kalau ditemui ada benjolan, bisa saja tumor jinak yang tidak bersifat kanker. Terdapat beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan dokter untuk menunjang diagnosa klinis antara lain adalah pemeriksaan fisik oleh dokter dan pemeriksaan penunjang seperti: mammografi, magnetic resonance imaging (MRI), dan USG. Jika terdapat kecurigaan akan adanya kanker, maka dokter mungkin akan menyarankan pemeriksaan biopsi, yang bisa dilakukan secara terbuka atau dengan menggunakan jarum besar (core biopsy/VABB) dengan tuntunan USG. Dengan biopsi ini, maka kepastian kanker payudara dapat diperoleh secara analisa dengan mikroskop beserta tipe dari kankernya yang nantinya dapat dipakai untuk kepentingan jenis terapi selanjutnya serta prediksi angka harapan hidup.

Pengecekan Payudara secara Teratur merupakan hal yang Terpenting

Operasi hingga kini merupakan terapi terpilih untuk kanker payudara yang memungkinkan untuk diangkat sesuai dengan syarat onkologi. Kini, bahkan setelah payudara dioperasi dan diangkat seluruhnya, maka payudara dapat direkonstruksi ulang seperti menyerupai payudara sebelum dioperasi. Pada beberapa pasien, operasi kanker payudara tidak perlu dilakukan pengangkatan seluruh jaringan payudara. Pada operasi yang dinamakan breast conserving surgery ini dilakukan dengan beberapa persyaratan khusus, misalnya ada tidaknya fasilitas potong beku yang menilai bebas tidaknya daerah operasi dari kanker serta perlunya sarana radiasi sebagai terapi tambahan. Kemoterapi dan atau radiasi menjadi serangkaian terapi yang umumnya diikutkan setelah pasien menjalani operasi.

Pada stadium lokal lanjut, kemoterapi acapkali diberikan sebelum operasi, dengan tujuan untuk mengecilkan ukuran tumor dan mencegah penyebaran sel kanker ke seluruh tubuh. Terapi hormonal diberikan bila pasien memiliki tipe kanker tertentu yang dianggap akan berespon baik dengan obat ini. Immunoterapi saat ini masih dalam perkembangan, mengingat harga yang sangat mahal dan manfaat klinisnya masih dalam penelitian. Terapi kanker payudara seperti kankerkanker lainnya bersifat sangat individual. Tidak ada pakem absolut yang sama untuk seluruh pasien, karena tiap pasien memiliki karakteristik penyakit dan tubuh sendiri. Yang berespon baik untuk satu pasien, belum tentu berespon baik di pasien yang lain dan hal ini yang selama proses follow up akan dievaluasi oleh dokter.

Pengecekan Payudara secara Teratur merupakan hal yang Terpenting


Spoiler for Referensi:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
allparel dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Makasiii threadnyaaa.. Tapi anee takut ngeceknyaaa emoticon-Frown
profile-picture
citiciti memberi reputasi
sebenernya perlu sih, cuma was was ajaaa emoticon-Big Grin
Penting banget nih, mungkin sepele tapi dari sadari rutin itu bisa tau kalo seumpama ada perubahan yg gak wajar sama payudara. karena tiap bulan ngecek pasti tau kondisi payudara masing masing. kalo gak dari diri sendiri yg perhatian sama kesehatan diri, terus siapa lagi emoticon-Jempol
ini nih, salah satu yg ane suka
wkwkwkw
kalo disuruh ngecek2 payudara benjol apa kagak. paling demenn
emoticon-Betty emoticon-Betty
bener bangeetttt....... ane punya temen yang atlet beladiri yang notabene rajin olahraga dan ngga pernah makan macem macem tapi kemaren tumbuh tumor jinak di payudaranya.... kita semua harus berhati hati dan waspada terhadap kesehatan kita....
ngeri gan
ASLI INI PENTING BANGET SIH
temen ane udah ada dua orang yang operasi gara gara ada tumor jinak gituuuu
huhuhuu ane jadi parnoannn
tapi ada baiknya juga sih parnoan. jadinya lebih aware
Quote:


Yang ngecek adalah nyang punyaaaa gann
Kalo agan kagak punya kagak usah cek cekan wkwkwk
Quote:


Huhuhuuu jangan takuttt gannnn
Mending beraniin diri buat cek. Kalo ga ada alhamdulillah. Kalo ada langsung ke dokterrrr
Soalnya bahaya kalo udah terlalu besar tumornya
bener bener thread yang sangat amat bermanfaat sih iniii
banyak yang belum sadar kalo kanker payudara ini bisa nyerang semua wanita
kalo ga aware sedari dini bisa berabeee
bener banget neh tapi jujur ane sendiri mau ngecek doang aja takut wkwkw
Quote:


ngecek punya sendiri gan jangan punya orang laen wkwk laki2 juga bisa kena kanker payudara lho meskipun kasusnya jarang
Quote:


iyaaa apalagi bisa nurun ke anak. persentase kemungkinannya juga mayan tinggi..
berguna banget nih tritnya....
membantu bagi para wanita buat memastikan kesehatan payudara mereka
thanks gan, tritnya bermanfaat banget emoticon-2 Jempol
Wah wah bener juga nih, harus sering rutin dicek karena kanker payudara termasuk penyakit yg paling banyak diderita perempuan kini
Semoga sista semua dijauhkan dari segala penyakit
emoticon-Kiss
Quote:


Paling semangat ya ganemoticon-Ngakak
Ini thread bener banget gan makasih buat informasinya
Soalnya ane dulu pernah kena juga. Dan yg bisa ngecek itu ya cuma diri sendiri. Jadi be aware to ourself sih buat cewe cewe
Maap jd curcol tp beneran hehehe
kalok ane mah seneng ngecek payudara cewek..

ada yg mau ane check?
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di