CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Sebelum Chevrolet, 7 Merk Mobil Ini Sudah Cabut dari Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd5dd5d0577a9050c7986f2/sebelum-chevrolet-7-merk-mobil-ini-sudah-cabut-dari-indonesia

Sebelum Chevrolet, 7 Merk Mobil Ini Sudah Cabut dari Indonesia

Sebelum Chevrolet, 7 Merk Mobil Ini Sudah Cabut dari Indonesia

Pada Oktober 2019 kemarin, merk asal Amerika, Chevrolet, memutuskan untuk menghentikan penjualan mereka di pasar Indonesia. Menurut PT General Motors Indonesia selaku APM, langkah tersebut akan dilakukan mulai Maret 2020.

Sebelum Chevrolet, sebenarnya ada beberapa brand lain yang juga terpaksa angkat kaki dari pasar dalam negeri. Kebanyakan, mereka memilih cabut karena penjualan yang gak sesuai ekspektasi. Berikut deretan mobil yang sempat dijual di Indonesia dan akhirnya hengkang.

1. InfinitiSebelum Chevrolet, 7 Merk Mobil Ini Sudah Cabut dari Indonesia
Mungkin banyak dari kamu yang gak begitu familiar dengan merk ini. Infiniti adalah merk mobil yang dikelola oleh Nissan dan sudah masuk ke pasar otomotif dalam negeri pada tahun 2011 lalu. Namun, di medio 2018, brand ini harus hengkang.

Bersaing di segmen premium, harga mobil Infiniti memang cenderung mahal. Mungkin ini yang membuatnya gagal laris. Bahkan, sempat tidak laku satu unit pun sepanjang 2017. Akhirnya, penjualan di pasaran Indonesia pun dihentikan.

2. FordSebelum Chevrolet, 7 Merk Mobil Ini Sudah Cabut dari Indonesia
Raksasa mobil asal AS ini memutuskan untuk menghentikan penjualan mobil mereka di Indonesia pada 2016 lalu. Hadir sejak 2002, pangsa pasar Ford memang terus menurun dan hanya laku 6.000 unit sepanjang 2015.

Meski sudah tidak lagi beredar di Indonesia, namun hingga kini, Ford tetap memberikan layanan purnajual untuk konsumen dalam negeri. Tercatat, masih ada 33 dealer resmi Ford yang tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

3. GeelySebelum Chevrolet, 7 Merk Mobil Ini Sudah Cabut dari Indonesia
Sebelum Wuling, pasar Indonesia sempat diserbu merk China bernama Geely. Brand dari Zhejiang Geely Holding Group Co. tersebut pertama kali meramaikan pasar otomotif nasional sekitar tahun 2010.

Sayangnya, perjalanan Geely tidak terlalu mulus. Merk ini kalah bersinar dibandingkan brand Jepang, yang memang sudah populer di kalangan konsumen domestik. Akhirnya, mereka pun harus menutup penjualan di Indonesia pada 2016.

4. SubaruSebelum Chevrolet, 7 Merk Mobil Ini Sudah Cabut dari Indonesia
Brand yang terkenal akan mobil 4WD-nya ini juga resmi angkat koper dari Indonesia pada 2015 setelah pertama kali hadir di 2001. Bukan masalah tidak laku, merk ini harus mengakhiri kiprah karena kasus pajak impor.

Pada awal 2014, Subaru dianggap melakukan kesalahan saat melakukan impor. Mereka diduga melakukan pemalsuan dokumen impor. Alhasil, sepanjang 2015-2016, Subaru pun menghentikan aktivitas penjualan meski masih berada dalam data Gaikindo.

5. OpelSebelum Chevrolet, 7 Merk Mobil Ini Sudah Cabut dari Indonesia
Bagi mereka yang tumbuh di 1990-an, pasti sudah gak asing lagi dengan Opel, brand asal Jerman. Salah satu model yang familiar adalah Blazer, yang sebenarnya di bawah merk Chevrolet. Karena kesalahan strategi marketing, akhirnya tipe ini lebih populer sebagai Opel Blazer.

Usia Opel di pasaran domestik juga gak bertahan lama. Di medio 2000-an, mereka memutuskan hengkang karena kurang laris. Di tahun 2013, mereka juga cabut dari pasar Australia, disusul pergi dari pasar China pada tahun 2014 kemarin.

6. CherySebelum Chevrolet, 7 Merk Mobil Ini Sudah Cabut dari Indonesia
Mobil asal Negeri Panda lainnya yang sempat menjajal nasib di Indonesia adalah Chery. Brand ini pertama kali menyemarakkan pasaran dalam negeri pada 2006 dan salah satu yang dikenal adalah model Chery QQ yang mungil.

Namun, seperti Geely, Chery juga cuma sanggup bertahan enam tahun di pasaran dalam negeri. Mobil ini harus tutup buku pada 2012 lantaran penjualan yang gak memuaskan. Kala itu, mereka cuma mampu menjual 215 unit kendaraan.

7. SsangYongSebelum Chevrolet, 7 Merk Mobil Ini Sudah Cabut dari Indonesia
Bicara brand mobil asal Korea, kamu pasti lebih familiar dengan Hyundai atau KIA. Selain dua merk ternama tersebut, ternyata ada juga SsangYong yang sempat menjual unit mereka di pasaran dalam negeri.

Brand ini pertama kali menginjakkan kaki di Indonesia sekitar tahun 1999 lalu. Mereka bertahan sekitar 13 tahun meski penjualan gak terlalu menggembirakan. Dalam kiprahnya, SsangYong sempat memasarkan model Rexton generasi pertama.

Itulah daftar merek mobil yang pernah hengkang dari pasar Indonesia sebelum Chevrolet. Adakah merek mobil di atas yang jadi kendaraanmu? Bagi jawabanmu di kolom komentar ya.


Sumber : https://www.idntimes.com/automotive/...mpaign=network

---

sayang banget padahal aku suka banget sama ford walaupun ga kesampean tyerpaksa beli diluar lah kalo ada rejeki heheheheh
hooo begitu toochh baru tau sich aneee kalo ternyata mobil mobil ini sudah dicabut dari pasaran indonesia.....

padahal ford dan opel juga banyak kookk yang make di kota kota besar
wah banyak juga yang hengkang ternyata. persaingan semakin berat. ane taunya cuma ford opel sama chery
Chery, mobil kecil banyak kenangann
emoticon-Betty emoticon-Betty emoticon-Betty emoticon-Mewek
Orang Indo lebih seneng mobil Jepang, murah meriah, harga jual kembali tinggi, spare part melimpah, servis banyak tempat. Mau mobilnya kaleng ga masalah. emoticon-Big Grin
Och Gitu yakks..emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
rheirhei dan CoupleMaster memberi reputasi
Berikutnya Wuling
Subaru emoticon-Mewek
Belom sempet beli Ford Mustang udah cabut duluan emoticon-Leh Uga
kalah ama tsubasa gan
ane masih pake chevy dari 2008
iyaa banget udah pada cabut, kalah bersaing sama pabrikan jepang, padahal kaya ford gitu bagus banget tau
yaa jadi makin dikit pilihan merk mobil di indo
wah padahal ane rencana mau beli
kasus brarti ya subaru emoticon-Cape deeehh
Subaru masih banyak di batam gan,tp hanya boleh beroprasi dibatam saja,ga bs keluar pulau,karna masuknya dr singapur
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
sebelum rexton , dulu ada ssangyong Musso, yg gembar gembornya pake mesin mercy
Balasan post kurangpiknikgan
beruntung orang batam bintan, mobilnya murah2 disana
sekelas ford aja bisa cabut ya


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di