KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Fashion /
Nggak Boleh Sembarangan, Begini Cara Merawat Bahan Suede yang Benar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc92c51f0bdb229824adaf1/nggak-boleh-sembarangan-begini-cara-merawat-bahan-suede-yang-benar

Nggak Boleh Sembarangan, Begini Cara Merawat Bahan Suede yang Benar

Bahan suede adalah salah satu bahan yang paling tricky untuk dirawat karena sifatnya yang sensitif. 

Nggak Boleh Sembarangan, Begini Cara Merawat Bahan Suede yang Benar

Goresan noda sedikiit aja bisa mengotori sepatu, boots, atau jaketmu kalau nggak ditanganin buru-buru dan dengan benar. Lebih susah lagi kalau suede-nya warna hitam. Semua debu-debu yang nempel di pakaian bakal terpampang jelas deh kalo nggak rajin-rajin dibersihin. Memasuki musim hujan, merawat pakaian berbahan suede jadi tantangan yang makin besar, karena rawan terpapar basah dan becek. 

Nggak Boleh Sembarangan, Begini Cara Merawat Bahan Suede yang Benar

Meski termasuk susah buat dirawat, masih banyak orang yang memilih pakaian yang berbahan suede, entah yang asli maupun yang imitasi. Alasan utamanya karena bahannya yang lentur dan kelihatan elegan dan lembut waktu dipakai. Apa Gan Sis salah satunya?

Nah, supaya lebih awet, Gan Sis yang punya pakaian berbahan suede bisa ikutin tips perawatannya di bawah ini nih,:
 
1. Jangan pernah dicuci

Nggak seperti pakaian dengan bahan lain, sepatu dan jaket berbahan suede nggak boleh dicuci atau ada dalam keadaan basah. Keadaan yang terlalu lembab bakal meninggalkan noda pada bahan suede, serta mengubah warna dan bentuknya.  Sepatu suede, misalnya, bisa menciut dan nggak muat lagi di kaki kalian kalau udah kena air.

Nggak Boleh Sembarangan, Begini Cara Merawat Bahan Suede yang Benar

Air masih bisa digunakan kalau kalian cuma mau membersihkan noda-noda kecil pada permukaan jaket atau sepatu. Kalian bisa semprotkan sedikit aja air ke seluruh permukaan sepatu atau jaket kalian. Kemudian, segera keringkan dengan handuk sambil menggosok ringan bagian yang terkena noda. Jauhkan suede dari udara panas saat masih dalam keadaan basah supaya nggak meninggalkan noda.
 

2. Gunakan sikat khusus

Ada sikat khusus yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan pakaian berbahan suede. Sikat khusus ini punya bulu yang lebih lembut dan nggak akan merusak bahan suede yang sensitif. Kalau nggak mau beli sikat khusus, kalian bisa gunakan bahan-bahan lain yang ada di rumah. 

Nggak Boleh Sembarangan, Begini Cara Merawat Bahan Suede yang Benar

Kalian bisa pakai sikat gigi yang berbulu sikat lembut, atau kalian juga bisa menggunakan nail file (kikir kuku) yang nggak terpakai supaya suede kalian keliatan kinclong lagi. Inget, jangan pakai sikat baju biasa, yaa.

Supaya debu-debu nggak menumpuk, usahakan untuk menyikat suede kalian setiap kali habis dibapakai, atau seenggaknya seminggu sekali.
 

3. Gunakan cuka putih untuk noda membandel

Nggak Boleh Sembarangan, Begini Cara Merawat Bahan Suede yang Benar

Tumpahan kopi, soda, atau noda lain yang susah dibersihin meski udah disikat, bisa kalian hapus dengan menggunakan cuka putih. Tuangkan sedikit cuka putih pada handuk bersih,  lalu usapkan ke bagian yang kena noda sampai nodanya memudar. Kalau nggak suka sama bau cuka, kalian bisa ganti dengan rubbing alcohol.
 

4. Letakkan di atas uap

Nggak Boleh Sembarangan, Begini Cara Merawat Bahan Suede yang Benar

Kalau sepatu suede Gan Sis mulai kehilangan teksturnya, atau kulitnya mulai kaku, Gan Sis bisa melembutkannya lagi dengan menaruh sepatu tersebut di atas uap selama beberapa detik. Uap ini bsa dari panci, atau dari teko. Setelah itu, gosok sepatu secara perlahan dengan handuk.
 

