KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kasus Goo Hara, Kenali 6 Tanda Seseorang Ingin Bunuh Diri. Jangan Anggap Sepele!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ddb5764facb951c1b03f396/kasus-goo-hara-kenali--6-tanda-seseorang-ingin-bunuh-diri-jangan-anggap-sepele

Kasus Goo Hara, Kenali 6 Tanda Seseorang Ingin Bunuh Diri, Jangan Anggap Sepele!

Halo Agan Sista kesayangan. Selamat siang dan semoga selalu sehat ya. Jumpa lagi di thread receh ane setelah beberapa hari cuti.😅😅. Happy reading ya.


AganSis tentu sudah mendengar kabar meninggalnya artis Korsel terbaru, kan? Ya. Dia adalah Goo Hara, eks personil KARA di kawasan Cheongdam, Seoul, Minggu 24 November jam 18. 00 waktu setempat. Disinyalir, penyebab kematiannya sementara ini lagi-lagi adalah bunuh diri.

Kasus Goo Hara, Kenali 6 Tanda Seseorang Ingin Bunuh Diri. Jangan Anggap Sepele!
sumber:klik

Wah ... AganSis, sayang sekali ya. Padahal Mei 2019 lalu dia juga teridentifikasi melakukan upaya percobaan bunuh diri. Rupa-rupanya artis satu ini benar-benar sudah tidak tahan lagi dengan kehidupannya dan benar-benar mengakhiri hidupnya sendiri. Sedih, ya, Sista.😭

Kasus bunuh diri ini memang saat ini menjadi sorotan dunia. Tidak sedikit orang-orang yang mengambil jalan ini untuk 'mengatasi' permasalahannya. Mereka berpikir, dengan mati, segala masalah dan tekanan akan hilang dan mereka tak perlu memikirkan apa pun lagi. Padahal sejatinya, setiap agama melarang tindakan ini ya, AganSis. Tapi apa mau dikata, mereka yang mengambil jalan ini tetap saja bertambah dari tahun ke tahun.

AganSis sekalian, fenomena ini bukan hanya terjadi di kehidupan para artis. Sekeliling kita pun, mungkin banyak orang-orang yang berpikir hidup begitu berat. Apalagi ditambah persaingan di dunia digital ini semakin meningkat. Gaya hidup, kebutuhan, hingga media sosial yang berpeluang menyumbangkan andil terbesar.

Sudah saatnya kita memperbaiki pola pikir dan juga lebih membuka diri, serta lebih peduli pada orang-orang sekitar. Siapa tahu ada tetangga, saudara, teman atau kenalan kita yang benar-benar sedang terpuruk, dan membutuhkan teman bicara, semoga kita bisa membantunya. Walau mungkin hanya dengan bercerita, percayalah itu akan sangat membantu mereka.

AganSis, untuk meminimalisir kasus bunuh diri, kita bisa mendeteksi sendiri mereka yang mengalami gejala ini. Berikut ane sertakan tanda-tanda seseorang ingin bunuh diri.

1. Sering Bicara Soal Kematian

Kasus Goo Hara, Kenali 6 Tanda Seseorang Ingin Bunuh Diri. Jangan Anggap Sepele!

Di beberapa kasus, pelaku tidak segan-segan untuk membahas bunuh diri dengan orang lain. Mereka membicarakannya secara terbuka dan terang-terangan. Mereka juga melakukan penelitian kecil-kecilan tentang cara bunuh diri, bahkan ada yang sudah menyediakan alat seperti pisau, silet, gunting atau tali.

Jadi jika menemukan seseorang membahas bunuh diri dengan gamblangnya, tak apa-apa jika kita kepo sedikit ya, GanSis. Siapa tahu mereka sedang merencanakan untuk mengakhiri hidupnya sendiri.



