KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Outdoor Adventure & Nature Clubs /
Benda-Benda Murah Ini Mampu Menyelamatkan Hidup Anda Saat Tersesat Digunung.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ddf339c0577a950b57b795c/benda-benda--murah-ini-mampu-menyelamatkan-hidup-anda-saat-tersesat-digunung

Benda-Benda Murah Ini Mampu Menyelamatkan Hidup Anda Saat Tersesat Digunung.

     
Benda-Benda Murah Ini Mampu Menyelamatkan Hidup Anda Saat Tersesat Digunung.

Selama ini kita sering berpikir bahwa peralatan dalam pendakian gunung memang terkesan mahal-mahal harganya, tapi jangan salah beberapa alat mendaki ini mungkin harganya dibawah sepuluh ribu. Tapi alat ini dapat sangat membantu, atau ungkin dapat menyelamatkan hidup anda ketika tersesat di gunung. Berikut beberapa alat tersebut:

Peluit.
Benda-Benda Murah Ini Mampu Menyelamatkan Hidup Anda Saat Tersesat Digunung.
Dalam melakukan kegiatan pendakian membawa peluit termasuk wajib, karena barang simpel untuk dibawa dan juga bisa dijadikan acesoris. Kenapa harus peluit ? karena peluit dapat digunakan sebagai sinyal saat keadaan darurat dan suara peluit lebih mudah terdengar dari pada suara teriakan dan kita dapat mengunakanya sekalipun dalam kadaan lemas atau cidera.

Korek Api
Benda-Benda Murah Ini Mampu Menyelamatkan Hidup Anda Saat Tersesat Digunung.
 Mungkin benda yang satu ini jarang ketingalan bagi anda yang ahli hisap hehe, korek api sangat penting untuk pendakian. Selain digunakan untuk membuat api saat memasak dan keperluan lainya. Korek api bisa digunakan untuk membuat pangilan atau sinyal ketika tersesat atau mengalami kecelakaan dengan cara membakar rumbutan yang mana akan membuat kepulan asap. Maka akan memudahkan tim penolong mengetahui keberadaan kita.

Cermin
Benda-Benda Murah Ini Mampu Menyelamatkan Hidup Anda Saat Tersesat Digunung.
Nah .. ada kemiripan sama korek api nih, tapi kalau yang ini pastinya kaum hawa yang ngak bisa jauh jauh dari benda ini hehehe. Cermin penting juga dibawa saat melakukan pendakian, tidak perlu yang besar-besar, yang penting nyaman saja saat kita membawanya. Dengan cermin kita dapat membuat sinyal dengan cara memantulkan sinar matahari sehingga rim penolong tahu keberadaan kita. Tapi keamahan sinyal ini adalah hanya dapat dilakukan pada siang hari.

Tali Rafia
Benda-Benda Murah Ini Mampu Menyelamatkan Hidup Anda Saat Tersesat Digunung.
Benda satu ini merupakan tali yang multi fungsi khususnya di Indonesia, bisa digunakan untuk apa saja dan merakyat hehe. Kegunaan tali rafia saat pendakian dapat berfungsi sebagai penanda jalan jika kita merasa tersesat dengan cara mengikatkan pada dahan, rerumputan atau apapun. Sehingga kita bisa kembali jika benar-benar tersesat dengan memperhatikan tanda dengan tali rafia yang kita buat. Atau tim penolong dapat mengetahui jalur mana yang kita lewati sehingga mempermudah pencarian. Usahakan pemilihan warna tali rafia yang berwarna cerah supaya mudah terlihat.

Kelintingan
Benda-Benda Murah Ini Mampu Menyelamatkan Hidup Anda Saat Tersesat Digunung.
Saat awal saya ikut-ikutan melakukan pendakian saya juga heran dengan beberapa teman yang mengunakan kelintingan pada tasnya. Setelah saya tanya, ternyata bukan hanya sekedar acesoris. Guna kelinting selain buat gaya-gayaan hehe, juga berfungsi sebagai penanda keberadaan teman kita dalam kelompok serta jika ada teman yang terpeosok atau jatuh maka kita dapat mengetahuinya dari suara kelinting tersebut.

