KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Tips Kenalkan Susu Sapi Murni pada Anak dalam Transisi ASI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ddf52675cf6c42c152be04c/tips-kenalkan-susu-sapi-murni-pada-anak-dalam-transisi-asi

Tips Kenalkan Susu Sapi Murni pada Anak dalam Transisi ASI

Tips Kenalkan Susu Sapi Murni pada Anak dalam Transisi ASI

Ilustrasi. (Pexels)





Air susu ibu (ASI) merupakan salah satu sumber nutrisi utama yang sangat penting bagi bayi. Pasalnya, kandungan pada ASI seperti protein, karbohidrat, kalsium, serta zat besi mampu bermanfaat dalam proses tumbuh kembang bayi dan melindungi bayi dari berbagai infeksi penyakit.

American Academy of Pediatrics (AAP) sendiri sangat merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama hingga setidaknya 12 bulan. Hanya saja, tak selamanya si kecil bisa terus diberi ASI karena ada saatnya bayi tumbuh dan memerlukan nutrisi lain, seperti pada susu sapi.

Sebagian ibu merasa takut dan khawatir saat masa transisi pemberian susu sapi dari ASI. Merujuk CNNIndonesia.com dari Asia One, berikut sejumlah tips yang dapat dilakukan ibu untuk mengenalkan susu sapi pada sang buah hati agar tidak ‘kaget’.

1.      Tunggu hingga anak berusia 1 tahun

Susu murni pada umumnya menyimpan nutrisi yang lebih berat dan agak sulit dicerna oleh anak di bawah usia 1 tahun. Hal ini diakibatkan oleh sistem pencernaan mereka yang belum sempurna. Tubuh si kecil akan kesulitan berjuang mencerna susu murni.

Tak hanya itu, bahan-bahan tambahan lainnya yang terdapat dalam susu murni juga sebaiknya dicerna oleh anak saat mereka menginjak usia 1 tahun. Ketidaksesuaian nutrisi hanya akan mendatangkan masalah kesehatan.

2.      Tentukan jenis susu

Sebelum memilih jenis susu yang hendak diberikan pada anak, lakukanlah konsultasi dengan dokter anak yang Anda percayai agar mendapatkan rekomendasi yang aman. Ketahui pula apakah si kecil memiliki intoleransi laktosa atau tidak. Jika ya, maka susu kedelai dapat menjadi pilihan tepat.

Atau jika sang anak mempunyai berat atau tinggi badan di atas rata-rata masa perkembangan usianya, susu rendah lemak dapat menjadi pilihan tepat untuk mereka.

3.      Sertai dengan cairan lain

Sejatinya, susu murni memiliki rasa yang kurang manis bila dibandingkan dengan ASI atau susu formula. Butuh waktu bagi si kecil untuk menjadi terbiasa dengan rasa yang ditawarkan susu murni.

Bila Anda khawatir sang anak tak akan menyukai susu murni dari cicipan pertamanya, terlebih dulu cobalah campurkan susu murni dengan sereal atau bubur. Dengan cara ini, kemungkinan besar si kecil tak akan menyadarinya.

4.      Berikan sedikit demi sedikit

Memulai secara perlahan bisa menjadi langkah tepat untuk mengenalkan susu sapi murni kepada anak. Anda dapat menyengajainya dengan memberi susu murni dalam takaran 1 atau 2 sendok makan.

Jika si kecil tampak tidak keberatan, dari sinilah Anda tahu bahwa ia telah siap untuk mencerna susu murni dalam jumlah lebih banyak.

5.      Campur dengan ASI

Sebagian anak bisa dengan cepat menerima konsumsi susu murni, sebagian yang lain tidak. Anda dapat mulai dengan mencampurkan susu murni dengan ASI yang biasa diminumnya.

Untuk memulainya, Anda bisa memberikan rasio yang lebih kecil. Misalnya dari rasio susu murni yang lebih sedikit dengan ASI yang lebih banyak. Seiring berjalannya waktu, tukar rasio agar takaran susu murni lebih banyak dari ASI.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
afifa26 dan 3 lainnya memberi reputasi
waaahhhhh mantappp nihhh
tapi mungkin agak sulidhh yeshh buat anak yang alergi susu sapi
kayak ponakan aneeeee
WADIDAWWWW pertamax bangettt nihhhhh ahahahahahaha
bermanfaat banget nih
wah nice trit ini sih...
lumayan ane jadi nambah ilmu dan wawasan nih berkat baca trit-trit macem ini...
ane bisa mulai belajar dulu nih... kelak kalau punya anak, bisa ane terapkan emoticon-2 Jempol
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
ane dr lahir ceprot udah minum susu sapi
Anak sapi dong ane
emoticon-Bingung emoticon-Bingung
pertama-pertama bisa dicampurkan ke bahan lainnya ya biar nggak kaget
Quote:


alergi susu sapi berarti dikenalinnya ke susu kedelai dong gan.. tapi ane gatau tuh kalo alergi susu sapi bakal alergi susu kambing juga apa enggak ya wkwkw
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
boleh jugaaa yaa nyoba pake susu murni nih. makasi infonya gann
makasih gaan infonyaa, bermanfaat banget nih buat anee
bakal ane praktekin nih tips nyaa kalo ane udah punya anak wkwkw
Quote:


Betul gan praktekinnya pas nanti punya anak, jangan anak orang yg jadi percobaan wkwkwk. Threadnya bagus btw
tipsss dan trik nihhh buat ibu2 yg pny anaknya buat lepas dr asi yaaa...
saya suka susu
Quote:


Asiyap gaes emoticon-terimakasih
Kalau boleh tahu susu sapi murni dibanding susu formula itu lebih bagus mana sih gan? Kebetulan anak ane sekarang usia 16 bulan, masih ASI juga sih tapi kadang dikasih sufor kalau pas ane kerja.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di