KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dcda10f9a972e5062714a80/segeralah-menikah-sebab-syaratnya-makin-berat-di-tahun-2020

Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020


Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020

Manusia adalah makhluk yang lebih dimuliakan dan diutamakan Tuhan dibandingkan dengan makhluk-makhluk lainnya. Tuhan telah menetapkan adanya aturan tentang perkimpoian bagi manusia dengan aturan-aturan yang tidak boleh dilanggar. Sebab Tuhan tidak membiarkan manusia berbuat semaunya seperti binatang, kimpoi dengan lawan jenis tanpa aturan, atau seperti tumbuh-tumbuhan yang kimpoi dengan perantara angin.

Karena itu, bagi yang sudah mampu dan siap untuk berumah tangga, maka segeralah untuk menikah. Sebab kalau ditunda-tunda, kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada minggu, bulan atau tahun depan. Boleh jadi sang calon berpaling hati atau ditikung oleh pria lain, atau terjadi hal-hal yang membuat acara pernikahan semakin berat atau sulit.

Apalagi di tahun 2020 nanti, ada aturan baru dari pemerintah terkait urusan pernikahan. Aturan baru itu cukup merepotkan, bahkan bisa jadi menghalangi sebuah rencana ijab kabul yang sudah direncanakan dengan matang.

Apa saja aturan baru pernikahan tahun 2020 nanti? Berikut penjelasannya!


1. Sertifikasi Pernikahan

Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020

Meski ini masih sebatas wacana, namun ada kemungkinan hal ini benar-benar akan diterapkan pada tahun 2020 nanti. Sebab masalah sertifikasi pernikahan ini sudah dicanangkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Rencananya, di tahun 2020 nanti, setiap pasangan yang akan menikah, wajib mengikuti semacam bimbingan Pra Nikah, selama 3 bulan. Untuk melaksanakan program ini, Kemenko PMK akan bekerjasama dengan Kementerian Agama Kemenag dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kementerian Agama khusus memberikan materi bimbingan tentang hak dan kewajiban suami istri dalam rumah tangga, serta keluarga sakinah. Tujuannya agar suami istri dapat membangun rumah tangga dengan baik, serta mengurangi angka Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan perceraian.

Sedangkan Kementerian Kesehatan akan memberikan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi, serta penanganan masalah kesehatan dalam rumah tangga, sehingga dapat melahirkan anak-anak yang sehat dan cerdas.

Nah, setelah mengikuti bimbingan pra nikah tersebut, calon suami istri akan diberikan Sertifikat layak untuk menikah. Sertifikat tersebut dijadikan sebagai salah satu persyaratan dalam mengajukan permohonan nikah ke KUA.

Namun tidak semua calon suami istri lulus dan mendapatkan sertifikat tersebut setelah mengikuti bimbingan. Barangkali ada semacam evaluasi berupa ujian tertulis yang harus dijawab oleh calon suami istri setelah mengikuti bimbingan, yang akan lulus tidaknya, sehingga berhak mendapatkan Sertifikat tersebut.

Dengan demikian, cukup repot juga kalau harus mengikuti bimbingan selama 3 bulan, apalagi kalau sampai tidak lulus dan tidak mendapat sertifikat, yang berarti harus mengulang mengikuti bimbingan.


2. Usia Pernikahan

Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020

Menurut pasal 7 ayat (1) Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkimpoian, calon suami istri diizinkan untuk menikah, jika calon suami sudah berusia 19 tahun, dan calon istri 16 tahun.

Namun dalam revisi atau perubahan pasal tersebut yang baru saja disahkan oleh DPR, yaitu Undang-undang Nomor 16 tahun 2019, sekarang usia pernikahan yang diizinkan adalah sama antara calon suami dan istri, yakni 19 tahun.

Meski ketentuan ini sudah berlaku sejak September 2019, namun pelaksanaannya secara efektif biasanya akan dimulai setahun kemudian.

So, bagi Agan-Agan yang punya calon istri yang masih berusia 16-17, segeralah menikahinya di tahun ini. Jika tidak, maka minimal 2 tahun lagi baru bisa melaksanakan pernikahan. Kalaupun ngotot ingin menikah juga, terpaksa harus repot mengurus dispensasi pernikahan di bawah umur ke Pengadilan Agama, disertai dengan alasan-alasan mendesak yang bisa diterima oleh pihak pengadilan.(*)
*****

Ref, Sumber Foto
.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 17 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 11
Reservasi
Masa bodo yang penting kimpoi makin gampang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eomma dan 4 lainnya memberi reputasi
sertifikat pra nikah..
emoticon-Wow
profile-picture
eomma memberi reputasi
Berbahagialah bagi yang udah nikah emoticon-Cool
profile-picture
eomma memberi reputasi
Buset, ada sertifikat layak nikah
Kalo gak lulus ngulang lagi dong emoticon-Frown

Kayak UN aja emoticon-Ngakak (S)
hehehehe
ane belum nikah sih, setelah melihat dan mengamati banyak temen2 yang udah nikah ane berpikir emang ada baiknya kyk begitu

tapi kalau urusan untuk penganggulan sebelum mslh itu ada atau yang lain
itu tergantung individu nya ane rasa
profile-picture
KiroV memberi reputasi
yg jomblo segera nikah..yg udah nikah segera nambah emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:


Nah ini yg gue demen. emoticon-Wkwkwk Entar maska*win kena pajak juga lho...
untung udah laku emoticon-Ngakak
Tapi itu jujur kan ? Gak kaya bikin SIM
emoticon-Bingung
Diubah oleh Hendracute
entar ada sistem tembak lagi emoticon-Ngakak
anjaayy sertifikat layak kimpoi... bisa buat ngelamar kerjaan gak ya emoticon-Ngakak
di 2018 juga udah ada kaya ginian, adek ane nikah mesti tes kesehatan, konseling, dll di puskesmas rujukan dari kelurahan, nanti dapet "Sertifikat Layak kimpoi" dari puskesmas. Baru deh bisa di proses ke kelurahan dan lanjut ke KUA, intinya sih birokrasinya aja yg lbih panjang. Jadi jangan takut, kalo niatnya baik ya jalanin aja emoticon-Big Grin
Spoiler for bukti:
profile-picture
profile-picture
eriksa dan reid2 memberi reputasi
Diubah oleh midnight.Outlet
OMG, para singgle jadi makin khawatir nih
Lihat 1 balasan
syarat yg gampang aja ud banyak yg maksiat,,,,, apalagi nanti makin dipersulit apa kaga makin tambah banyak emoticon-Hammer2
Yang menjadi pertanyaan apakah sertifikat tsb gratis?

Kalo gratis saya mau booking 4 sertifikat.

1 buat bini tercinta.
3 buat ke bank.

Aku Minggu kemarin entah karena emang aku rada bego atau gimana ditanya sama orang bank...."Jadi kapan bapak mau pakai fasilitas kredit nya"
Aku jawab "Trus ntar duitnya buat apa?"
Orang bank nya bilang "Nanti juga kalo dana udah cair Bapak bakalan tau buat apa?"

Padahal aku Khan lagi butuh duit buat beli panci presto baru..yg lama rusak ga berfungsi.... hadeuh gak kepikiran.

Agak serem juga kalau ada tes keperawanan
Kocak ada testnya juga buat dpt sertifikat.. klo udh kebelet gimana lg coba??
segeralah kalo begitu
Quote:


Cowok mana yg beruntung mendapatkan kamuh?
Halaman 1 dari 11


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di