CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Sports / ... / Berita Olahraga /
KENAPA INDONESIA SEMAKIN TERTINGGAL JAUH? (SUDAH SELEVEL KAMBOJA)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd4d5f882d495779215d5dc/kenapa-indonesia-semakin-tertinggal-jauh-sudah-selevel-kamboja

KENAPA INDONESIA SEMAKIN TERTINGGAL JAUH? (SUDAH SELEVEL KAMBOJA)

HALO gan dan sista , gue sebagai orang penggila bola dan pecinta timnas indonesia semakin kecewa dengan timnas ini dan semakin besar rasa benci ke timnas ini! tapi kenapa masih ada aja yang mendukung timnas?
sudah sejak lama indonesia semakin sulit bersaing di level asia bahkan di asia tenggara tetapi kenapa supporter indonesia masih saja banyak saat timnas kita main?
ya itu adalah kelebihan sebenarnya sangat sangat cinta rakyat kepada sepakbola...

semalam baru aja kita di buat makin terbenam di dasar klasmen kualifikasi piala duni 2022

Spoiler for klasemn:



dan kenapa malaysia juga bisa bertambah baik?
dan kenapa vietnam sudah makin naik kasta?
kenapa thailand masih saja dengan yang dulu?
dan kenapa indonesia semakin tertinggal dan semakin bobrok?

KENAPA INDONESIA SEMAKIN TERTINGGAL JAUH? (SUDAH SELEVEL KAMBOJA)


OKE GUE AKAN MEMBAHAS DULU KENAPA INDONESIA SEMAKIN SULIT BERSAING :

kenapa indonesia tidak bisa berbuat banyak di hadapan para tetangganya?

karena indonesia semakin lama semakin nyaman di dalam zona sendiri , apa itu? ya para pemain indonesia sudah banyak yang puas akan prestasi dia di liga lokal , kenapa begitu? ya karena mereka sudah merasa besar di liga lokal dan mereka puas.

kenapa di level junior indonesia cukup superior dan bagus?

oke ini adalah pertanyaan atau pendapat dari kebanyakan orang , oke di usia dini atau usia remaja memang timnas kita sangat lah sangar dan di seganin , kenapa bisa begitu?

1. pemain muda seperti mereka sangat semangat dan rasa nasionalisme mereka sangat tinggi dan akan latihan atau berjuang mati2an buat indonesia

2. mereka awalnya tidak dikenal atau bermain dengan hanya satu tujuan yaitu buat indonesia.

3. mereka masih rajin latihan dan sangat serius menjaga perform nya.

4. negara lain belum selevel kita di usia junior.


kenapa sih kok pemain muda yang makin lama makin menurun saat sudah masuk timnas senior?

1. pemain tersebut tidak naik standart nya daripada pemain muda negara lain , oke sudah bayak contoh nya , kalian ingat saat timnas u-19 kita menang atas korsel? dan kalian sudah tau banyak dari pemain koresel u-19 saat itu sdh bermain di eropa dan masuk timnas senior dan semakin berkembang , dan apa yg terjadi dengan pemain indonesia? ya mereka seperti terjebak di 1 fase saja , banyak dari mereka akhirnya bermain di kasta k2 atau k3 liga indonesia dan beberapa bermain di tim elite indonesia.

2. star syndrome , ya ini yang sangat sering melanda pemain muda kita , disaat mereka mecapai hal luar biasa di usia muda dan media sangat sering meng ekspose mereka , mereka akan merasa luar biasa dan kebanyakan makin malas buat latihan.

3. dunia malam , oke ini adalah hal yang agak tabu dan ga banyak yang tau , oke untuk kasus ini banyak contoh nya , oke saat dia merasa semua ada di genggaman tangan nya dia akan banyak di dekati wanita dan teman2 dan sehingga mereka tenggelam dalam pergaulan yang ga seharusnya.