5. Gunakan bedak bayi atau tepung jagung

Nggak Boleh Sembarangan, Begini Cara Merawat Bahan Suede yang Benar

Saat terkena noda-noda yang berminyak, Gan Sis bisa segera menaburkan tepung jagung atau bedak tabur pada permukaan sepatu atau jaket. Tepung atau bedak bisa menyerap sisa-sisa minyak pada noda. Diamkan selama beberapa jam, kemudian sikat dengan sikat halus untuk membersihkan sisa bubuk.
 

6. Lindungi dengan spray pelindung

Nggak Boleh Sembarangan, Begini Cara Merawat Bahan Suede yang Benar
Untuk memastikan suede Gan Sis nggak terkena noda lagi, Gan Sis bisa semprotkan sepatu suede dengan semprotan pelindung khusus . Cukup semprotkan secara tipis-tipis, dan sepatu kalian udah terlindungi selama beberapa bulan. Perlindungan ini membuat kotoran nggak mudah menempel dan menyerap. Ada juga semprotan waterproof yang bisa mencegah suede kalian dari noda air.
 

Kalau sepatu kalian udah ternodai sampe nggak berbentuk lagi, dan nggak bisa tertolong meski dengan cara-cara di atas, mungkin udah waktunya kalian minta bantuan profesional. Bawa sepatu kalian ke salon sepatu dan biarkan para ahli yang menanganinya.


Spoiler for Sumber:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
siapika dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
widiwwwwwwwwwwwww
thankyouuuhhh bangettt gann atas informasinyaahhh
sangat bermanfaat buat kita yang mungkin belum tau akan hal ini
dan buat edukasi jugak sii yakk

naiiissss inpohhhhh
maaciiiyyy
dan.......bener bener.....ane...baru...tauu
terus sekarang menyesal. akibat sepatu rusak
karena sotoy alias asal bersihinnya hahahahahaa
walahhh susah juga ya ternyata ngerawat suede.. masa gaboleh dicuci emoticon-Frown kalo kena keringet gimana ya
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Ane biasanya bersihin pake baking soda gan wkwk
Terus bagian karet sol nya ane bersihin pake odol gitu sih
emoticon-Ngakak
profile-picture
ulermaboq memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
oke mantep gaes
Quote:


Oke gaes emoticon-terimakasih
tas suede gw udah sobek
baru tau gan, sepatu suede ane pake buat sekolah auto robek dan jd jelek, apalagi pulang sekolah langsung main basket emoticon-Ngakak:
Ane ada sepatu berbahan suede, bukan yg muahal sih... emoticon-Malu (S)
Gak ane pake tiap hari. Kalo abis make, ane lap pake lap kanebo lembab, trus dalemnya ane sumpelin koran bekas biar gak lembab & penyok...
Kalo pas ada waktu senggang, ane semprot pake cairan pembersih sepatu, sikat2, trus dikeringin pake lap kering. Di angin2 sebentar, trus simpen lagi...
asik nih dapet info baru jadi punya gaya baru deh dalam fashion hehee
makasih gan infonyaa bermanfaat banget buat anee
dulu ane pernah punya sepatu suede. karena gak ngerti, ane cuci aja sampe direndem ke aer wkwkw yaudah wassalam
Pernah nyuci bahan suede sembarangan, akhirnya warnanya wallahualam dah hahaha
rumit juga yaa gan
tyhanks banget gan infonya. biar ga jamuran lagi sepatu suede ane gan. nice
ternyata bergitu ya cara merawat bahan suege emoticon-MatabeloNggak Boleh Sembarangan, Begini Cara Merawat Bahan Suede yang Benaremoticon-Matabelo
Ane pengen banget beli jacket ma sepatu suede, cuma bingung cara ngerawatnya. Ane punya strap jam tangan bahan suede. Karna ane kerja outdoor jadi mulai menghitam deh, kira2 bisa dibersihkan pake cuka putih gitu jamin bisa hilang ga ya?
profile-picture
cipokan.yuk memberi reputasi
pantesan ane pake sepatu suede kalo kena ujan suka jadi jelek bahannya
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di