CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Burung Unik di Dunia Ini Membuat Melongo, Ada yang Paruhnya Mirip Sereal, Loh!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dcb78b5b41d304f8f00615b/burung-unik-di-dunia-ini-membuat-melongo-ada-yang-paruhnya-mirip-sereal-loh

Burung Unik di Dunia Ini Membuat Melongo, Ada yang Paruhnya Mirip Sereal, Loh!

Burung Unik di Dunia Ini Membuat Melongo, Ada yang Paruhnya Mirip Sereal, Loh!


Assalamualaikum, GanSis. Jumpa lagi dengan thread  saya.


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


Dunia fauna di dunia memang memiliki keanekaragaman hayati tersendiri. Letak geografis yang berbeda-beda membuat mereka memiliki morfologi yang khas. Misalnya dari bentuk badan, sayap, kepala, tungkai, bahkan paruh. Bagian-bagian ini juga mempunyai fungsi unik untuk bertahan hidup dan melindungi diri dari predator.



Di thread saya kali ini akan mengulas beberapa burung-burung unik yang ada di dunia. Penasaran? Mari kita lihat satu persatu.




1. Frigaterbird/ Cikalang Elok (Fregata magnificiens)

Burung Unik di Dunia Ini Membuat Melongo, Ada yang Paruhnya Mirip Sereal, Loh!
Pic. by Everywild.com



Sekilas burung Frigat ini seperti tengah bersandar pada balon merah atau bantal berbentuk hati dengan totol hitam di bagian pinggirnya. Jangan terkecoh ya GanSis. Ia tidak sedang bersantai. Benda tersebut adalah kantong gular/ kantung tenggorokan Jenis kelamin burung Frigat dapat dibedakan dari gular ini. Merah untuk betina dan putih keabu-abuan untuk jantan. Burung ini bisa ditemukan di Florida, Karibia, Kepulauan Galapagos, dan Atlantik.



2. Burung Hering (Sarcoramphus papa)

Burung Unik di Dunia Ini Membuat Melongo, Ada yang Paruhnya Mirip Sereal, Loh!
Burung Unik di Dunia Ini Membuat Melongo, Ada yang Paruhnya Mirip Sereal, Loh!
Pic. by Studies Weekly



Hering Raja/ King Vulture/ Nasar Raja merupakan hewan yang memiliki warna yang mencolok. Paruh seperti kepingan-kepingan sereal kuning. Terlihat juga seperti jengger yang menempel di sana. Kepala dan lehernya minus bulu. Di dada burung pemakan bangkai ini terdapat kantung menggelambir berwarna abu-abu. King Vulture menjadi simbol mitologi Suku Maya, yaitu jelmaan dewa berkepala burung dan berbadan manusia. Biasa terlihat di Belize, Honduras, Bolivia, Nikaragua, dan El Salvador.



3. Shoebil Strok/ Burung Paruh Sepatu/ Bangau Kepala Paus (Balaeniceps rex)


Burung Unik di Dunia Ini Membuat Melongo, Ada yang Paruhnya Mirip Sereal, Loh!
Pic. by www.oiseaux-birds.com 



Burung ini sekilas mirip bebek jika diperhatikan dari bagian tubuh ke atas. Namun, bagian tubuh ke bawah justru cenderung berbentuk seperti bangau atau pelikan ditambah paruh lebar sebagai pemangsa ikan. Wajah Shoebil cenderung tidak bersahabat. Ia mampu bertahan selama 35 tahun. Bangsa Mesir dan Arab kuno pernah mengabadikan burung ini di dalam manuskrip. Shoebil biasanya berada di Sudan, Kongo, kenya, Afrika Tengah, dan Kamerun.



4. Black Heron/ Bangau Hitam(Egretta ardesiaca)

Burung Unik di Dunia Ini Membuat Melongo, Ada yang Paruhnya Mirip Sereal, Loh!
Burung Unik di Dunia Ini Membuat Melongo, Ada yang Paruhnya Mirip Sereal, Loh!
Pic by. www.walkthroughindia


Hewan unik satu ini memang dapat membuat kita berdecak kagum. Persebaran Heron ada di Sudan, Senegal, dan afrika Selatan. Black Heron mampu melengkungkan diri seperti payung untuk menangkap mangsa. Pertama-tama ia akan melangkah tenang mendekati buruan. Ketika ikan tidak mencurigai gerak geriknya, maka ia akan merentangkan kedua sayap kemudian menangkupkannya ke arah ikan sampai terjebak. Hap! Bangau ini langsung menikmati korbannya.




5. Sage Grouse/ Sagehen (Centrocercus urophasianus)

Burung Unik di Dunia Ini Membuat Melongo, Ada yang Paruhnya Mirip Sereal, Loh!Pic. by clickstechnology.blogspot.com


Ingin membedakan belibis ini? caranya hampir sama dengan Figaterbird. Lihat saja kantung gular yang menggelambir pada dadanya. Jika kantung hitam tersebut menggelembung besar, artinya burung ini berjenis kelamin jantan. Begitu juga sebaliknya untuk betina. Burung ini dapat GanSis temukan di Amerika dan Kanada.