2. Sudah Menyusun Rencana

Sebagian besar mereka juga sudah merencanakan jauh-jauh hari. Kita bisa mengidentifikasi dengan memperhatikan tindak tanduk atau gelagat mereka. Biasanya mereka mengupdate status-status galau di medsos, memberikan barang pribadi secara gratis, mengucapkan salam perpisahan, hingga menulis catatan bunuh diri sebelum mengakhiri hidup.

Segera waspada ya AganSis, jika menemukan tanda-tanda ini. Siapa tahu kepedulian kita menjadi penyemangat agar dia tak jadi melakukan niatnya.



3. Menjadi Tertutup

Kasus Goo Hara, Kenali 6 Tanda Seseorang Ingin Bunuh Diri. Jangan Anggap Sepele!

Pelaku merasa tidak bersemangat menjalani kegiatan sosial, lebih sering mengisolasi diri. Tidak menunjukkan ekspresi dan terkesan cuek dengan sekitar bisa jadi bisa jadi adalah tanda selanjutnya ya, AganSis. Apalagi kalau sebelumnya pelaku adalah pribadi yang ceria dan gemar bersosialisasi.



4. Suasana Hati Sering Berubah

Gejala berikut adalah rasa cemas yang berlebihan, depresi, sedih berkepanjangan, marah tanpa sebab, sensitif, murung atau agresif. Dan mereka justru merasa tenang setelah memutuskan untuk bunuh diri. Akibatnya mereka akan tidur lebih banyak atau lebih sedikit.

Hati-hati ya, AganSista. Jika menemukan seseorang yang kita kenal tiba-tiba bersikap tidak biasa, tidak ada salahnya kita tanya-tanya dan peduli pada apa yang mungkin kita anggap hal biasa, tapi luar biasa bagi mereka.



5. Sering Menunjukkan Rasa Putus Asa.

Kasus Goo Hara, Kenali 6 Tanda Seseorang Ingin Bunuh Diri. Jangan Anggap Sepele!

Saat-saat seperti ini, biasanya mereka selalu berpikir berlebihan. Merasa menjadi beban bagi orang lain, putus asa hingga tak tentu arah, merasakan sakit yang tak terbendung, hingga sampai ke tahap tidak mau melakukan apa pun karena merasa tidak ada gunanya.

Kondisi ini amat menghkwatirkan juga AganSis, ketika manusia merasa 'tak lagi berguna', di situ setan dengan mudah memasukkan rayuannya. Tapi bisa jadi dengan sepatah dua patah penyemangat dari kita, itu akan menjadi titik balik hidup mereka.



6. Mengkonsumsi Minuman Keras dan Obat-obatan

Kasus Goo Hara, Kenali 6 Tanda Seseorang Ingin Bunuh Diri. Jangan Anggap Sepele!
sumber: klik

Hal yang terakhir ini diklaim sebagai faktor penyebab meningkatnya kemungkinan bunuh diri. Mereka biasanya beralasan untuk menghilangkan rasa sakit, ada pula yang sengaja memakai untuk mengakhiri hidup. Kita sama-sama tahu bahwa pengaruh alkohol dan obat-obatan bisa mengakibatkan overdosis. Apalagi jika memang diniatkan untuk bunuh diri.



Biasanya, para pelaku melakukan aksi dikarenakan berbagai permasalahan hidup yang dialami. Mulai dari gangguan mental, ketergantungan obat, masalah keuangan, kesehatan, hubungan keluarga, trauma hingga yang terbaru adalah bully-an.

Kita apabila melihat orang dengan tanda-tanda di atas, jangan takut untuk bertanya. Belum tentu mereka akan marah dan memaki karena kita bertanya apa yang mereka alami. Siapa tahu mereka sedang membutuhkan seseorang untuk sekedar bercerita. Dan kepedulian serta dukungan kita membuat mereka merasa kembali berharga dan bersemangat kembali untuk melanjutkan hidup. Siapa tahu juga mereka akan menghunbungi kita bila ada terjadi hal-hal di luar keinginan mereka.


