alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Perampingan Eselon, Langkah Pemerintah Gerak Cepat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc6cc248d94d07bb02e492c/perampingan-eselon-langkah-pemerintah-gerak-cepat

Perampingan Eselon, Langkah Pemerintah Gerak Cepat


Perampingan Eselon, Langkah Pemerintah Gerak Cepat

Pemerintahan Presiden Joko Widodo hendak melalukan perampingan eselon untuk mempercepat gerak birokrasi. Ini selaras dengan visinya dalam deregulasi dan debirokratisasi untuk penciptaan birokrasi pemerintahan yang efektif dan efisien.

Wacana perampingan eselon ini dilontarkan Presiden Jokowi dalam pidato awal masa jabatan usai dilantik di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019.

Terkait dengan ini, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, menjelaskan jika langkah pemerintah melakukan perampingan eselon bertujuan untuk mengurangi rentang pengambilan keputusan sehingga pemerintah dapat bergerak dengan cepat.

Dikatakan, jika perampingan merupakan bagian penting dari upaya pemerintah untuk melaksanakan reformasi birokrasi.

Selama ini, tingkatan eselon yang cukup banyak sering kali menjadikan instruksi pimpinan harus terlebih dahulu melewati rantai birokrasi yang panjang.

Optimalisasi terhadap hal tersebut merupakan tujuan utama dari ide perampingan eselon itu.

Oleh karena itu, perampingan eselon ini tidak perlu menjadi kekhawatiran bagi aparatur negara, sebab tidak berkaitan dengan pengurangan jumlah pegawai, penurunan pangkat, atau promosi kenaikan pangkat, apalagi sampai penurunan penghasilan.

Perampingan eselon tidak terkait dengan itu semua. Kalau ada isu yang mengaitkan perampingan eselon dengan pengurangan jumlah pegawai, bisa dikatakan hoaks.

Sebaliknya, perampingan eselon ini justru membuka peluang bagi aparatur sipil negara untuk menempati jabatan fungsional secara proporsional, sehingga dapat bekerja dengan optimal sesuai kemampuan dan  latar belakang yang dimiliki.

Mari kita berpikir positif terkait dengan rencana pemerintah dalam perampingan eselon ini. Seyogianya kita dukung agar birokrasi pemerintahan kita bisa bekerja dengan optimal.
baguslah makin tinggi hierarki makin banyak korupsinya juga makin lambat proses kerjanya karena harus minta ijin dari sana sini. Gue dukung keputusan pemerintah ini.
Udah dari dulu, dari sejak sebelum jokowi sebenarnya wacana ini, wacana birokrasi pemerintahan yg miskin struktur kaya fungsi
Cuma saja ditunda2 terus, dan baru skrg digulirkan lg
Bagus memang, ane dukung 1 juta persen gagasan ini, cuma saja ga bisa gegabah simsalabim dilakukan,,, pertama2 kudu revisi dulu itu UU ASN dan turunannya (terutama PP11), kemudian rubah dulu SOTK kementrian, lembaga, pemda, dan pemprov,,, krn kalau tdk kebijakan ini berpotensi menabrak aturan

1 tahun spt janji cahyo kumolo bisa saja sih, cuma emang tim perubahan ini kudu gerak cepat, kudu full speed,,, dan berdasarkan pengalaman ane bersinggungan dgn organisasi eksekutif ane kaga pernah nemuin sosok2 yg bisa melakukan itu
Mungkin bisa dgn meminta bantuan pihak luar (konsultan swasta/independent), tp riskan juga krn filosofi kerjaan di eksekutif tdk sama dgn filosofi swasta

Semoga cahyo kumolo bisa menjalankan amanat presiden ini dgn lancar, krn pada dasarnya amanat ini adalah REVOLUSI BIROKRASI, bukan sekedar reformasi birokrasi

Selamat bekerja pak cahyo emoticon-Imlek
Diubah oleh kuntuldowo


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di