KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Buku /
Kamu Bingung Cari Buku yang Tepat? 11 Tips Ini Cocok Buat Kamu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd24eb49a972e3552752f22/kamu-bingung-cari-buku-yang-tepat-11-tips-ini-cocok-buat-kamu

Kamu Bingung Cari Buku yang Tepat? 11 Tips Ini Cocok Buat Kamu

Kamu Bingung Cari Buku yang Tepat? 11 Tips Ini Cocok Buat KamuSource Pixabay

Quote:


A. Kriteria membeli buku untuk kebutuhan, pikirkan kamu sedang membutuhkan apa?

Kamu Bingung Cari Buku yang Tepat? 11 Tips Ini Cocok Buat Kamu

1. Carilah keywordnya, ini sangat membantu untuk mencari buku yang sedang agan cari. Contohnya, 6 bulan lagi bakal ada tes SBMPTN, artinya kita singkirkan dulu pikiran selain 'SBMPTN'.

2. Siapa penulisnya, Ini cukup penting dalam menentukan pilihan buku yang akan agan baca nanti. Setelah kita menemukan banyak judul buku, cobalah untuk cari tahu siapa saja pengarang buku tersebut. Siapa penulis buku tersebut? Buku apa aja yang sudah beliau tulis? Pertanyaan seperti itu bisa kita cari menggunakan Google Search Engine.

3. Cek tahun terbitnya, karena buku yang kita cari adalah buku yang sedang dibutuhkan saat ini, salah satu faktor penting berikutnya adalah kapan buku ini terbit? Kadang untuk kebutuhan khusus seperti contoh di atas membeli buku SBMPTN ini faktor yang amat krusial.

Buku sejenis itu harus terus ter-update dengan 'zaman'nya, karena jika tidak, maka buku yang kita baca itu sudah kadaluwarsa. Maka saran ini cocok untuk membeli buku-buku yang memang harus mengikuti arus perkembangan zaman.

B. Kriteria membeli buku untuk bahan bacaan umum atau sehari-hari.

Kamu Bingung Cari Buku yang Tepat? 11 Tips Ini Cocok Buat Kamu

1. Apa hobi agan?Bahan bacaan umum untuk sehari-hari ini harus sangat berkaitan dengan yang namanya hobi atau kegemaran agan sista di sini, mengapa? Karena bacaan sehari-hari erat dengan yang namanya 'bosan', siapa sih di sini kalo lagi liburan harus baca buku sekolah atau berhubungan dengan pelajaran sekolah?

Engga kan? Makanya, buku yang dicari harus apa yang agak suka dulu, jangan pernah membeli buku dengan jenis yang bukan dari kesukaan agan, alhasil buku yang agan beli malah mubadzir gak dibaca deh.

2. Pikirkan genre secara umum, sekarang agan cari tahu nih, buku dengan genre apa yang akan menemani agan dalam membaca nantinya? Secara umum ada dua jenis genre, yaitu: Fiksi dan Non-Fiksi.

Dalam kedua genre tersebut, di dalamnya ada beberapa genre yang lebih spesifik lagi, seperti genre horor, fantasi, sci-fi, dll. itu termasuk dalam jenis genre fiksi. Sedangkan genre seperti biografi, ensiklopedia, self-improvement, dll. itu termasuk dalam genre non-fiksi.


3. Lihatlah rekomendasi dan review, jika agan sista sudah menemukan genre secara spesifik, sekarang agan cari deh rekomendasi buku apa yang sesuai dengan genre yang sudah agan pilih, lalu lihatlah review dari pembaca yang sudah tamat membaca buku tersebut.

Sekarang sudah banyak kok yang bahas buku-buku mulai dari Youtube dan Blog.

4. Baca dulu sinopsis atau halaman belakangnya,karena yang kita cari itu buku dengan kriteria hobi kita, maka kita harus tahu gaya tulisan seperti apa yang cocok untuk kita baca. Adakalanya kita sudah lihat review orang bagus, tapi gaya penulisannya bukan yang kita suka, nanti malah gak puas.

Cara paling sederhana yaitu dengan melihat tulisan cover belakangnya, atau jika bukunya sudah terbuka (tidak terbungkus plastik), bisa coba baca sekilah atau baca dengan metode skimmingdulu halaman pertamanya.

C. Tempat-tempat beli buku.

Kamu Bingung Cari Buku yang Tepat? 11 Tips Ini Cocok Buat Kamu

Toko buku Palasari || Source Tribunnews

1. Toko buku di mall,ini adalah pilihan paling mudah dengan mengunjungi toko buku yang sudah ada di mall, karena biasanya buku-buku yang ada di toko buku seperti ini sudah ter-update. Beberapa toko buku yang sudah terkenal itu adalah Gramedia dan Togamas.

