KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pernyataan MUI soal Larangan Pejabat Mengucap Salam Semua Agama
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dca5273af7e93132e755780/pernyataan-mui-soal-larangan-pejabat-mengucap-salam-semua-agama

Pernyataan MUI soal Larangan Pejabat Mengucap Salam Semua Agama


Selasa, 12 November 2019Pernyataan MUI soal Larangan Pejabat Mengucap Salam Semua Agama

MUI Jatim mengimbau pejabat tidak menggunakan ucapan salam pembuka semua agama. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.comJAKARTA - Sekjen Majelis Ulama Indonesia Anwar Abbas menanggapi imbauan MUI Jawa Timur agar pejabat tidak menggunakan ucapan salam pembuka semua agama.

Menurut Anwar Abbas, imbauan itu merupakan anjuran agar berhati-hati dalam persoalan akidah.


"Seorang Muslim harus berhati-hati di dalam berdoa dan jangan sampai dia melanggar ketentuan yang ada karena ketika dia berdoa maka dia hanya akan berdoa dan akan meminta pertolongan dalam doanya tersebut hanya kepada Allah SWT saja dan tidak boleh kepada lainnya," kata Buya Anwar dalam siaran pers, Senin (11/11).


Baca Juga:




Anwar menilai, imbauan MUI Jatim itu sudah tepat dan sesuai dengan ketentuan Alquran dan Hadits karena di dalam Islam setiap doa selain ada dimensi muamalah (hubungan kepada sesama) juga sangat sarat dengan dimensi teologis serta ibadah.


Dijelaskan, dalam berdoa, seorang muslim meyakini bahwa yang bisa mengabulkan doa dari seseorang itu adalah hanya Allah. Maka jika terdapat orang Islam berdoa dan meminta pertolongan kepada selain Allah maka murka Tuhan pasti akan menimpa diri mereka.


"Oleh karena itu, seorang Muslim dalam berdoa jangan dan tidak boleh meminta tolong kepada selain Allah dan atau kepada Tuhan dari agama lain," kata dia.


Baca Juga:




Dalam UUD 1945 pasal 29 ayat 2 juga menjamin warga negara untuk beribadah dan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianut.


"Bagaimana dengan hal bertoleransi. Karena masing-masing agama memiliki ajaran dan sistem kepercayaan sendiri-sendiri maka untuk terciptanya kerukunan maka kita tidak boleh memaksakan kepercayaan dan keyakinan suatu agama serta cara beribadah dan mengucapkan salam yang ada dalam suatu agama kepada pengikut agama lain," katanya.


Maka dari itu, Anwar mengajak agar dalam bersosial setiap warga negara agar hormat-menghormati ucapan salam tanpa harus menambah dan mengucapkan salam agama lain.

"Adanya fatwa dari MUI Jatim ini menjadi penting karena tugas MUI adalah menjaga umat dengan imbauan maka umat tidak bingung dan menuntun akidah, ibadah dan muamalahnya dengan baik. Sehingga tetap membangun hubungan baik umat beragama dengan baik dengan tidak melanggar ketentuan dari ajaran agamanya," katanya. (antara/jpnn)




  


BERITA TERKAIT















profile-picture
profile-picture
profile-picture
alfiannsx98 dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10
Urip kok di gawe ribet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
konodioda dan 15 lainnya memberi reputasi
Katanya masalah mengucap salam, kok di pernyataan malah dibahas masalah berdoa dan meminta tolong pada Tuhan?

