KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dcd325ab840880454312acf/galette-dan-pagpag-makanan-si-miskin-untuk-ganjal-perut

Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut

Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut

Makanan sisa tentu akan berakhir di tempat sampah, tapi ada beberapa negara yang mengolah makanan sisa menjadi lauk pauk untuk hidangan utama keluarga. Contohnya Manila, orang miskin di negara ini justru memungut bekas makanan sisa untuk diolah kembali menjadi makanan favorit dengan cita rasa tersendiri. Makanan berbahan dasar sisa makanan bekas ini diberi nama Pag-pag. Kalo di Indonesia juga ada sih sebenernya, dulu disebut nasi aking ataupun air tajin alian air cucian beras.


Pag-pag sebenarnya merupakan istilah yang digunakan untuk debu yang melekat pada pakaian atau karpet. Namun, masyarakat Filipina menggunakan kata itu khusus untuk menyebut daging sisa yang dibuang oleh restoran dan kedai makanan cepat saji.

Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut

Biasanya para pengepul pag-pag akan bergerak dari jam 4 subuh menuju tempat pembuangan sampah. Pada jam tersebut, para pemilik kedai akan membuang makanan sisa mereka. Para pemburu Pag-pag selama seminggu akan mendapat gaji sebesar 80 ribu rupiah, dan mereka akan menjualnya kembali ke penadah sebesar 7-8 ribu rupiah per kantongnya.

Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut

Pagpag merupakan makanan yang tercipta karena himpitan ekonomi masyarakat Filipina di pemukiman kumuh. Hidangan ini akhirnya menjadi pengganti makanan pokok dari daging yang sulit didapat karena harga yang mahal.

Gimana gansis? Yang lagi mam siang berniat mencobanya? Kira-kira ini makanan bakal membunuh penikmatnya ga ya? Cekidot langsung di The Lounge hanya di Kaskus Podcast!
Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut




emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut



profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
yg penting konsumsi daging terpenuhi emoticon-Jempol
profile-picture
red.wangyi memberi reputasi
Kreatif nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
terorist56 dan 3 lainnya memberi reputasi
abis baca ini, masih mau buang buang makanan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 6 lainnya memberi reputasi
asalkan dimasak dengan panas yang cukup harusnya sih ok.
tapi sedih juga ya bre
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 2 lainnya memberi reputasi
Penting tuh, perjuangan utk survive.

Tp kl mampu beli yg fresh, ya pilih yg fresh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qisatria dan 2 lainnya memberi reputasi
Itu yang beli tau nggak apa yang mereka beli?
Atau sama kayak di sini..
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yah males pasang headset jadi males dengerin juga emoticon-Hammer
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
makanan kucing dan anjing jalanan....emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan kakekane.cell memberi reputasi
Di indonesia Gelatte biasa di sajikan dingin, dengan tambahan toping di cup kecil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Penting wareg, emoticon-Traveller
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


Selama kualitas dagingnya belum rusak.. Ya sebenernya gpp.. Asal di cuci bersih dan di masak bagus2..

Btw, beberapa bakteri dan virus sepertinya bisa tetap bertahan hidup meski di suhu yang tinggi sekalipun.. emoticon-Blue Guy Peace
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
ada belatungnya gan emoticon-Hammer2
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
di indonesia pun ada yg kyk gini toh..Pernah diungkap dlm acara investigasi salah satu tv swasta.
pengepul ngumpulin bekas makanan/ daging dr kedai atw resto cepat saji, utk selanjutnya diolah kembali, dimasak dan dijual.
Cuma bedanya penjual di Indonesia gak jujur. Mrk jual kembali dg harga normal, dan konsumen juga gak diberitau bahwa masakan tersebut dr bahan bekas emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


mereka yg beli tau apa yg merema beli kok..

dr pada kelaparan.mending makan pagpag
profile-picture
profile-picture
todzzz dan kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


Bersyukur banget gan hiks hiks
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Kasian emoticon-Sorry
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
mensyukuri segala kenikmatan emoticon-Cool emoticon-Cool
ane kalau gak habis makan, biasanya ane kasihkan ke ayam2 peliharaan ane
Di Indonesia juga banyak, malah lebih sadis lagi. Buat dijual ke anak-anak SD

Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut
Diubah oleh saya.kira
yg penting kenyang
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di