KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Tips Terobos Banjir yang Aman untuk Mobil Bertransmisi Otomatis
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc90a4926377254f720594f/tips-terobos-banjir-yang-aman-untuk-mobil-bertransmisi-otomatis

Tips Terobos Banjir yang Aman untuk Mobil Bertransmisi Otomatis

Tips Terobos Banjir yang Aman untuk Mobil Bertransmisi Otomatis

Ilustrasi. (Devon Live)





Musim hujan telah mengguyur sejumlah kawasan di Jakarta. Jalanan yang basah membuat pengemudi kendaraan harus selalu berhati-hati agar tidak celaka. Hujan yang terus turun tanpa henti juga bisa menyebabkan banjir dan menyebabkan sejumlah kesulitan bagi para pengendara.

Terlebih bagi pengendara mobil dengan transmisi otomatis atau matik, wajib memahami aturan serta cara yang tepat untuk menerobos genangan air. Pasalnya, mobil matik tidak lebih unggul dari mobil manual yang mudah mempertahankan level gas untuk menjaga rpm dengan kopling.

Bila Anda sedang mengendarai mobil matik dan terjebak banjir, hal pertama yang harus dilakukan adalah tidak panik dan kontrol diri agar tetap tenang.

Setelah itu, hal penting yang harus diperhatikan ialah tingkat ketinggian air. Melansir laman Auto 2000, perlu diingat bahwa standar batas aman mobil baik sedan, MPV, atau SUV untuk menerobos genangan air tidak boleh lebih dari setengah roda.

Menerobos banjir jika genangan melebihi batas roda akan membuat air masuk ke bagian dalam mobil, bahkan bisa menyebabkan kerusakan.

Seusai memerhatikan tingkat ketinggian air, pengendara dianjurkan untuk memindahkan tuas transmisi di gigi rendah atau posisi L (gigi 1). Mengutip CNNIndonesia.com, posisi transmisi seharusnya tidak berpindah selama melewati banjir. Hal ini membuat kecepatan mobil tetap stabil dan mesin tetap berputar.

Hal lain yang perlu dipahami adalah tetap mengatur jarak dengan kendaraan yang berada di posisi depan mobil Anda. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko bila kendaraan di depan mengerem dan membuat mobil Anda mengalami penurunan rpm.

Tambahan bagi pengendara mobil manual, untuk menjaga putaran rpm yang tetap pada mobil, Anda juga bisa menerapkan teknik stall speed dengan menginjak pedal gas dan rem di waktu yang bersamaan.

Sayangnya, teknik tersebut tidak disarankan untuk diterapkan pada mobil matik karena dapat membuat sejumlah kerusakan seperti kampas rem yang cepat haus.

profile-picture
profile-picture
naftalena007 dan n3ill memberi reputasi
nice info gan, cuman jkt ud lama ya ga banjir lg gan, amit2 sih banjjir emoticon-Blue Guy Peace
Lihat 1 balasan
Quote:


Ujan aja jarang² breemoticon-Ngakak
profile-picture
indonesiadaniel memberi reputasi
Balasan post n3ill
Bekasi masih sering gan emoticon-Ngakak
kalau mobilnya tinggi kayak mobil 4WD sih seru buat nerjang banjir. tapi ga tau nih kalau cuma punya mobil toyota agya, pingin ngupgrade belum nyangup DP, emang sih cicilan mobil 4WD ga ringan... tapi kalau masih hujan terus dan bajir kan berabe juga emoticon-Big Grin
wah info bagus gan. tapi sayangnya mobil saya manual semua kwkwkwk tp gapapa berguna buat bahan obrolan ama temen gan wkwkwk
bisa dicoba ini hehehe, sering mogok soalnya
intinya setengah roda itu sih ya...klo ga mending puter balik aja..
cara paling mudah yaitu pertahankan kunci mobil tetap di kantong anda,dan anda pulang dengan gojek,,wkwkwk
ane mah ogah terabas gan...cari parkir aja udah gitu nungguin sambil ngebakso😁😁


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di