CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
5 Penyebab Ponsel Cepat Panas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd248b0b84088700372f57d/5-penyebab-ponsel-cepat-panas

5 Penyebab Ponsel Cepat Panas

5 Penyebab Ponsel Cepat Panas

Ilustrasi. (Pixabay)





Ponsel yang panas merupakan permasalahan yang acap kali dialami sebagian besar pengguna ponsel pintar. Kebanyakan orang hanya berpikir bahwa ponsel bisa cepat panas karena terlalu sering digunakan dalam waktu yang lama. Namun masih banyak penyebab lainnya.

Berikut beberapa penyebab HP cepat panas yang mungkin saja kerap tidak Anda sadari, dilansir dari berbagai sumber.

Terlalu lama bermain gim

Pada umumnya, ponsel akan cepat memanas ketika terlalu lama digunakan untuk bermain gim hingga lebih dari 15 menit. Kondisi ini disebabkan karena pada saat bermain gim, prosesor serta chip grafis bekerja pada kecepatan paling tinggi. Proses tersebut menghasilkan panas yang lebih banyak.

Terlalu sering streaming konten

Mirip dengan kasus gim, terlalu sering menonton video dari platform sosial seperti YouTube atau Netflix juga bisa mengakibatkan ponsel panas dengan cepat. Mengutip AVG, streaming konten video di ponsel terlalu lama menyebabkan prosesor terpaksa bekerja lebih sering .

Tak hanya itu, proses streaming juga membuat data video terus dimuat dan layar ponsel tetap aktif dalam waktu yang lama. Hal-hal ini menyebabkan ponsel rentan memanas.

Tingkat kecerahan layar

Kecerahan atau brightness layar yang terlalu tinggi dapat menyebabkan ponsel panas lebih cepat. Ini juga alasan mengapa saat membuka aplikasi kamera, ponsel cepat panas karena kamera memerlukan layar untuk tetap menyala dengan tingkat kecerahan yang tinggi.

Begitu pula saat Anda berada di luar ruangan, tepatnya di bawah sinar matahari, ponsel biasanya bakal cepat panas. Pasalnya, kecerahan layar harus berada pada titik paling maksimal agar layar tetap terlihat dan tidak terganggu sinar matahari.

Cuaca panas

Temperatur yang tinggi dapat membuat ponsel menjadi lebih mudah panas. Baik dalam kondisi ditinggalkan di bawah terik matahari langsung atau di dalam mobil, ponsel bisa cepat panas. Selain itu, komponen baterai lithium pada ponsel umumnya sensitif pada suhu panas.

Perangkat yang rusak

Dilansir dari India Today, sistem serta perangkat pada ponsel juga berpengaruh terhadap kesehatan baterai ponsel. Terutama ponsel-ponsel yang dirilis pada era sekarang menyematkan perangkat keras yang semakin ‘kuat’, membuat energi lebih banyak digunakan.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 2 lainnya memberi reputasi
Ada maugnyahahaha
Ane suka nonton video klip di youtube

masukin kulkas emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
main hp sambil dicas
kalau chargernya gak sesuai bawaan pabrik juga kadang suka panas hape
kalau ndak dibuat apa-apa, cuma di chas aja tapi hape jadi panas banget..
apakah itu tanda-tanda ada perangkat yang rusak ya?


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di