KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Presiden Dipilih MPR dan Boleh 3 Periode? Fraksi Demokrat: Langkah Mundur Demokrasi!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd20e0d6df2317e417ea138/presiden-dipilih-mpr-dan-boleh-3-periode-fraksi-demokrat-langkah-mundur-demokrasi

Presiden Dipilih MPR dan Boleh 3 Periode? Fraksi Demokrat: Langkah Mundur Demokrasi!

Presiden Dipilih MPR dan Boleh 3 Periode? Fraksi Demokrat: Langkah Mundur Demokrasi!

Fraksi Partai Demokrat menolak wacana amandemen konstitusi untuk mengubah mekanisme pemilihan presiden-wakil presiden serta pilkada ke sistem tidak langsung, juga menolak ide presiden tiga periode.

Ketua Fraksi Partai Demokrat MPR RI Benny K Harman menyatakan wacana dan ide seperti itu merupakan langkah mundur demokrasi. "Menurut saya itu set back. Ada pemikiran yang seolah-olah misleading," kata Benny, di sela acara Press Gathering MPR RI, di Bali, Sabtu (16/11).

Dia mengatakan, ada pemikiran seolah-olah pemilihan langsung presiden dan kepala daerah menciptakan keterbelahan masyarakat dan menjadi sebuah ancaman.

Menurut dia, hal itu bukan ancaman namun risiko pilihan demokrasi elektoral, sehingga mitigasi harus disiapkan dan bukan kembali ke sistem yang lama.

"Betul ada pembelahan, namun bukan alasan untuk kembali ke zaman lama. Lalu kalau ada politik uang, ya tegakkan aturan hukum," ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan lagi, jangan karena ada anggapan tidak ada pemimpin yang potensial, lalu muncul wacana presiden dapat dipilih tiga periode.

Dia menegaskan bahwa Demokrat akan berdiri paling depan untuk menolak kalau ada wacana mengembalikan pemilihan presiden ke MPR dan pemilihan kepala daerah (pilkada) ke DPRD.

Menurut dia, kekuasaan milik rakyat, maka rakyat yang memilih pemimpinnya, bukan malah melalui MPR dan DPRD.

"Ada masalah yang muncul, kita selesaikan karena ini adalah demokrasi. Rakyat yang berkuasa, kekuasaan itu milik rakyat maka rakyat yang memilih pemimpinnya," ujarnya.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
cukup 2 periode aja....emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 4 lainnya memberi reputasi
Ane setuju sama pendapatnya Pak Harman (bukan) Kardon.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Jangan seolah olah cuma demokrat yg ga setuju
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
kalau dipilih rakyat: bayar duitnya ke rakyat. lebih ribet. bayar infrastruktur untuk TPS2nya lebih banyak, secara biaya lebih mahal.
kalau dipilih mpr: bayar duitnya ke anggota dewan. lebih afdol. bisa lobi2. bisa bawa amplop tebel2. pemilu cuma milih anggota dewan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
yang di mau nastak kan begitu. kalau perlu seumur hidup bre. emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
agusdwikarna memberi reputasi
biar mereka yg urus emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Kelemahan orang indon ga bs pegang komitmen. Besok bikin aturan bgini besoknya lg udh d rubah....

Negara yg paling gw salut pegang konstitusinya ya amerika serikat. Udh berulang2 kali trjadi penembakan bersenjata tp smpe skrng undang2 kepemilikan senjata ga d cabut....
Alasan mereka cm karena ini amerika emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thestarlight99 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
cukup 2 periode, gk usah maksa jokowi 3 periode lah..
next giliran ahok aja presiden..
tapi kayaknya gk mungkin, mau masuk BUMN aja, yg kelojotan uda byk bgt.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
ribet anjir emoticon-Cape d...
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Baru wacana
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Itu namanya demokrasi jalan mundur 50 tahun ke belakang, ke era mbah Harto.
Bukan melulu salah beliau juga, pasal-pasal di UUD 45 gak tegas membatasi. Terus demokrasinya juga memang demokrasi perwakilan bukan demokrasi langsung.emoticon-Cool

Wacana ini masih selaras dengan momen kemaren dimana banyak yang manggut-manggut waktu dibilang : "Piye kabare? Enak Jamanku toh?"emoticon-Baby Boy 1 emoticon-Big Grin
Piye kabare mereka itu???emoticon-Leh Uga
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
diakhir masa jabatan pak SBY pernah lolos UU kepala daerah dipilih DPRD.
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
gw setuju klo pengubahannya 1 provinsi 1 suara

dan rakyat tentu saja ikut serta dalam pemilihan tersebut
klo melalui MPR mah
da ga bener

emoticon-DP emoticon-DP emoticon-DP emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan areszzjay memberi reputasi
Agree. Seperti makan gorengan, 2 kurang, 3 kebanyakan.

Ga baik yang berlebihan emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan areszzjay memberi reputasi
Yg bikin terbelah itu politik SARA & partai demokrat ga usah sok suci
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Hmmm kalau pakai sistem elektoral macam di USA aja gimana ?

Stelah baca2 dan mulai rada ngerti
Kyaknya itu oke juga.
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
ubah aja jadi monarki absolut sekalian


dpr udh jelas jelas bajingan dibarin berperiode periode


ama kayak jaman ottoman waktu itu
sultan kok takut ama petinggi kesultanan
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan areszzjay memberi reputasi
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
kalau gini mah namanya udah aji mumpung....maksain bgt.2 priode udah cukup.
Balasan post smogal
Quote:


Alasannya karena untuk menjadi jaminan agar pemerintah tidak sewenang-wenang. emoticon-Entahlah

Amerika sendiri konstitusinya sudah diubah puluhan kali.
Malah ada yang diubah untuk menghapus perubahan sebelumnya. emoticon-Nyepi
profile-picture
xneakerz memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di