KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Sala Bulek (Lauk) Cemilan Khas Pariaman yang Bikin Ketagihan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ddcd8404601cf3da8701b74/sala-bulek-lauk-cemilan-khas-pariaman-yang-bikin-ketagihan

Sala Bulek (Lauk) Cemilan Khas Pariaman yang Bikin Ketagihan

Assalamualaikum wrwb

Ketemu lagi di Thread receh ane. Moga Gan dan Sista sehat semua. Buat yang lagi galau, gimana kalau kita ngopi sambil nyemil-nyemil manjah?emoticon-Recommended Seller

Nah, kali ini ane mau memperkenalkan makanan khas kampung ane, Pariaman yang terletak di salah satu kota di Provinsi Sumatera Barat. Di Pariaman yang terkenal akan pantainya itu biasanya cemilan sala bulek ini sering dijajakan. Sala ini sebenarnya ada banyak jenisnya di Pariaman. Ada Sala lampam (sala ikan yang mirip bakwan, biasanya diberi teri basah), sala lauk (lauk artinya ikan. Ikan yang digunakan biasanya ikan laut), sala udang dan sala kepiting. Intinya sala itu ikan yang dilumuri tepung beras dengan bumbu. Namun, kali ini ane hanya membahas sala bulek, aja.

Sala Bulek (Lauk) Cemilan Khas Pariaman yang Bikin Ketagihan

Ini adalah sala bulek atau sala lauk. Makanan khas Pariaman, Sumatera Barat yang terbuat dari tepung beras, campur ikan asin dan bahan rempah lainnya.

Cemilan yang sering bikin orang memakannya ketagihan ini, jarang ditemui di daerah lain. Di Jakarta aja, tetangga ane agak aneh liat sala bulek ni.

Sala Bulek (Lauk) Cemilan Khas Pariaman yang Bikin Ketagihan

Sala bulek ini lebih nikmat dimakan ketika masih hangat. Makan tiga atau lima butir pun tak kerasa. Maknyus pokoknya. Rasanya yang krenyes di luar dan lembut di dalam sering cocok dipadu padankan dengan lontong sayur atau katupek sambalado makanan khas Minang.

Sala Bulek (Lauk) Cemilan Khas Pariaman yang Bikin Ketagihan

Tidak semua orang Pariaman juga berhasil membuat sala bulek ini, terkadang ada yang jadinya bantet atau sala 'terbang' dari penggorengan.emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Ane pernah ngalemin dua hal tersebut.

Sala Bulek (Lauk) Cemilan Khas Pariaman yang Bikin Ketagihan

Jadi, butuh keahlian khusus juga ya untuk membuat sala bulek ini. Walaupun bahan yang digunakan cukup sederhana. Seperti tepung beras, kunyit, bawang putih, ikan asin (dihaluskan), daun kunyit (diiris tipis), garam, dan air. Cara membuat pun sebenarnya mudah. Campur tepung beras dan semua bahan, lalu masukkan air mendidih sambil adonan diaduk. Jadi, adonan harus masak. Setelah adonan rata. Diamkan sebentar, lalu bulatkan dan siap digoreng. Semakin lama adonan, semakin renyah rasa sala bulek.

Selamat mencoba, bagi yang penasaran ingin merasakan sensasi sala bulek ini.

Sekian Thread ane kali ini, insya Allah ketemu lagi pada Thread ane yang lainnya.

Sumber : Dokumen Pribadi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-I Love Kaskus



profile-picture
profile-picture
profile-picture
annaharry dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Yunie87
Halaman 1 dari 2
Duh, jadi pengen makan sala bulek🤔
Jadi kangen kampung halaman juga☹️
Enak keknya
Quote:


Baget
profile-picture
sitinur200 memberi reputasi
Quote:


Lapeeeer
baru dengar namanya
duh sepertinya enakkk deh, belum pernah nyoba aneee
enak ni kayaknya emoticon-Baby Boy 1
Quote:


Sama gan
Quote:

Yuk, eksekusi🤭

Quote:

Cemilan khas padang pariaman. Kalau orang Padang atau daerah lainnya nyebutnya sala lauk

Quote:

Yuk, datang ke Pariamanemoticon-Ngakak
Tapi biasanya orang yang jualan lontong padang ada juga kok yang jual ini.

Quote:
emoticon-Recommended Seller
Kayany enak banget ya ituuu buat dijadiin cemilan... gurih2 gimana gitu rasanya


Quote:


Sama gaan ane juga blm pernah nyoba tp pengen juga kayanya enak rasanyaa
Favorite banget iniii
Quote:


Iyaaa gan sama penasaran, malah jadi ngebayangin perkdel tau wkwk
tampilannya mirip kroket kentang ya... hihihi
ane jadi pengen nyobain tu cemilan... ada bahan ikannya juga... pasti enak banget emoticon-Angel
wow suka juga makan ini, salam urang piaman
wooow ini versi Indonesianya takoyaki tapi pake ikan asin
makasih gaan infonyaa, bermanfaat banget nih buat anee
wah jadi pengen nyoba nihh makanan tradisional kaya gini pasti enk bangett nihh buat kumpul kumpul smaa temenn
jajanan waktu sd awak ini mah, uni sist


wkwwwkwkw seumuran.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di