KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Gokil! Pria Ini Membuat Jam Tangan Dari Jamur, Gatel-gatel Gak Ya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dcf6c8b65b24d5d74376de5/gokil-pria-ini-membuat-jam-tangan-dari-jamur-gatel-gatel-gak-ya

Gokil! Pria Ini Membuat Jam Tangan Dari Jamur, Gatel-gatel Gak Ya?

Quote:


Semua organisme yang diciptakan tuhan pasti mempunyai manfaat. Tanpa disadari, organisme dekomposer yang tugasnya mendegradasi sampah-sampah organik ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan produk bernilai jual tinggi.

Jamur yang selama ini pemanfaatannya sedikit terutama jamur-jamur non edible (tidak bisa dimakan) akhirnya mulai menemukan masa keemasannya. Jamur-jamur non edible tersebut mulai ditemukan cara pengolahannya supaya bisa dijadikan bahan pembuatan aksesoris menarik.

Nah pada inovasi kali ini seorang pengusaha jam dari Indonesia berhasil menemukan cara pengolahan jamur-jamur non edible tersebut untuk diekstraksi kandungannya kemudian dikultur dan di manfaatkan menjadi lapisan pembuat kulit pada jam tangan. Penasaran bagaimanakah usaha yang dilakukan dalam memanfaatkan jamur menjadi jam tangan, yuk check thread berikut!

Quote:


Pria bernama Erlambang Ajidarma dari Indonesa berhasil menemukan cara pengolahan jamur untuk dijadikan bahan pembuatan jam tangan. Ia memulainya lewat perusahaan yang ia dirikan bernama Mycotech yang berdedikasi dibidang pemanfaatan jamur untuk dijadikan benda-benda bernilai jual tinggi. Memang sekilas tampak agak mustahil untuk membuat jamur menjadi gelang jam tangan namun dengan ketekunan dan kerja keras yang dilakukan pria ini akhirnya ide tersebut benar-benar terwujud.

Quote:


Tidak hanya jam tangan yang berhasil dikembangkan dengan pemanfaatan jamur ini, berbagai model hiasan rumah juga diproduksi dengan pemanfaatan jamur ini. Ketika Erlambang Ajidarma selaku pendiri perusahaan ditanya apa motivasi membuat jam tangan dengan jamur ini justru ia menjawabnya karena terinspirasi dari pembuatan makanan tradisional khas indonesia yakni tempe. Ia pun mengungkapkan bahwa usaha ini akhirnya berhasil setelah melakukan banyak riset sejak 2016 lalu. Wah cukup panjang juga ya R&D (Research and Development) yang dilakukan untuk menemukan cara pengolahan jamur tersebut.

Quote:


Bahan pembuatan jam ini berasal dari miselium jamur yang terbukti kokoh dan waterproof serta dalam pembuatannya sangat ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi karbon seperti jam-jam tangan sintesis lainnya. Selain itu tidak mengancam keberadaan hewan-hewan liar. Cara pembuatannya juga cukup unik yaitu jamur dikultur pada media serpihan kayu bekas gergaji mesin. Dalam kultivasinya ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Kultur jamur harus benar-benar terkontrol agar media tidak terkontaminasi jamur-jamur kontaminan lainnya.

Quote:


Maka dari itu prosesnya terbilang sulit dilakukan. Namun ketika miselium sudah terbentuk sempurna dan jamur sudah masuk ke fase degradasi, miselium jamur bisa dipanen karena miselium sudah menjadi kokoh dan bisa diolah menjadi bahan pembuat aksesoris-aksesoris yang mempunyai sifat seperti kulit hewan. Proses pembuatan tidak sampai disitu saja, untuk pewarnaan kulit jam tangan digunakan bahan-bahan alami dari daun, akar, dan sisa-sisa bahan makanan.

Quote:


Kini jam dari kulit jamur ini sudah diproduksi secara massal dan menargetkan pasar eropa untuk penjualannya. Untuk harga, Mycotech watch dijual oleh Perusahaan Pala Nusantara mulai dari Rp900.000,- hingga Rp1.400.000,- atau kalau dijual diluar negeri seharga $64 hingga $93. Cukup terjangkau ya untuk sebuah jam tangan dengan proses pembuatan serumit ini. Intinya, jadi bangga deh ternyata ada Inovator dari Indonesia yang mampu menunjukkan dunia bahwa kita juga mampu berinovasi, salut deh sama pendiri Mycotech ini!


Sumber : Disini
Sumber gambar : Google.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
r.maulana.m dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dompetjadipeci
Halaman 1 dari 9
Reserved
Luar biasa ya pria itu... emoticon-Matabelo
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Uwooow... Keren nih... Menjanjikan jugak yak, yg paling murah 900 rebu...
emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh adolfsbasthian
Lihat 1 balasan
Quote:


Quote:


Quote:


Wuogh emoticon-Belo

Kalau jamur yg di badan bisa gak ya? emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


Cobak aja Gan...
emoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
dompetjadipeci dan ritsco memberi reputasi
taunya gue jamur bikin mabok brae
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post Kruingputih4
Quote:


Wadohh bikin gatel-gatel itu mah emoticon-Ngakak
profile-picture
Kruingputih4 memberi reputasi
Wahh..
Keren dan kreatif banget.
emoticon-Matabelo
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Balasan post Kruingputih4
Kalo jamur yang dibadan dicampur dengan minuman bersoda bisa jadi obat perangsang kang..emoticon-Frown
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Quote:


Ouwww....pantesan gak mempan, yg tak kasih ke ayam saiyah daki badan dicampur cuka......malah pingsan emoticon-Frown
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jamur kulit yang bikin gatel.
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Balasan post adolfsbasthian
Quote:


Itu kan harga retailnya gan, kalo sama pajak bisa 1,5 jutaan gan emoticon-coffee emoticon-Big Grin
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
Balasan post Kruingputih4
Quote:


Aje gile yang bener dulu om emoticon-DP
Quote:


profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
luarr biasa banget deh si agan satu ini ya..
membuat jam tangan dengan mengggunakan jamur tak makan... luar biasa banget.. sumpaah... kagak kebayang...
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
salut untuk anak negeri...
mau dong digratisin.. hahaha.. uppss...
lancar jaya usahanya ya gan...
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
proses yang panjang ...
pakai RND.
hahhaa
ane pernah RnD juga mulai 2016. kelarny 2019. itu pun jatuh bangun.. dan belum sempurnaa.. cuman.. bidangnya bedaa.. hehhee
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jamur yang tak makan bisa diolah sedemikian rupa untuk menjadi benda yang layak jual dengan harga wow sekalee...
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
tergolong jeniusss si agan satu ini ya...
waar biasaa...tak kenal lelah dan tak pantang menyerah untuk menggapai sesuai yang lebih cerah...
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
dari pengalaman si agan itu dapat disimpulkan bahwa kalau kita setia terhadap perkara yang kecil dan tekun...
kita pasti dapat mencapai asa dengan indah...
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di