KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
7 Jajanan Anak Sekolah Berbahan Dasar Aci, Suka Yang Mana Gans?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd68d2c82d49528d82a979c/7-jajanan-anak-sekolah-berbahan-dasar-aci-suka-yang-mana-gans

7 Jajanan Anak Sekolah Berbahan Dasar Aci, Suka Yang Mana Gans?

Assalamualaikum Agan dan Sista, pecinta kuliner ....


Selamat datang di thread ane, siap-siap lapar ya, Gansist.


Ane mau mengulas makanan atau jajanan tradisional dan jadul dari daerah tempat tinggal ane. Pastinya Gansist tahu dong, ya, apa itu Aci. Aci adalah tepung yang berasal dari sari pati umbi singkong. Ada beberapa orang yang menyebutkan aci sebagai tepung tapioka atau tepung sagu. Di daerah Sunda sendiri sering disebut sebagai aci sampeu.


Aci ini banyak dipakai untuk membuat jajanan sehari-hari. Banyak makanan atau jajanan anak sekolah yang menggunakan tepung ini sebagai bahan pembuatannya. Citarasa khas yang cocok dipadukan dengan Aci adalah rasa gurih dan pedas. Oleh sebab itulah olahan dari Aci banyak dikombinasikan dengan bumbu lain sebagai pelengkap.


Berikut ini adalah 7 jenis jajanan berbahan dasar Aci yang sering kita jumpai.


1. Cireng ( Aci digoreng )
Cireng adalah makanan ringan atau cemilan berbahan dasar aci yang di goreng dalam penyajiannya. Bahan pembuatannya pun simpel, hanya tepung aci, sedikit terigu, daun bawang, sedikit bawang putih dan garam serta penyedap.

Menyantap cireng sangat cocok dengan sambal oncom, sambal kacang ataupun sambal rujak. Sekarang ini varian cireng bermacam-macam, dengan diisi beranekaragam olahan membuat cireng lebih eksklusif. Nikmat sekali nih kalau disantap saat cuaca hujan, gurihnya cireng dan pedasnya sambal bikin hangat suasana.


7 Jajanan Anak Sekolah Berbahan Dasar Aci, Suka Yang Mana Gans?
sumber : Google

2. Cilok ( Aci dicolok )
Kalau kuliner ini biasa mangkal di depan sekolah nih, anak-anak doyan banget.
Bahan pembuatannya pun mirip dengan cireng, hanya saja bentuknya bulat dan direbus dalam air mendidih, lalu setelah matang ditiriskan dan siap disajikan dengan berbagai sambal.

Terkadang cilok juga diisi dengan berbagai macam isian, antara lain telur, sosis, baso, ayam, daging sapi, bahkan keju juga ada. Cilok disajikan dengan berbagai olahan, antara lain cilok kuah atau cilok goang, cilok bumbu kacang, seblak cilok dan berbagai macam olahan lainnya yang tentunya menggugah selera.
Agan dan sista sudah pernah mencobanya?


7 Jajanan Anak Sekolah Berbahan Dasar Aci, Suka Yang Mana Gans?
Sumber : Google


7 Jajanan Anak Sekolah Berbahan Dasar Aci, Suka Yang Mana Gans?
Sumber : viva.co.id


3. Cilor ( cilok telor )
Ini adalah saudara cilok, hanya saja dalam penyajian cilok tersebut di celup ke dalam telur yang udah di kocok lalu digoreng. Jadi ada sensasi gurih-gurihnya pas dimakan. Biasa dibentuk seperti sate dan menggunakan bumbu tabur atau bumbu/sambal celup.


7 Jajanan Anak Sekolah Berbahan Dasar Aci, Suka Yang Mana Gans?
Sumber : Google


4. Cimol ( Aci digemol )
Kalau ini, cireng versi kecil imut dan bulat. Ringan dimakan biasanya dengan bumbu tabur ataupun aneka sambal serupa cireng. Jajanan ini paling digemari oleh anak-anak sekolah. Cara memakannya yang menggunakan tusuk sate untuk mengambilnya pun mempunyai sensasi tersendiri.