Apalagi jika agan sendiri tinggal di kota besar, gak akan susah sih nyari toko-toko besar seperti itu. Di setiap mall dan pinggir jalan pasti deh ada.

2. Pasar buku,nah ini yang ane sendiri lumayan suka, karena pasar buku ini cukup berbeda dengan toko buku yang sudah disebutkan di atas tadi. Ada beberapa kelebihan dan kekurangannya, seperti:

Spoiler for Kelebihannya:

Spoiler for Kekurangannya:


Salah satu contoh pasar buku di Bandung yaitu Palasari, kalo ada yang pernah, pasti tahu deh gimana rasanya ada di antara toko-toko buku yang siap menjajalkan buku dagangannya.

3. Bazaar / Festival buku,wah ini yang menjadi incaran bagi maniak buku sih, seperti kita dateng ke surga dunia gan. Kalo yang belum pernah dateng ke festival buku, ane saranin buat dateng deh, karena banyak banget buku-buku keren yang harganya itu murah-meriah gan.

Di Bandung tuh setiap tahunnya ada terus kayak salah satunya Festival Jabar Book Fair yang biasanya ada di Landmark, Braga.

4. Toko online, yang paling terakhir yaitu beli marketplace-marketplace yang ada internet, malah sekarang udah ada toko-toko besar yang sudah punya nama dan ikutan mejeng di marketplace online.

Cuman kekurangan menurut ane sendiri kalo beli online itu, gabisa megang bukunya dulu emoticon-Hammer2, karena yang ane takutin itu waktu nyampe rumah eh bukunya ada cacatnya.

Quote:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Hidematsu dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Buku apapun gue lahap
ane selalu kepincut beli buku tapi ujungnya bakal numpuk di lemari hehehe
profile-picture
bayiubayiu memberi reputasi
selalu pengen beli buku, tapi abis bukunya gk dibaca baca. alesan gk ada waktu haha
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
sebulan sekali selalu menyisihkan gaji untuk beli buku, tapi setelah ke beli malas baca
Quote:


Wih mantep nih emoticon-2 Jempol

Quote:

Memang sih ya gan, godaan setelah nyimpen buku di lemari tuh beratt..

Quote:

Mungkin agan butuh sedikit waktu luangnya buat baca buku, semangat ganemoticon-Jempol

Quote:

Yah, ane udah pernah bikin Thread tentang mengusir rasa bosen baca buku, mungkin bisa dicoba ganemoticon-Toast

Quote:

Sayang banget bukunyaemoticon-Sorry
Quote:


Terinspirasi almarhum BJ habiebie ane gan, yang di mana seisi rumah full buku
Lihat 1 balasan
Balasan post futurexpast
Ane belum pernah liat sih gan, tapi kalo ngebayangin rumah terus ada ruangan khusus buat buku-buku, kayaknya enak banget ya, bisa sekalian refresh otak
Quote:


Nah, konsepnya rumah almarhum BJ habibie seperti itu gan.
Lihat 1 balasan
Balasan post futurexpast
Wihh keren, impian banget gan
Biasa rental buku beberapa hari, kalau bagus beli buat koleksi, tapi rental dah bnyk yg tutup.
Sekarang mengandalkan rekomen Gugel emoticon-Big Grin
lama tak beli buku
semangat beli buku tapi akhirnya numpuk aja ~ dasar tsundoku emoticon-Sorry sampai dibilang temen, kalau cuma pindah rak nggak udah dibeli emoticon-Mewek
suka ke bazaar buku, tapi cari nya makanan emoticon-Toast
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Quote:

Dulu tuh banyak perpustakaan di daerah-daerah ane juga gan, cuman sekarang sama banyak yang udah tutup emoticon-Sorry

Quote:

Saatnya beli bukuemoticon-Jempol

Quote:

Tsundoku apa tuh gan?? emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Quote:

Ya ini sih ane juga sering emoticon-Angkat Beer

Quote:

Buat nyatet apa tuh emoticon-Big Grin
@h4dewa keadaan memiliki bahan bacaan, tetapi membiarkannya menumpuk tanpa membacanya emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace (source: wikipedia)
profile-picture
Hidematsu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post pekoboke
Oala, oke thanks info nyaemoticon-Angkat Beer
Quote:


emoticon-Jempol
profile-picture
h4dewa memberi reputasi
Kamu Bingung Cari Buku yang Tepat? 11 Tips Ini Cocok Buat Kamu
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di