Bagaimana GanSis? Unik bukan? Sekian thread saya. Semoga menghibur dan menambah wawasan ya. Sampai jumpa di thread berikutnya.



emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss

Referensi: Opini, www.Ranker.com, wikipedia, dan www.oiseaux-birds.com

 
#burungunik
#keajaibandunia
#fauna
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 22 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh AdelineNordica
Halaman 1 dari 9
itu 2 kantung menggelambir mirip nganu.
emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) terima bata ya gansis emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelinesssoul dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh AkuSedih
itu kantong gular di tenggorokan untuk menangkap ikan
emoticon-Keep Posting Ganemoticon-Keep Posting Ganemoticon-Keep Posting Gan

Tentang Kantong Gular

Burung pelikan dapat dikenali dengan mudah dari kantong paruhnya yang besar.

Kantong ini disebut kantong gular. Kantong ini dapat mengembang menjadi besar berbentuk gelembung.

Banyak yang menyangka kantong itu digunakan untuk menyimpan makanan selama beberapa hari.

Di dunia barat, anggapan ini menjadi terkenal karena ada sajak yang menyebutkan kalau ikan pelikan menyimpan makanannya di paruh besarnya selama seminggu.

Ternyata kantong ini gunanya bukan untuk menyimpan makanan, lo. 

Suka Makan Ikan

Burung pelikan yang tinggal di dekat air ini suka memakan ikan dan hewan-hewan kecil seperti kadal dan kepiting.

Ikan adalah makanan yang paling mereka sukai.

Burung pelikan mengintai ikan-ikan yang berenang dari atas kemudian meluncur ke air untuk menangkapnya.

Saat menangkap ikan buruannya, ikan-ikan pelikan menyelam ke dalam air.

Alat Bantu Menangkap Ikan

Ikan buruan itu langsung ditangkap dengan paruh dan dimasukkan ke dalam mulutnya.

Air di sekitar ikan itu juga turut masuk ke dalam mulut.

Nah, saat inilah kantong gular digunakan. Kantong itu dapat menggembung saat berisi air.

Pada beberapa spesies burung pelikan, ada yang kantongnya dapat menampung air sampai 3 galon.

Kantong gular ini sangat membantu untuk menangkap ikan di air.

Saat ikan mangsanya sudah tertangkap, burung pelikan mengeluarkan air dari dalam kantongnya.

Ikan yang terperangkap di dalam mulut baru kemudian dimakan.

Sumber: https://bobo.grid.id/amp/081909364/k...kanan?page=all
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh AdelineNordica
reserve untuk burung unik lainnya😊😊
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
lucu beuh yg punya kantung
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
Baru tahu.
emoticon-sudahkuduga
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
Quote:


Yang mirip love cantik ya, Teh?😍😍
profile-picture
profile-picture
fhaizfa25 dan AkuSedih memberi reputasi
Unik unik ya ciptaan Yang Maha Kuasa
profile-picture
profile-picture
fhaizfa25 dan AdelineNordica memberi reputasi
Quote:


Iya.emoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss
profile-picture
indahmami memberi reputasi
jaman now, kalo membedakan cewek dan cowok harus di cek juga ada yang menggelabir apa tidaknya bre
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
shotgunBlues dan AdelineNordica memberi reputasi
Quote:


Masyallah banget, Bangemoticon-2 Jempol
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
keren emoticon-Toast
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
[quote=mainanuang;5dcb7d938012ae28680e4f7b]jaman now, kalo membedakan cewek dan cowok harus di cek juga ada yang menggelabir apa tidaknya bre
emoticon-Leh Uga[/quot
emoticon-Wakaka masa sampai segitunya. Biasanya kalau cowok dan cewek tulen bakalan mudah dideteksi.😅😅
Quote:


emoticon-Shakehand2 thanks, Gan
Keren burungnya
profile-picture
profile-picture
cipokan.yuk dan AdelineNordica memberi reputasi
Ngebayangin dipatuk oleh shoebill dgn paruh segede itu emoticon-Takut

Black heron jg keren tuh kyk di film 300 pas lg dikepung emoticon-Ngakak
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
Quote:


Bangetemoticon-2 Jempol
Quote:


emoticon-Wakaka ngeliatin tampangnya aja udah serem. Mirip angry bird. Apalagi kalau deket2.

Bikin pasukan penyergap kayak 88. emoticon-Leh Uga
Quote:


Liat dr depan makin menyeramkan itu shoebill, kalo gak salah prnh liat videonya pas shoebill jalan keluar dr kandang dia liat ke arah kamera
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
Kok
Mirip itu ih



emoticon-DP
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
Quote:


Burung Unik di Dunia Ini Membuat Melongo, Ada yang Paruhnya Mirip Sereal, Loh!

emoticon-Wakaka siap menerkam
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di