KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd76267e83c726e996d95ff/ustaz-somad-sepakat-catur-haram-ini-respons-menag

Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag

Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag

Jakarta - Ustaz Abdul Somad (UAS) menyepakati bahwa permainan catur hukumnya haram. Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi merespons hal ini.

"Itu nggak usah ditanggapilah yang gitu-gitu ya. Malu nanti kita, malu diketawain orang banyak," kata Fachrul di Kantor Kemenag, Jl Lapangan Banteng Barat, Jakarta Pusat, Jumat (22/11/2019).

"Orang semua bisa lihat referensi dari mana pun. Saya selalu bilang ya, sekarang nggak ada orang bisa mengklaim paling tahu, paling hebat," imbuh dia.

Menurut Fachrul, setiap orang memiliki referensi yang mungkin berbeda-beda. Dia pun mencontohkan seorang dokter spesialis yang dituntut oleh pasien karena memberi resep obat tak sesuai harapan pasien.

"Karena dokter spesialis pun bisa dituntut pasien yang tidak tahu apa-apa. Dia bisa mengatakan, 'Dok, Anda salah ngasih obat ke saya, obat yang Anda kasih dampak negatifnya sangat banyak'. 'Loh saya dokter spesialis'. 'Lha saya baca dari ratusan dokter spesialis lain'," katanya.

Diketahui, belakangan ramai lagi masalah ustaz Abdul Somad menyepakati bahwa permainan catur dan domino adalah haram. Dalam ceramahnya, UAS menyetujui bahwa catur adalah permainan yang mubazir waktu.

"Taz, boleh nggak mau main domino? Nah dalam mazhab Hanafi mengharamkan dadu dan catur, itu menghabiskan waktu," ungkap UAS dalam channel YouTube teman ngaji.

"Masa olahraga tapi bengong sampai tiga jam, aduh, mau persatuan catur nanti marah sama saya terserahlah," sambung Ustaz Somad.

https://m.detik.com/news/berita/d-47...-respons-menag

Youtubean haram lho, stad. Produk kafir emoticon-Christmas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LZS dan 39 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Halaman 1 dari 15
{thread_title}
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 25 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Balasan post epwan
Quote:


Absolutely haram emoticon-Marah

Dah turun harga belum? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
llalan26 dan 10 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag

Ini penistaan agama bukan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
irmanator dan 5 lainnya memberi reputasi
Catur dimulai di India dan dikembangkan di timur tengah, ane pernah baca bagaimana cerita syeikh Abdul Qadir Jaelani bermain catur.... apakah itu juga haram??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LZS dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
kalau gitu ngapain capek" bola satu direbutin 22 orang kurang kerjaan amat




mending zikir di masjid malah barokah





















emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LZS dan 49 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


sampe udah kebeli harley om ,
produk kapir juga emoticon-Ngacir

Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag
profile-picture
profile-picture
profile-picture
intersenal dan 47 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Balasan post cliquerzzz
Quote:


Mending pesan skrg juga

Senin harga naik

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 8 lainnya memberi reputasi
haram bagi kalian
halal bagi gue

ttd ustad ganteng ginong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LZS dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post Tjuk
Quote:


astajim ya akhi, kapir lagi yang salah emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 20 lainnya memberi reputasi
Quote:


Jadi inget pilem mandragade emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 8 lainnya memberi reputasi
ora urus si somat emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


kuot ini aja deh, drpd trit bahas so mad ntar mulustrasinya komuk dekil emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ngomong dulu baru mikir
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Quote:


nopol gak ada
spion gak ada
lampu depan gak idup

3 pasal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cloudible8 dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
dakwah ceramah juga haram tuh
menghabiskan waktu nyerocos hal gak guna melulu soalnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ustaik somad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adolfsbasthian dan 5 lainnya memberi reputasi
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag


emoticon-Sundul Up

profile-picture
profile-picture
profile-picture
LZS dan 36 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kadalgurun19
Itu kutipan Mazhab Hanafi, wajar orang Indonesia banyak ga setuju karena orang Indonesia kebanyakan penganut madzab Syafi'i
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizshad dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag

emoticon-Sundul Up

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jazed dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 15


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di