CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Mobil Mesin Diesel Vs Mobil Bensin, Apa Pilihanmu?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ddf2b1afacb953334318a8e/mobil-mesin-diesel-vs-mobil-bensin-apa-pilihanmu

Mobil Mesin Diesel Vs Mobil Bensin, Apa Pilihanmu?

Momen membeli mobil bekas seringkali dihadapkan dengan berbagai pertimbangan. Salah satu pertimbangan yang cukup membingungkan adalah memilih mobil mesin diesel atau mobil mesin bensin. Keduanya sama sama memiliki keunggulan yang baik dan tidak merugikan. 

Namun hingga saat ini, mobil mesin diesel vs bensin mana yang lebih baik dan mana yang lebih buruk masih sebatas selera dari masing-masing konsumen.

Mobil Mesin Diesel Vs Mobil Bensin, Apa Pilihanmu?

Situs resmi Toyota mengatakan bahwa ketika kamu lebih memilih mobil yang tidak terlalu memperhatikan aspek seperti kenyamanan, penampilan atau tren, maka mobil mesin diesel adalah pilihan yang tepat, apalagi jika digunakan untuk menjadi kendaraan operasional usaha. Tetapi sebaliknya, jika Sahabat ingin mendapatkan mobil dengan kenyamanan, bergaya, akselerasi yang responsif pilihannya sudah tentu mobil dengan bahan bakar bensin. Walaupun begitu, keduanya tentu juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ulasan kekurangan dan kelebihan mobil mesin diesel dan bensin menurut Garasi.id. Sahabat juga bisa membaca Membeli Mobil Bekas Toyota Rush, Coba Lakukan Ini.

Jika kamu lebih memilih mobil mesin diesel, kamu dapat berpergian lebih jauh ketimbang mobil bermesin bensin. Konsumsi bahan bakar yang sedikit dan tentunya efisien membuat mobil mesin diesel paling irit. Mobil diesel ditakdirkan untuk menjadi ‘jantung pacu’ mobil untuk mengangkut beban yang berat karena torsi bawahnya yang besar. Seperti pada truk, mobil offroad, bus hampir seluruh kendaraan tersebut merupakan mobil bermesin diesel sebagai penggeraknya. 

Kelebihan lainnya yaitu tidak banyak komponen elektrikal di dalam ruang mobil mesin diesel sehingga ketika melibas banjir atau berkendara di bawah siraman hujan lebat bukan kendala yang berarti. Mobil mesin diesel juga bisa dikatakan memiliki umur yang lebih panjang ketimbang dengan mobil bensin jika perawatan mobil mesin diesel dilakukan dengan baik dan benar. 

Mobil Mesin Diesel Vs Mobil Bensin, Apa Pilihanmu?

Dibalik semua kelebihan itu, terdapat juga kekurangan-kekurangan pada mobil mesin diesel. Kelemahan utama dari mobil mesin diesel adalah suara mesin yang lebih berisik ketimbang mesin bensin. Sumber bunyi tersebut diakibatkan oleh sistem kerja mobil mesin diesel yang memiliki kompresi lebih besar ketimbang mobil bensin. Untuk masalah akselerasi, mobil mesin diesel memiliki respon yang lebih lambat dibandingkan mesin bensin. Namun mobil-mobil sekarang sudah mengaplikasikan turbo untuk mengatasi respon yang lambat tersebut. 

Kebanyakan konsumen yang memiliki mobil mesin diesel selalu mengeluh mengenai pajak. Pajak dari mobil mesin diesel lebih tinggi daripada mobil bensin. Itu dikarenakan hampir seluruh mobil mesin diesel memiliki kapasitas mesin yang lebih besar dengan rata-rata 2.000 cc ke atas. Mobil mesin diesel sendiri memiliki tingkat emisi yang tinggi ketimbang mesin bensin walaupun mobil mesin diesel sekarang sudah memiliki tingkat emisi yang jauh lebih aman ketimbang dahulu.

Kelebihan ketika kamu memilih mobil dengan mesin bensin adalah kamu akan mendapatkan mobil dengan kenyamanan tinggi dengan penampilan terkini. Selain pilihan mobil yang jauh lebih beragam ketimbang mobil mesin diesel, mobil bermesin bensin memiliki tingkat polusi yang rendah. Suara mesin yang halus saat dihidupkan, mudah untuk memahami jalur komponen mesin jika ada kerusakan dan akselerasi yang responsif akan Sahabat dapatkan ketika memilih mobil bermesin bensin. 

Kelemahannya, mobil yang menggunakan bensin memiliki torsi maksimal pada putaran mesin yang tinggi, bisa dikatakan torsi bawahnya tidak responsif. Mobil-mobil ini lebih rentan terhadap air atau banjir karena banyak komponen kelistrikan, busi, dan ECU. Semua mobil berbahan bakar bensin diwajibkan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi sesuai regulasi dari pabrikan. Jika tidak akan mengalami gejala knocking yang berdampak menurunnya performa mesin.

Tapi jangan khawatir, baik mobil mesin diesel atau mobil bensin yang ada sekarang sudah memiliki standar yang mumpuni dan memiliki desain yang oke loh ! Seperti mobil-mobil berbahan bakar diesel; Toyota Fortuner VRZ, Toyota Kijang Innova Reborn G, Mitsubishi Pajero Dakar dan Honda CR-V, Nissan Serena HWS, Chevrolet Trax LTZ Turbo dengan mesin berbahan bakar bensin. Baik mobil mesin diesel maupun bensin tersedia di Garasi.id, apalagi dengan adanya mobil pilihan, Sahabat dijamin semakin tidak bingung untuk memilih mobil impian kamu.