Kalo doa gak usah dikasih tau semua muslim gak akan berdoa memakai doa agama lain.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
4mes dan 29 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
kalo hati2 semua , gak bakal ada yg korupsi pengadaan AlQuran, gak ada ketua partai korupsi miara phustun emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 25 lainnya memberi reputasi
hwehehehehehehe
profile-picture
profile-picture
liksemut dan blambih memberi reputasi
Quote:


Memang ada berapa Tuhan sih?

emoticon-norose
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 11 lainnya memberi reputasi
apa hak nya mui m ngatur itu segala
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liksemut dan 4 lainnya memberi reputasi
Menurut saya, pikiran harus terbuka dan dijaga jernih, apalagi pemuka agama harusnya bersih hati, bersih pikiran emoticon-Big Grin

Bila salam ditujukan untuk audience yang notabene beragam agama / kepercayaan umum, baiklah mengucap salam secara general.
Bila salam ditujukan untuk kalangan intern, walaupun untuk direkam, tidak masalah kalau tidak mengucap salam karena toleransi juga ada batasannya.

Mengenai kenapa jadi nyerempet ke doa..
numpang ketawa aja deh,
ternyata ada ya pemuka umat yang (bangga) mengklaim ada islamphobia dalam pemerintahan, tapi ternyata kebalikannya, kelihatan lebih takut sama ajaran orang lain emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 28 lainnya memberi reputasi
Quote:


Pernyataan MUI soal Larangan Pejabat Mengucap Salam Semua Agama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LZS dan 8 lainnya memberi reputasi
MUI kok ngajarin kebencian emoticon-Mad
biar saling benci, biar saling bermusuhan emoticon-Mad

mulut2nya sendiri, suka2nya sendiri, ya biar aja.
yg dikasih salam aja gak protes.
yg ngasih salam jg gak rugi.

emoticon-Wkwkwk


malah jd saling hidup rukun, saling menghormati emoticon-Stick Out Tongue

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 11 lainnya memberi reputasi
volume suara azan dari toakk tuh di fatwain....

apakah jaman nabii pake sepertiii ituu..??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
karikai04 dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ngapain nyerempet ke doa? Ini malah melebar kemana mana kesannya... Mulut boleh ngucap islamphobia tapi sama agama lain insecure emoticon-Leh Uga....gk usha bikin ribet deh kalo gk mau ngucap salam dalam bahasa agama lain pake aja ucapan selamat siang, hai, apa kabar..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 13 lainnya memberi reputasi
Berkah dalem.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liksemut dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Karena pola pikit orang luar lebih maju dan memiliki empati tinggi sebagai orang ormas untuk membantu masyarakatnya.. Kalo dimari jangan harap, banyakan preman kedok ormas suka meras pedagang, pengusaha , bahkan kepsek. Bikin susah rasanya kaya smapah masyarakat aja mereka ini.. Hobi demo kan timbang berbuat sesuatu ke masyarakat misalnya kerja bakti gitu.

Dan ngapain ente ngepost ini? Beda bahasan gan
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan kaiharis memberi reputasi
Diubah oleh aliensia
Yang penting masih boleh main hp cinak.
Ane yang islam protestan nggak ngaruh sama fatwa MUI😏
profile-picture
profile-picture
eggnostick dan dalamuka memberi reputasi
Quote:


Malah merekalah yang mengidap "ajaran laino phobia" akut emoticon-Ngakak (S)

Sebetulnya mereka takut apa sih pake himbau himbau begitu emoticon-Bingung (S)
Takut dimarahin tuhan kah? emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan kaiharis memberi reputasi
Simple

Acara yg audience campur sari , salam semua

Acara yg internal agama , ya salam agama

Kalau Ribet2 mulu beragama ...ntar lama2 ditinggalkan loh emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Harusnya yang kayak gini gak perlu dipermasalahkan.
mungkin menurut MUI Allah itu nama Tuhan. Padahal Tuhan itu gak ada nama. Tuhan yaa Tuhan, Allah itu Tuhan dalam bhs arab..

Lalu doa pun harus pakai bhs yg di arab2kan, dan ada alloh2nya,, baru mustajab emoticon-Big Grin emoticon-Ngakak (S)

Padahal gak masalah doa pakai doa apapun.
Allah bukan dewa bangsa arab emoticon-Big Grin
Tuhan itu pencipta semua manusia, apapun agamanya,

Tuhan Maha Kuasa
Mana mungkin Tuhan gak faham om santi santi, syaloom aleichem??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LZS dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh henprad
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di