KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
4 Tips Atasi Ponsel Lamban
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd260e5a727681c226e9b8d/4-tips-atasi-ponsel-lamban

4 Tips Atasi Ponsel Lamban

4 Tips Atasi Ponsel Lamban

Ilustrasi. (Pixabay)





Kondisi ponsel yang lelet atau lemot merupakan hal yang sering kali terjadi pada sebagian besar orang. Masalah ini tentu bisa membuat pemilik ponsel jengkel, terutama ketika hendak mengerjakan hal penting di gawai mereka.

Pada umumnya, masalah lelet ini terjadi pada ponsel yang sudah lama dipakai. Seiring berjalannya waktu, sejumlah aplikasi mengalami ‘lag’, layar akan lebih lama dimuat, serta animasi pada ponsel yang acap kali glitchy.

Dengan mengutip berbagai sumber, berikut terdapat beberapa cara mengatasi HP lemot yang bisa dilakukan.

Hapus aplikasi yang tidak lagi digunakan

Mengunduh aplikasi yang jarang digunakan dan tetap membiarkannya ‘bertengger’ di dalam sering kali dilakukan sebagian orang. Mengutip pCloud, aplikasi pada ponsel, baik aktif digunakan atau tidak, tak hanya memakai memori namun juga menggunakan siklus CPU ponsel.

Untuk itu, hapuslah aplikasi-aplikasi yang tidak lagi Anda pakai. Pasalnya, hal ini hanya membuang sisa daya penyimpanan dan mampu membuat ponsel lemot.

Gunakan aplikasi ‘Lite’

Aplikasi ‘Lite’ merupakan versi pengembangan aplikasi versi utama, namun tersedia dengan ukuran serta fitur yang lebih kecil dan sederhana dari versi utama. Meski demikian, aplikasi versi ‘Lite’ tetap memiliki fungsi yang sama, walau terdapat sejumlah fitur terbatas di dalamnya.

Agar masalah lemot pada ponsel berkurang, gunakanlah versi ‘Lite’ pada aplikasi-aplikasi seperti Facebook Lite, Instagram Lite, Twitter Lite, YouTube Go, atau versi ‘Lite’ dari sejumlah gim.

Bersihkan penyimpanan

Aplikasi yang semakin banyak terpasang dalam ponsel membuat ruang penyimpanan juga semakin menipis. Kondisi ini pun mampu membuat ponsel menjadi lebih lelet. Bersihkan ruang pentimpanan untuk menghindari lemot dengan menghapus data cache atau aplikasi.

Melansir CNNIndonesia.com, menghapus foto dan video lama juga bisa membantu mengurangi risiko ponsel menjadi lemot. Anda dapat terlebih dulu memindahkan data foto dan video tersebut ke memori eksternal, komputer pribadi, atau penyimpanan daring.

Tutup aplikasi yang tidak dipakai

Menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan membuat pergantian aplikasi tentu menjadi lebih mudah. Hanya saja, tindakan ini tanpa disadari ‘memakan’ penyimpanan ponsel dan menyebabkan performa ponsel menjadi lebih lambat.

Jika tidak terlalu penting atau tidak terlalu dipakai, tutuplah aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan agar ponsel bisa fokus pada satu aplikasi.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 2 lainnya memberi reputasi
solusinya cuma satu. LEM BIRU.
gausah pasang aplikasi gan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
terlalu bertele tele
beli baru aja gan
emoticon-Betty emoticon-Betty emoticon-Betty emoticon-Ngakak
makasih gaan infonyaa, bermanfaat banget nih buat anee
ane ikutin nihh tips kaya gini supaya hp ane bisa dipakai dengan baik wkwk
sebenernya kalo pemakai androidnya lebih expert tinggal flash dg custom ROM saja, cusrom jauh lebih punya performa daripada rom bawaan dan juga lebih banyak personalisasinya. hp ane keluaran 2015 blm mampu ganti ya cukup lah kalo cuman dipake harian standar
wahh makasih gan tipsnya
ane juga ada problem hape lemot nih...
naahh nice info banget gaann.
cewek mah bingung waktu bersihkan penyimpanan kwkkwkwkwk muka dia semua


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di