Nah bila Sahabat sudah memiliki atau baru akan membeli mobil mesin diesel, Sahabat juga harus tau cara merawat mobil mesin diesel. Apalagi bila Sahabat akan pergi berlibur menggunakan mobil mesin diesel, ada beberapa hal yang wajib untuk diperhatikan seputar kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh bersama keluarga. 

Cara merawat mobil mesin diesel

Pada dasarnya mobil mesin diesel memang lebih sederhana perawatannya ketimbang bensin. Tapi, ketika mau menggunakanya untuk perjalanan jauh tetap saja ada hal yang harus diperhatikan. 

"Khusus mesin diesel sebelum jalan jauh perlu melakukan pengecekan filter udara dan saringan bahan bakar, bila sudah kotor langsung ganti dengan yang baru," ujar Logistic and Production General Manager PT Kia Mobil Indonesia Arifani Perbowo.

Mobil Mesin Diesel Vs Mobil Bensin, Apa Pilihanmu?

Salah satu cara mengenali mobil diesel bermasalah, kata Arifani, bisa dirasakan melalui kesan tarikan gas yang berat serta asap gas buang yang terlampau tebal. Kalau sudah begini, segera pergi ke bengkel dan lakukan pengecekan. Selain akibat saringan udara dan bensin yang kotor, gejala ini juga bisa terjadi karena injektor tidak bersih.

"Untuk mesin diesel modern yang sudah banyak digunakan model-model baru, biasanya sudah dilengkapi dengan turbo. Untuk menjaga tarikan kendaraan tetap prima, biasakan setiap servis berkala, minta mekanik untuk memeriksa kondisi injektor, apalagi untuk mobil dengan jarak tempuh lebih dari 40.000 km. Kalau kotor minta bersihkan dengan injector cleaner saja," ucap pria yang akrab disapa Ape ini.

SPBU 

Faktor lain yang paling berpengaruh dalam perjalanan mengendarai mobil bahan bakar diesel adalah mencari lokasi SPBU yang tepat di jalan. Maklum, pemerataan kualitas bahan bakar diesel belum terlaksana dengan baik di Indonesia. Nah, guna mengurangi risiko mengonsumsi solar buruk, ada cara mudah untuk melakukannya. "Mungkin sedikit susah mencarinya, tapi usahakan mencari pom bensin yang ramai saat melintasi kota besar, dan supaya mobil tetap prima saat akan melakukan perjalanan balik ke Jakarta cek lagi kondisinya," ucap Ape.

Mobil Mesin Diesel Vs Mobil Bensin, Apa Pilihanmu?

Nah buat Sahabat yang tertarik dengan mobil diesel untuk berlibur bersama keluarga, Sahabat bisa membelinya di situs jual beli mobil bekas online yang terpercaya yaitu Garasi.id.

Membeli mobil secara online akan banyak menguntungkan buat Sahabat, selain menghemat waktu. Membeli mobil di Garasi.id Sahabat tidak perlu cemas dengan kondisinya, karena di Garasi.id Sahabat pasti akan mendapatkan mobil dengan kualitas yang baik. Sahabat juga bisa mengetahui latar belakang dari kondisi mobil yang akan Sahabat beli, karena Garasi.id bekerjasama dengan bengkel ternama seperti Nawilis,GBT Laras Imbang, Automaster, dan AUTO 2000 memberikan layanan inspkesi hingga 170 titik pengecekan yang meliputi pemeriksaan mesin, interior, dan eksterior.

Tidak sampai disitu, usai membeli mobil mesin diesel Sahabat juga bisa melakukan perawatan rutin mobil kesayangan dengan Jasa dan Servis dari Garasi.id. Dengan Jasa dan Servis Garasi.id kamu bisa melakukan perawatan mobil mulai dari Perawatan BanServis RemGanti OliEksterior MobilInterior MobilCoating DetailingServis MobilService Berkala, dan Paket Garasi.id

Untuk info lebih jelas, Sahabat bisa cek Inspeksi Mobil serta Jasa dan Servis atau Sahabat bisa hubungi ke +62 8170250888 dan clara@garasi.id atau telpon ke 021-2922-3600 (jam kantor).



Sumber : Garasi.id
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
Harian bensin (pribadi), luar kota diesel (rental)
Diubah oleh furqonxp
Lihat 1 balasan
Nice inpo gan..emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
rheirhei dan CoupleMaster memberi reputasi
Lihat 1 balasan
info yang menarik nih
ane jadi tau plus minusnya mesin berdisel sama berbensin
Lihat 1 balasan
bensin sih gan kalo ane
karena mesin tuh jadi alus banget tarikannya dan gak ngebul banget di knalpot
kalo diesel tuh ngebul gan jd gaenak aja gt
Lihat 1 balasan
wahhhh
kalo ane sihhh milih diesel gan
irit xixixixixixi
Lihat 1 balasan
Quote:


Ya juga sih gan
Semua tergantung selera kannnnnn
Lihat 1 balasan
Balasan post furqonxp
Quote:


Siap gan emoticon-2 Jempol
Balasan post a6oesdj4rsy
Quote:


Moga infonya bermanfaat ya buat agan emoticon-Shakehand2
Balasan post Shyesun.pucha
Quote:


Moga infonya bermanfaat ya buat agan emoticon-Shakehand2
Balasan post arwanagoreng
Quote:


Siap gan emoticon-Jempol
Balasan post albafica02
Quote:


Bener nih gan semuanya balik lagi ke selera masing-masing emoticon-Big Grin
Balasan post albafica02
Quote:


Mantab deh gan emoticon-thumbsup
ohh gitu toh,intinya mesin diesel gak ngambekan
Lihat 1 balasan
Balasan post tahubulatgury12
Quote:


Si agan bisa aja emoticon-Big Grin


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di