KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menhan Prabowo dan Panglima TNI Bakal Tertibkan Seragam Banser?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc93694f0bdb20e4c1d187d/menhan-prabowo-dan-panglima-tni-bakal-tertibkan-seragam-banser

Menhan Prabowo dan Panglima TNI Bakal Tertibkan Seragam Banser?

Quote:


Tengah beredar di media sosial sebuah narasi yang menyebut bahwa Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto akan menertibkan seragam ormas yang mirip dengan seragam TNI, salah satunya termasuk seragam Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser NU). Narasi terkait hal tersebut diunggah oleh pengguna Facebook bernama ‘Khaysha Zasqiya Ramadhani’.

Unggahan itu berisi gambar tangkapan layar sebuah artikel dari situs berita iNews.id dengan foto pertemuan antara Prabowo dan Hadi. Dalam gambar tersebut, terdapat narasi yang berbunyi, “Menhan Prabowo dan Panglima akan menertibkan ormas yang berpakaian mirip uniform TNI sesuai Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2017 Pasal 59".

Menhan Prabowo dan Panglima TNI Bakal Tertibkan Seragam Banser?


Selain itu Khaysha juga menambahkan narasi dalam postingannya dengan menyebut “Banserr - cepaat cari seragam batik, lorengmu akan disita …”

Melihat narasi yang tengah viral tersebut, lantas bagaimana kebenaran informasinya?


PEMERIKSAAN FAKTA
Melansir dari Tempo.co, Hansip Hoax mendapatkan informasi bahwa melalui pencarian di situs iNews.id, ditemukan sebuah artikel asli yang berisi pertemuan antara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Foto yang dimuat dalam artikel di iNews.id tersebut juga sama dengan foto yang berada dalam unggahan akun Facebook Khaysha.

Namun ditemukan perbedaan yang jelas antara artikel asli dari iNews.id dengan artikel yang dibagikan oleh Khaysha di laman Facebook. Jika dalam unggahan Khaysha artikel tersebut menggiring narasi publik dengan menyebut Menhan Prabowo dan Panglima TNI akan menertibkan ormas yang berpakaian seperti seragam TNI, padahal melansir dari artikel asli iNews.id, judul yang terdapat dalam artikel tersebut adalah “Menhan Prabowo dan Panglima TNI Bertekad Wujudkan Postur Pertahanan Negara Andal”.

Menhan Prabowo dan Panglima TNI Bakal Tertibkan Seragam Banser?


Berita tersebut berisi tentang komitmen TNI dan Kementerian Pertahanan untuk mewujudkan postur pertahanan negara yang andal untuk menghadapi berbagai ancaman dan tantangan masa depan bangsa. Hadi menuturkan bahwa TNI telah menerima alat utama sistem senjata (alusista) hasil pembangunan kekuatan MEF Renstra ke-II yang diadakan Kementerian Pertahanan.


KESIMPULAN
Jadi Gan, berdasarkan pemeriksaan fakta yang telah dilakukan Hansip Hoax dapat disimpulkan bahwa gambar tangkapan layar artikel yang diunggah akun Facebook Khaysha Zasqiya Ramadhani dapat dipastikan adalah suntingan. Judul asli artikel dari iNews.id tersebut sama sekali tidak menyinggung soal rencana Menhan Prabowo dan Panglima TNI untuk menertibkan seragam ormas yang mirip dengan seragam TNI.

Sebarkan ya informasi klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoax yang menyesatkan.

SUMBER
Tempo.co
profile-picture
profile-picture
profile-picture
falah.alkabiir dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yagami.laightou dan 4 lainnya memberi reputasi
Gak ada hoax gak rame..


emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
profile-picture
profile-picture
y.a.n.s.e.n dan 3 lainnya memberi reputasi
Kalo masih nyinyir juga langsung tamfol aja nih orang


Menhan Prabowo dan Panglima TNI Bakal Tertibkan Seragam Banser?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
romo212 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
PELIntiran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
parfumkuning dan 2 lainnya memberi reputasi
tapi sebenernya bagus juga sih ide nya klo emang beneran...

ormas macem banser, pp, fpi dll yg pake loreng/tanda kepangkatan gitu tertibin aja...

gedeg ngeliatnya liat ormas make bgituan,,,jadi galakan mreka dibanding tni malah...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gogorancak dan 36 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Balasan post landak666
Quote:


Naah inii..
Ane setuju dgn agan..emoticon-Shakehand2

Ormas seragam nya jangan loreng2,garis2 aja seperti jersey Juventus..emoticon-Selamat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lubizers dan 7 lainnya memberi reputasi
Menhan Prabowo dan Panglima TNI Bakal Tertibkan Seragam Banser?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Yang penting pejwan dulu gan.. emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tiobiennyo dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


sabar gan, bersiin internal aparatur negara dari paham-paham anti pancasila aja resistensinya masih gede gini kok mau nyenggol yang diluar
emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 4 lainnya memberi reputasi
ormas sekarang banyak yang jadi duri di masyarakat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jurumudi75 dan 3 lainnya memberi reputasi
mw adu domba
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post uratkumbang
Quote:


Polkadot
emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prasetia13 dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post sweetjulia
Quote:


@sweetjulia
badut donk ?
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan rizaradri memberi reputasi
Quote:


Halo ompras emoticon-Hai
Sing penting pleswan emoticon-army
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prasetia13 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
masih pejwan,,,
emoticon-Cool
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
kalo beneran ditertibkan.. setuju aja

berlaku buat semua ormas yg sok doreng2an
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andhikap0287 dan 3 lainnya memberi reputasi
bubarkan aja sekalian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tukangbeling7 dan 3 lainnya memberi reputasi
laksanaaakaaaan....
profile-picture
profile-picture
angga_nero dan kakekane.cell memberi reputasi
PP itu lebih mirip preman yg berorganisasi, sudah sebaiknya di tertibkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dafdiv11 dan 6 lainnya memberi reputasi
jadi ini hoax? wkwkwk padahal mah udah setuju aja ane emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh usagiku30
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di