Jadi , peralatan pendakian bukan hanya melulu tentang harga selangitnya, barang barang murah meriah pun harus ikut serta. Saya jadi teringat pertama kali melakukan pendakian dengan Suhu Kang Surya, dan saya dikasih list barang yang harus dibawa dan ditulis ternyata penuh kertas A4 duhh....duhh. mana ada jarum, peniti, benang. Ini mau mendaki apa kursus jahit hehe.

Ternyata semua barang perlu kita persiapkan sampai sedetail mungkin, untuk mengantisipasi segala kemungkinan di Gunung. Jadi kami juga agak miris juga dengan pendaki yang hanya modal nekat, demi like, dan bikin video “ Halo gaees, kita di gunung nih gaess”.

Silahkan Agan Agan Jika Mau Ada Yang Menambahkan hehe
Salam Lestari
Jangan Nyampah Digunung




Sumber => Di Sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asepdeni343 dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh paimin07
Halaman 1 dari 5
pecinta alam adalah orang yang ga pernah naik gunung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
setyawan1101 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Brati kalo mau mendaki, perlu juga ya bawa beberapa benda2 itu, cukup dikantongin aja disaku.
Lihat 1 balasan
Quote:


Kenapa begitu gan, boleh dijelaskan..?
sangat bermanfaat gan😁
Lihat 1 balasan
telpon satelit
Lihat 1 balasan
profile-picture
profile-picture
jinpari22 dan westciss memberi reputasi
Blm pernah naik gunung.. Huhuu 😭
Lihat 1 balasan
kalo survival kit , gw rinci dalam 7 kategori.

air , api , shelter , navigasi , sinyal , p3k , tool.

barang survival gw harus mencakup 7 katgori ini.
gw masukin dalam tas selempang.
kalo nanjak , ni tas selempang ga pernah lepas.dari tubuh gw.
saat tidur dalem tenda pun gw pake.

tali rafia merah termasuk kelompok tool sekaligus sinyal.
sempritan masuk kelompok sinyal.
cermin , gw pake potongan cd disk bekas yg gw potong kecil. ringan dan murah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yueda dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh BMAGLY
Lihat 1 balasan
nambahin ide murah meriah gan.

kertas pembungkus snack/minuman/makanan sachet ,
kan dalemnya mengkilap seperti lembaran aluminium foil tuh....

nah itu juga bisa dipake sebagai pengganti cermin yg murah , ringan , dan anti pecah.
profile-picture
monkeydragonrf memberi reputasi
Diubah oleh BMAGLY
Lihat 1 balasan
(add) pisau silet bisa digunakan sbg penganti kompas emoticon-Big Grin
Lihat 2 balasan
Tekat ane 2020 NANJAK gunung gede...
Sekarang gym persiapan stamina...
profile-picture
danz.kazuya memberi reputasi
Diubah oleh bozz7
Lihat 3 balasan
Quote:


Mau ngapain gan emoticon-Ngakak
profile-picture
asboen21 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post terongnaga
Quote:


Emang kenapa Gan ? kok nak boleh
Balasan post feliia
Quote:


iya betul, paling nyaman dimasukan tas kecil emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
feliia dan perx456 memberi reputasi
Balasan post sofiyuen
Quote:


Makasih Gan emoticon-Shakehand2
profile-picture
sofiyuen memberi reputasi
Balasan post cahmlg123456
Quote:


iya betul sih, tapi bukan termasuk benda yang murah hehe
Balasan post kwhaleyf
Quote:


di coba aja naik gunung, dan rasakan sensasinya emoticon-Big Grin
Balasan post BMAGLY
Quote:


Wuih mantap gan, makasih ilmunya emoticon-Shakehand2
Balasan post BMAGLY
Quote:


siiip gan, emoticon-Shakehand2
profile-picture
veritium memberi reputasi
Balasan post Broser
Quote:


betul gan, dan siletnya bisa dipergunakan untuk keperluan lain
profile-picture
13460 memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di