KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Sambut Emisi Euro 5, Bagian Motor Ini Bakal Berubah, Jadi Makin Jelek?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dcf67d210d2955da970f22f/sambut-emisi-euro-5-bagian-motor-ini-bakal-berubah-jadi-makin-jelek

Sambut Emisi Euro 5, Bagian Motor Ini Bakal Berubah, Jadi Makin Jelek?

Sekarang persoalan emisi makin dikekang ketat, kendaraan termasuk motor pun diperhatikan soal standar emisinya. Lihat saja perkembangan dari emisi Euro 1 sampai Euro 4 saat ini tidak butuh waktu lama, dan rencananya bakal diterapkan satandar emisi Euro 5 di tahun depan.

Pabrikan akan banyak merubah struktur dan menyesuaikan kembali agar produknya dapat lolos standar emisi. Biasanya hal yang ditingkatkan adalah kompresi mesin, nantinya kompresi tersebut akan di komparasikan dengan bahan bakar beroktan tinggi, sehingga pembakaranya jauh lebih efisien.

Sambut Emisi Euro 5, Bagian Motor Ini Bakal Berubah, Jadi Makin Jelek?

Selain itu desain knalpot akan dirubah total, kalau kalian lihat motor-motor khususnya motor gede sekarang pakai knalpot standar ukurannya gede-gede. Seperti GSX-R1000 dan CBR1000RR.

Desain knalpot gede seperti ini sebenarnya bukan bagian dari tindakan yang berlebihan dari pabrikan untuk mempercantik tampilan, justru dengan mengubah desain knalpot yang lebih besar tersebut akan membantu untuk mengkompres emisi jadi lebih baik.
Padahal kalau berbicara soal desain, knalpot yang ukurannya besar-besar seperti ini sangat tidak cocok dan jelek dari segi estetika.

Sambut Emisi Euro 5, Bagian Motor Ini Bakal Berubah, Jadi Makin Jelek?

Pabrikan pun gak akan rela buang cost produksi banyak-banyak hanya untuk satu desain knalpot besar seperti ini, karena memang mereka dituntut untuk memproduksi motor dengan emisi gas buang yang sesuai standar. Itu padahal baru standar Euro 4 loh, bagaimana tahun depan yang konon meningkat ke Euro 5.

Sedikit membahas gambaran emisi Euro, jadi sesuai namanya awal mula tercetus emisi Euro yakni dari bentuk Uni Eropa. Untuk standar Euro 1 khususnya berlaku pada sepeda motor pertama kali diberlakukan pada 17 Juni 1999, kemudian mengalami peningkatan pada tahun 1 April 2004 berubah menjadi Euro 2, selanjutnya disusul Euro 3 pada 1 Januari 2006, dan peraturan makin ketat maka diberlakukannya Eruo 4 pada tahun 2013.

Sambut Emisi Euro 5, Bagian Motor Ini Bakal Berubah, Jadi Makin Jelek?

Dan rencananya tahun depan 1 Januari 2020 akan diberlakukan standar emisi baru Eruo 5. Setiap peningkatan emisi, karbon monoksida, hidrokarbon yang tidak terbakar, dan oksida nitrogen (NOx) yang keluar semakin rendah.

Nantinya motor harus menghasilkan tidak lebih dari 0,1 g/km hidrokarbon, dengan hidrokarbon non-metana (NMHC) mewakili kurang dari 68% dari jumlah itu. Kira-kira bakal segede apa ya knalpot motor nanti?

Kurang lebih beginilah gambaran tabelnya :

Sambut Emisi Euro 5, Bagian Motor Ini Bakal Berubah, Jadi Makin Jelek?

Referensi : iwanbanaran.com(11/11/2019).
profile-picture
1syarif memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
jelek amat
itu knalpot apa pentungan? emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
nanti jg bakal diganti knalfot resing bre emoticon-Cool
Quote:


Bisa buat gebuk maling wkwk
Quote:


Ya sihh..cmn pake knalpot racing pun jadi was2, rawan ketilang gan klo gak memenuhi syarat desibel tertentu
Quote:


Sejenis sihemoticon-Ngakak
Quote:


Bisa bisa emoticon-Goyangemoticon-Goyang
tapi standarisari emisi dinaikin bakal tetep turun semisal tuh motor diganti knalpot racing, kalo di indonesia bakal sulit memberlakukan ini
Turun dari dealer langsung ganti nalpot...
+62 gitu loh
Quote:


Biasanya kan kompresinya gede ya, efeknya motor makin makan bensin mahal, ya tau lah efeknya nanti
Quote:


Gak racing gak uhhh
Quote:


Iya gan emisinya bakal gede, ya kalo gamau ada emisi dari kendaraan ya pake motor listrik aja ya hehehe
profile-picture
p.newman memberi reputasi
Quote:


Itu sih solusinya emng, katanya sih 2040 kendaraan semuanya full elektrik nanti
Quote:


Tp listrik kan kebanyakan diproduksi oleh PLTU yang punya emisi lebih gede. Yang intinya bakal sama aja sih gan wkwkwkwk
tinggal taruh di bawah jok biar ga kelihatan
Kalem knalpot racing banyak dari yg merdu sampe ngerusak telinga emoticon-Embarrassment jadi lolos euro 5 tapi ditangan konsumen tidak lolos gara2 knalpot standar segede pentungan yg merusak estetika motor sport anjir emoticon-Leh Uga
Diubah oleh aliensia
walaupun keliatan jelek, tapi menurut ane tuh knalpot bagian dari estetika motor tersebut. Kalo emang dirasa jelek pasti pabrikan menyiasati pake tabung dibawah mesin atau dibawah jok belakang.
Quote:


Iya gan biasanya katalitik converternya gede


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di