CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Catatan Ini Jadi Bukti Moncernya Jose Mourinho di Premier League
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd65bf0d439723123062fd0/5-catatan-ini-jadi-bukti-moncernya-jose-mourinho-di-premier-league

5 Catatan Ini Jadi Bukti Moncernya Jose Mourinho di Premier League

5 Catatan Ini Jadi Bukti Moncernya Jose Mourinho di Premier League

Hampir setahun menganggur setelah didepak Manchester United, Jose Mourinho akhirnya kembali duduk sebagai juru taktik. Pria asal Portugal tersebut resmi menerima pinangan Tottenham Hotspur pada Rabu (20/11) kemarin. Spurs sendiri baru saja memecat Mauricio Pochettino lantaran performa buruk sejak awal musim ini.

Mou bakal mendampingi The Lilywhites hingga akhir musim 2022/2023 alias lima setengah tahun. "Saya amat gembira, saya juga sudah tak sabar menjalani tantangan," tutur pria 56 tahun tersebut dalam wawancara pertamanya sebagai pelatih kepala Spurs seperti dikutip dari situs resmi klub TottenhamHotspur.com.

Pemilik Spurs, Daniel Levy, mengatakan bahwa alasan utama merekrut Mourinho adalah catatan apiknya selama berkecimpung di Premier League. Nah, berikut ini secuil rekor mentereng The Special One selama tujuh tahun bertualang di tanah Inggris.

1. Tiga kali mengangkat trofi Liga Inggris5 Catatan Ini Jadi Bukti Moncernya Jose Mourinho di Premier League
Sepanjang tujuh tahun perantauannya di tanah Inggris bersama Chelsea (2004-2007, 2013-2015) dan Manchester United (2016-2018), Mourinho telah memenangkan gelar Premier League sebanyak tiga kali.

Ketiga trofi tersebut ia raih sepanjang dua masa tugas tak berturut-turut bersama The Blues yakni pada musim 2004/05, 2005/06 dan 2014/15. Dalam urutan pelatih tersukses sepanjang masa di kasta teratas sepak bola Inggris, Mourinho duduk di peringkat kedua bersama eks nahkoda Arsenal yakni Arsene Wenger.

2. Tercepat untuk urusan rekor kemenangan dalam jangka waktu tertentu5 Catatan Ini Jadi Bukti Moncernya Jose Mourinho di Premier League
Sosok yang memulai karier manajerialnya sebagai asisten merangkap penerjemah ini memang unggul dalam urusan mengantar tim asuhannya memetik tiga poin. Mourinho masih memegang rekor 50 dan 100 kemenangan di Premier League.

Kemenangan ke-50 diraihnya setelah melalui 63 laga, di saat Josep "Pep" Guardiola (Manchester City) butuh 69 pertandingan. Sementara kemenangan ke-100 kali dipetiknya dalam kurun waktu 142 pertandingan, 20 laga lebih cepat ketimbang Sir Alex Ferguson (eks Manchester United).

3. Selangkah lagi menuju daftar elit pelatih era Premier League5 Catatan Ini Jadi Bukti Moncernya Jose Mourinho di Premier League
Meski baru bertugas di Inggris selama tujuh tahun, Mourinho hanya membutuhkan 10 kali memetik poin penuh untuk resmi masuk dalam daftar elit manajer yang telah memetik 200 kemenangan di Premier League sejak dihelat pada 1992.

Daftar tersebut sudah lebih dulu diisi oleh Sir Alex Ferguson (Manchester United - 528), Arsene Wenger (Arsenal - 476), Harry Redknapp (West Ham United, Portsmouth, Southampton, Tottenham Hotspur, QPR - 236) dan David Moyes (Everton, Manchester United, Sunderland, West Ham United - 204).

4. Sang penjamin kokohnya tembok belakang5 Catatan Ini Jadi Bukti Moncernya Jose Mourinho di Premier League
Pada tahun pertamanya menjabat sebagai manajer Chelsea, Mourinho --yang direkrut setelah mengantar FC Porto juara Liga Champions 2003/2004-- menyulap The Blues menjadi tim dengan pertahanan paling kokoh sepanjang sejarah Premier League.

Sepanjang musim 2004/05, yang berakhir dengan raihan trofi kasta teratas sepak bla Inggris untuk kali kedua sepanjang sejarah klub, Chelsea cuma kebobolan 15 gol dan catatkan 25 kali clean sheet. Belum ada yang sanggup memecahkan rekor tersebut.

5. Salah satu pelatih dengan rasio kemenangan tertinggi5 Catatan Ini Jadi Bukti Moncernya Jose Mourinho di Premier League
Dari 305 pertandingan yang telah dilaluinya, Mou berhasil menang sebanyak 190 kali dan imbang di 70 pertandingan lainnya. Alhasil rasio menang per laga jadi 2,1. Catatan tersebut menempatkan dirinya pada urutan kelima ranking manajer Premier League --yang telah jalani 50 pertandingan atau lebih-- dengan rasio kemenangan terbaik.

Tampaknya julukan The Special One, yang tersemat pada dirinya tatkala baru menginjakkan kaki di Inggris, memang bukan sebuah sesumbar kosong ya?


Sumber : https://www.idntimes.com/sport/socce...mpaign=network

---



GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di