KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Anjay! Wanita Ini Membuat Plastik Ramah Lingkungan Dari Limbah Ikan. Emang Kagak Bau?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd4f59d65b24d1d1f760fcf/anjay-wanita-ini-membuat-plastik-ramah-lingkungan-dari-limbah-ikan-emang-kagak-bau

Anjay! Wanita Ini Membuat Plastik Ramah Lingkungan Dari Limbah Ikan. Emang Kagak Bau?

Quote:

Tak pernah terasa setiap aktivitas kita sehari-hari selalu melibatkan penggunaan plastik. Tapi apakah kita mengetahui bahwa penggunaan plastik konvensional tersebut menyebabkan jumlah tumpukan sampah plastik di muka bumi makin menumpuk hingga ke tahap yang mengkhawatirkan. Mungkin sebagian besar dari kita belum menyadari karena pemerintah pun belum menetapkan status “darurat” terkait pencemaran plastik ini.

Namun melihat informasi baru-baru ini yang memberitakan bahwa laut terdalam didunia saja sudah dihinggapi sampah plastik dan samudera pasifik kini sudah ada pulau sampah yang terbentuk dari tumpukan sampah yang banyak membuat kita harus berpikir berkali-kali untuk mengurangi penggunaan plastik. Apalagi fakta membuktikan bahwa Indonesia negara penghasil sampah terbesar ke-2 didunia semakin meyakinkan bahwa sudah saatnya kita memerangi penggunaan plastik.

Nah kali ini ada kabar baik untuk kita yaitu akhirnya hadir inovasi plastik alternatif ramah lingkungan yang terbuat dari limbah ikan sehingga aman digunakan karena mampu didegradasi alam dengan cepat. Kenapa alternatif plastik dari limbah ikan lebih potensial dibanding alternatif plastik lainnya, misal plastik yang terbuat dari rumput laut? Sebab limbah ikan bisa didapatkan dimana saja tanpa harus dibudidaya dan kuantitasnya cukup banyak sehingga bisa menggeser penggunaan plastik konvensional. Penasaran bagaimana usaha yang dilakukan wanita berikut dalam menciptakan inovasi plastik biodegradable dari limbah ikan, yuk check thread berikut!

Quote:

Yippie! setelah hadir plastik ramah lingkungan dari rumput laut yang kurang populer, kini hadir plastik dari limbah ikan yang akan saling melengkapi. Tentu dengan penemuan plastik dari limbah ikan ini, diharapkan kedepannya akan diproduksi secara manufaktur sehingga bisa dihasilkan secara massal sekaligus turut serta dalam membantu membersihkan limbah ikan seperti sisa-sisa kulit, jeroan, tulang dan lain-lain (bagian-bagian ikan yang tak termanfaatkan).
Quote:

Plastik dari limbah ikan ini ditemukan oleh Lucy Hughes selaku mahasiswa tingkat akhir dari University Of Sussex, Inggris. Awalnya ia sedang melakukan proyek desain produk pada penelitiannya. Tetapi karena ia pernah melakukan investigasi terkait banyaknya limbah ikan global sebanyak 50 juta ton pertahunnya. Ia mulai mencoba peruntungan apakah limbah ikan tersebut bisa dijadikan bahan pembuat plastik. Ternyata ia berhasil menemukan formula pembuatan plastik dari limbah ikan.
Quote:

Sifat dari plastik alternatif yang dibuat oleh Lucy ini kurang lebih sama dengan plastik alternatif dari rumput laut. Karena selain menggunakan limbah ikan ia juga menambahkan zat chitosan dari udang-udangan dan agar dari ganggang merah. Sehingga bisa dihasilkan plastik ramah lingkungan yang kekuatannya sama seperti plastik konvensional, namun bisa didegradasi alam menjadi nilai tambah. Kini produk plastiknya merambah bukan hanya sebagai plastik saja tetapi mulai diimplementasikan menjadi kemasan.
Quote:

Ambil contoh kotak tisu diatas, Lucy menggunakan formula yang sama untuk membuatnya sehingga ia mengharapkan kedepannya perusahaan tisu bisa mengadopsikan kreasinya agar tidak melibatkan plastik lagi sebagai kemasannya. Hal ini tentu berdampak sangat besar bagi bumi ini, karena masih banyak sekali kemasan tisu yang menggunakan plastik. Sehingga bila 50% saja kemasan tisu dunia sudah tidak menggunakan plastik, berapa banyak wilayah bumi yang terselamatkan.
Quote:

Tak sampai disitu saja, implementasinya juga sampai ke bungkus makanan seperti sandwich. Di eropa sana banyak sekali sandwich yang menggunakan bungkus plastik sehingga mencemari alam. Karena masalah tersebut akhirnya Lucy berinisiatif mengembangkan bungkus makanan dari formula yang sama. Agan bayangkan saja jikalau banyak produk sandwich tidak lagi menggunakan plastik untuk pembungkusnya, banyak sekali manfaatnya bagi bumi.
Quote:

Kini Lucy mendapatkan penghargaan atas inovasi yang dilakukannya. Ia mendapatkan $41.000 (Rp577.663.063,-) dari International James Dyson Award tahun 2019 ini. Nantinya uang tersebut hendak ia gunakan untuk membangun manufaktur yang akan memproduksi secara massal plastik alternatif dari limbah ikan ini. Perusahaan pembuat plastik dari limbah ikan tersebut ia namai Marinatex yang nantinya akan berjuang mengurangi pencemaran sampah plastik di lautan yang saat ini saja sudah mencapai 100 juta ton lebih.
Quote:

Wah hebat sekali ya wanita yang satu ini. Walaupun sedang dihantui tugas akhir, ternyata beliau mampu membalikkan keadaan menjadi penuh penghargaan. Oh iya sekedar informasi bahwa plastik ini tidak bau walau terbuat dari limbah ikan. Plastik ini juga hanya butuh waktu 4-6 minggu untuk didekomposisi alam. Mantep deh! Semoga kedepannya produk ini diimplementasikan seluruh perusahaan agar jumlah sampah didunia makin berkurang.


Sumber : Disini
Sumber gambar : google.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kikin24 dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dompetjadipeci
Halaman 1 dari 7
Reserved
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nichodoankk dan 2 lainnya memberi reputasi
Udah ada juga benang jahit operasi yg di buat dri bahan baku kulit udang emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
citiciti dan 2 lainnya memberi reputasi
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Diubah oleh adhityayodha
Lihat 2 balasan
Sundul dulu ahk emoticon-Sundul Up
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
mantabbbbb
aneh tapi kerennnn
emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
citiciti dan dompetjadipeci memberi reputasi
Balasan post adhityayodha
Quote:


Ya iyalah tau sendiri di Indonesia. Sengaja nggak digejor-gejorin produksi massal plastik alternatif. Supaya usaha plastik konvensional tidak terancam ganz. Kayaknya kita tunggu aja sampai Indonesia menetapkan status "Darurat Sampah" baru deh produk-produk plastik alternatif membanjiri pasar
hmmm bisa ya gaes
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Waaah... Kreatif bingits nih wanitak...
emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
sementara disini masih berkutat ama sampah yang dibuang sembarangan
profile-picture
profile-picture
dhikapradana dan dompetjadipeci memberi reputasi
bahannya cocok ga ya buat muka? emoticon-Leh Uga
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post screamo37
Quote:


Waduh... dark jokes parah Ahahahahahaha
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
screamo37 memberi reputasi
Balasan post screamo37
@dompetjadipeci yakali bisa gitu biar mukanya bisa di daur ulang kalo udah bosen gan emoticon-Leh Uga
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Kita patut besyukur dan berbanggga pada setiap penemuan yang diperuntukan demi hajat hidup orang banyak.
Dalam hal ini "Plastik"

Plastik ini bagai paradox

opsi kemasan paling murah sekaligus aman (CMIIW).
tapi, kita patut memahami bahwa bukan rahasia umum lagi "Plasti" ini bukanlah sumber daya Alam yang mudah diperbaharui secara natural. Di daur Ulang bisa !

Mulailah diet plastik seperti yang diterapkan oleh provinsi BALI. For the Good of the Mandkind

profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
keren nih memanfaatkan limbah
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
paling tuh bau amis doangg,tapi patut diapresiasi sih yang kayak ggitu dia bisa bikin inovasi baruu bagus baguss
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
kreatif banget bagus buat kemajuan lingkungan yg sehat..emoticon-Recommended Sellerl
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
widih keren keren. semoga nanti indonesia ada juga yang begini. kan kantong kresek udah ada tuh yang aman
profile-picture
profile-picture
dompetjadipeci dan dhikapradana memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


harusnya masalah bau udah diperhitungkan sih, jadi udah ga bau. kalo bau kan orang males juga apalagi buat ngebungkus makanan
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
plastik udah jadi kebutuhan yang menjadikan ketergantungan.. smoga bisa berlanjut..
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di