4. banyak pemain muda kita hijrah ke luar negri dan bermain di sana , tapi apa mereka emang bermain atau hanya untuk kepentingan sponsor saja? saya pikir untuk keuntungan saja , banyak contoh , dan yang terbaru adalah egy mv , dia di embel2 adalah pemain pertama indonesia di eropa yang juara di sana , tapi apa dia dapat emnit bermain? apa dia adalah pemain regular? tidak, dia kebanyakan main di team kedua yg berkompetisi di liga polandia kasta ke 5 , apa itu pantas?


kenapa sih kok indonesia selalu kalah sama malaysia akhir2 ini?

1. indonesia sangat ambisius saat akan bertanding dengan malaysai dan sangat penuh emosional , dan akan cendrung bermain dengan rasa emosi dan banyak melakukan kesalahan sendiri.

2. malaysia selalu bermain santai dan nothing to lose , kenapa? jujur kualitas pemain malaysia dengan indoensia sama dan malah mungkin kita lebih diatas , dan malaysia sangat enjoy dan tidak terpancing untuk mengandalkan emosi.

3. malaysia sangat baik dengan kompetisi lokal nya di kurun waktu 3-4 tahun ini dengan bukti tim lokal mreka brhasil menjadi piala AFC CUP dan sekarang sudah jadi langganan liga champions asia.





dan sekarang kita membahas kenapa negara2 lain sudah maju kedepan sedangkan kita hanya stagnan atau cendrung mundur.....

:

1. KAMBOJA

oke negara ini dulu nya adalah lumbung gol buat indonesia dan tim2 lain tetapi liat sekarang mereka sudah banyak melakukan kemajuan dan banyak pemain lokal mereka bermain di liga2 vietnam atau thailand , dan federasi mereka sangat serius buat membenahi sepakbola mereka.
alhasil mereka sekarang sudah mulai maju dan siap bersaing di level asia tenggara yg dulu hanya menjadi bulan2an.

2. SINGAPORE

oke negara ini dulu nya memang sangat di takutkan oleh indonesia , berkali2 kita dibuat gagal oleh singapura yang dikenal dulu sangat banyak pemain asing/naturalisasi dan berhasil jadi rasa asia tenggara , dan apa yang terjadi sekarang? mereka sekarang mampu menempati posisi ke 3 di grup d dengan poin 7 , mereka sekarang fokus membina pemain muda dan berhasil banyak sekali pemain muda di timnas senior mereka.

3.VIETNAM

Oke , ini dia ya vietnam dianggap selalu sial saat ketemu indonesia ya emang benar beberapa edisi mereka selalu kalah saat ketemu kita , dan sekarang? apa yg terjadi kita kalah di bantai 1-3 di kandang sendiri , kenapa vietnam sekarang bisa memuncaki klasmen grup H? ya ini karena pembinaan dan pengelolaan di liga lokal nya , dan banyak pemain andalan mereka bermain di liga jepang dan dapat regular time played disana bukan hanya titipan semata , dan pemahaman mereka berbeda dan pelatih tentunya , pelatih kepala timnas vietnam sudah lama tak berganti mau di level junior atau senior Park Hang-seo ya dia sangat lah luar biasa menanamkan filosofi permainan cepat dan sangat berhasil di sana .


4.THAILAND

ya ini dia , thailand adalah raja asia tenggara dari dahulu kala , kenapa mereka bisa menjadi lebih baik dibanding indonesia? ya mereka mengelola liga lokal dengan sangat baik dan para pengurus federasi disana sangat baik dalam membuat kebijakan2 dan membuat para insan sepakbola disana sangat patuh mengikuti aturan dan para pemainya banyak yg bermain di liga jepang dan tentu menjadi pemain andalan contoh nya adalah : chanatip .


-----------------------------------------

sampai kapan indonesia terus merosot jauh seperti ini?
indonesia adalah negara yang dahulu kala mempunyai reputasi baik di sepakbola asia , sekarang kita hanya menjadi tim semenjana di level asia , ada apa indonesia?

liga yang berantakan?
liga yang tak prodesional?
pemain muda yang tak berkembang?

apa ada faktor lainya?