Demikianlah ulasan ane kali ini AganSis. Semua berpulang kembali pada diri kita masing-masing. Ambil yang manfaat buang yang mudharat. Terima kasih sudah singgah, AganSista. Salam emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus


sumber: di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
allparel dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sofiyuen
Halaman 1 dari 7
Quote:


iyaemoticon-Mewekemoticon-Mewek
Stress berat mgkn
profile-picture
sofiyuen memberi reputasi
Quote:


iya gan. kemarin juga ada satu lagi kan yang bunuh diri🤔🤔
Heran dengan apa yang melanda artis K Pop akhir-akhir ini, dari segi uang dan juga popularitas mereka sudah mendapatkannya, tapi kenapa mereka begitu rentan terkena strees dan juga depresi hingga akhirnya melakukan tindakan yang tidak terpuji.
profile-picture
sofiyuen memberi reputasi
Balasan post sagutumbuk
Quote:


hmmm, spertinya menarik emoticon-Embarrassment
profile-picture
sagutumbuk memberi reputasi
Quote:


emoticon-Sundulemoticon-Sundul
ane no 3,4,5 done!
profile-picture
sofiyuen memberi reputasi
Quote:


Sudoku itu permainan, yang bener sadako
profile-picture
sofiyuen memberi reputasi
Diubah oleh maverick4ever
Quote:


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

emoticon-Shakehand2
profile-picture
sofiyuen memberi reputasi
ane rasa klo sudoku malah nyusahin keluarga,
keluarga harus ngurusin n membayar pemakaman.

meskipun sudoku ke laut, dll biar mayat gk ditemukan.
malah nyusahin pihak basarnas n warga setempat buat cari mayatnya.

hidup memang merepotkan, tp sudoku malah merepotkan diri sendiri n orang lain.
profile-picture
profile-picture
sofiyuen dan maverick4ever memberi reputasi
Quote:


Gan, orang kl keadaan jiwanya tdk seimbang, cara mikirnya kan ga bisa disamakan dgn kondisi normal.

Saya bkn bicara bkn masalah salah-bener, harusnya begini-begitu. Dst.

Saya bicara keadaan jiwa yg terganggu.

Orang itu mcm2. Ada yg titik jenuhnya tinggi, ada yg rendah. Dst.

Sama analoginya ada orang sehat kuat bisa angkat beras 50kg, trs menurut dia semua orang hrs bisa ngangkat.

Pdhl ada yg sdh tua. Ada yg sakit2an. Ada anak kecil. Dst.
Quote:


Cendol balik deh emoticon-Ngakak
Quote:


Sorry gan, apapun alasannya tetap ngak bisa masuk ke ane, karna setiap ada masalah menurut ane pasti ada jalan, kuncinya sabar

Menurutku loh
profile-picture
profile-picture
maverick4ever dan sofiyuen memberi reputasi
Quote:


Setuju banget gan
profile-picture
profile-picture
maverick4ever dan sofiyuen memberi reputasi
Quote:


Iya sih denger denger disono juga banyak banget pembullyan.
profile-picture
sofiyuen memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Kesenangan setelah berada di puncak kesuksesan yg terkadang harus dibayar dgn kemanusiaan yg hilang dan sirna.
Balasan post binyomin
Quote:


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
sofiyuen memberi reputasi
Balasan post lonelyboy13
Tapi tekanannya di Indonesia dengan di Korea emang beda sih gan. Di sini semakin banyak sensasi malah semakin banyak penghasilan dan pendukungnya, kalau di Korea banyak netizen yg malah doain idolnya supaya mati kalau ada skandal
profile-picture
sofiyuen memberi reputasi
Quote:


Kelihatannya pede tapi gatau juga hati nuraninya dia kaya gimana. Contohnya chester bennington sebelum bunuh diri aja sempet foto sama keluarganya dan ekspresinya bahagia.
profile-picture
sofiyuen memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di