7 Jajanan Anak Sekolah Berbahan Dasar Aci, Suka Yang Mana Gans?
Sumber : sajiansedap.grid.id


5. Cipuk ( aci kerupuk )
Cipuk terbuat dari tepung aci yang dicampur dengan kerupuk mentah yang telah ditumbuk kasar. Kemudian dibentuk sseperti cireng. Cara pengolahannya dengan digoreng. Rasanya mirip cireng, tetapi gurih dari kerupuk lebih mendominasi.


7 Jajanan Anak Sekolah Berbahan Dasar Aci, Suka Yang Mana Gans?
Sumber : Google


6. Cibay ( Aci ngambay )
Cibay, panganan ini berupa kulit lumpia yang diisi dengan campuran aci plus bumbu-bumbu dan isian. Aci tersebut cukup dibumbui dengan bawang putih, lada dan garam. Untuk pecinta pedas bisa menambahkan cabai atau sambal ke dalam campuran aci. Lalu, diberi sosis atau ayam yang sudah dipotong-potong kecil. Kemudian digoreng.

Saat akan memakannya sangat menarik karena aci yang didalam kulit lumpia tersebut akan elastis dan melar dimakan. Renyah diluar tapi lumer di dalam. Mungkin ini keju Mozzarella versi ndeso ya, Gansist.


7 Jajanan Anak Sekolah Berbahan Dasar Aci, Suka Yang Mana Gans?
Sumber : Facebook


7. Cilung ( Aci digulung )
Cilung adalah campuran dari aci, bumbu dan telur yang dipanaskan dalam wajan anti lengket, kemudian digulung dengan batang lidi atau tusuk sate khusus.

Cara pembuatannya adalah pada wajan anti lengket di beri sejumput telur kocok. Lalu selanjutnya satu sendok sayur adonan aci ditambahkan dan dilebarkan sesuai wajan. Tambahkan bumbu tabur atau saus sesuai selera. Kemudian gulung adonan yang mulai mengeras tersebut dengan batang lidi. Cilung siap dinikmati. Terkadang ada beberapa penjual cilung yang menyediakan bumbu celup untuk cilung seperti saus sambal atau bawang goreng yang dihancurkan.


7 Jajanan Anak Sekolah Berbahan Dasar Aci, Suka Yang Mana Gans?
Sumber : infobudaya.net


Note : bumbu tabur yang dimaksud adalah bumbu tabur yang banyak dijual dipasaran. Beraneka rasa antara lain, rasa keju, balado, jagung, pizza maupun rumput laut. Sebaiknya membeli bumbu tabur yang berkualitas, jangan yang abal-abal.

Ingat jajanan begini, ingat masa kecil dulu ya, jadi nostalgia deh. Tapi memang kuliner semacam ini terkadang bikin kangen. Jika tidak berkesempatan untuk membelinya, kita bisa membuat sendiri di rumah.


Sekian coretan dari ane tentang jajanan berbahan dasar aci. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di thread ane selanjutnya, ya ....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AdelineNordica dan 32 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh VitaArkana
Halaman 1 dari 17
jajan yuk
pertalite
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
yuk jajan
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan VitaArkana memberi reputasi
Cireng, cimok, cicik🤣
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
emoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Traveller
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
olah aci itu tepung kanji to
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
namanya pake ci.. semua....emoticon-Cendol Ganemoticon-Keep Posting Gan
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan VitaArkana memberi reputasi
nice info gan,
jadi tahu nama2 makanan dari acian, emoticon-Malu
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
emoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Traveller
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Lihat 1 balasan
cucok semua gannnn
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Jadi pengen, ntar beli ah
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Kenapa semuanya bentuk nya enak enaaak miin.. Jadi ngiler kaan😭
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
enakk semua inii
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
cilok lebih sering emoticon-Request
profile-picture
profile-picture
salmanulinnuha dan VitaArkana memberi reputasi
kalo cinta itu apa gan? emoticon-Malu
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Apapun model jajanannya..yang penting rasa MSGnya emoticon-Ngakak
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ane suka semua gan ,emoticon-Ngakak
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Quote:


tanpa MSG ora enak gan ,emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
VitaArkana dan banyumasman memberi reputasi
jadi pengen jajan, cilok sama cilor enak kayaknya buat nemenin ngemil pagi2 emoticon-Big Grin
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Halaman 1 dari 17


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di