Halaman 1 dari 2
Masalah utamanya ada di induk sepakbola indonesia itu sendiri
Terlalu banyak kepentingan pribadi yg dampaknya kerasa langsung emoticon-Cape d...
profile-picture
agasi15 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post firman0723
yapsss timnas yang baik pasti punya federasi yang baik!
Quote:


profile-picture
isharyadi23 memberi reputasi
hahahahahahahaha, tidak ada yg lebih pantas dr itu
profile-picture
agasi15 memberi reputasi
Quote:


liga yang berantakan? Kurangi jumlah klub liga 1, cukup maksimal 10 klub untuk wilayah Indonesia yang sangat luas.
liga yang tak prodesional? Dengan jumlah klub yang sedikit, jumlah pertandingan akan berkurang sehingga pengawasan bisa lebih ketat, kualitas tiap pertandingan akan meningkat.
pemain muda yang tak berkembang? Hilangkan naturalisasi, kontrak pelatih yang bagus (ex: milla) dalam jangka panjang (minimal: 5 tahun), jangan bebani dengan juara tetapi cukup dengan programnya pematangan pemain muda.
Diubah oleh segarakidul
Lihat 2 balasan
Balasan post segarakidul
liga dengan 10 peserta bisa dibilang akan hilang kompetitifnya , jika liga yg profesional bisa di contoh dengan thailan atau malaysia , mereka sangat baik mngelola liga , dan untuk kontrak masa panjang pelatih itu ide bagus!! makasih ya gan udah baca thread ini
Balasan post segarakidul
@agasi15

tapi wilayah mereka tidak seluas Indonesia gan.

sama-sama gan.
karena banyak mafianya
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Balasan post firman0723
@agasi15 Pembinaan pemain harusnya jangan berhenti di tingkat junior. contoh nyatanya timnas U-19 angkatan evan dimas yg pernah menang lawan korsel, liat mereka sekarang gimana perkembangan nya, mereka yg di gadang2 punya masadepan cerah nyata nya kaya jalan ditempat bahkan bisa dibilang menurun banget perform nya. Kalo gak dibenahi dari sekarang jgn harap timnas kita bisa bicara banyak di level ASEAN.
banyak faktor emang
tapi ane lebih ke federasinya yg ahh entahlah emoticon-Malu
Pengelolaan kompetisi nya buruk bro
kalah mulu, dibantai terus emoticon-No Hope
jadi inget jaman kurniawa, widodo, rocky putiray, sama miro baldo bento

musuh bebuyutan kita itu thailand,

malay who?

tapi sekarang? parah bet dah emoticon-Cape d...
4. kutukan Babe Benyamin. S, "latian latian! latian mulu, menangnya kagak!"
profile-picture
kintuks memberi reputasi
Kompetisi yang buruk secara kualitas maupun pengembangan. Gaada inovasi, asal jalan. Rasanya para pengurus bola perlu banyak2 baca literatur sepakbola. Banyak banget klub eropa yg berdiri gaada 20 tahun tapi sudah bisa jadi langganan bigfour di liga masing2 dan bisa masuk kompetisi klub antar eropa. Literasi pengembangan talenta, penggunaan statistik dan manajemen liga. Pemuda banyak yang mau berkarya di sepakbola indonesia, baik sebagai pemain maupun sebagai orang dibalik layar, tapi kelihatannya pengetahuan dan wawasan serta ambisi pemuda untuk sepakbola tidak bisa diwujudkan di Indonesia karena selalu dipinggirkan urusan perut dan dompet "penghuni lama". Padahal kalau diberi kesempatan 10 tahun kedepan ane yakin liga indonesia bisa jadi pesaing liga2 lain di asia. Maaf gann kalo kepanjangan tulisan ane kaya pidato emoticon-Malu
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Level kompetisi gan yang menurut ane, perlu ditingkatkan lagi level kualitas kompetisi sama peningkatan kualitas pelatih juga
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di