alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Warren Buffet Menjadi Sosok Inpirasiku Untuk Berinvestasi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc6c5d368cc9501a06914fd/warren-buffet-menjadi-sosok-inpirasiku-untuk-berinvestasi

Warren Buffet Menjadi Sosok Inpirasiku Untuk Berinvestasi

Warren Buffet Menjadi Sosok Inpirasiku Untuk Berinvestasi

Dulu ane sangat susah mengatur pengeluran bulanan ane. Karena terbiasa saat masih sekolah menerima uang jajan harian dan bisa digunakan sebebasnya, kemudian ane menyadari bahwa ane telah melakukan sebuah kesalahan. Dimana ane yang dulu awal-awal ngekos dan melakukan hal yang sama (dapet uang lalu habiskan) membuat ane kelimpungan di akhir bulan. Seperti kebanyakan mahasiswa, awal bulan makan enak, akhir bulan makan mie instan.

Warren Buffet Menjadi Sosok Inpirasiku Untuk Berinvestasi

source: nypost.com

Hingga suatu ketika ane mengenal bapak investasi, Warren Buffet. Orang yang terkenal sebagai investor minuman bersoda, Coca Cola.Kakek-kakek yang seneng main sama Bill Gates ini sangat senang berinvestasi. Ada banyak hal yang ane pelajarin dari dirinya:

Kaya Karena Berinvestasi

Warren Buffet Menjadi Sosok Inpirasiku Untuk Berinvestasi

source: pinterest.com

Kalo kita bertanya pada temen gimana caranya biar kaya, pasti kebanyakan menyuruh kita untuk jualan atau menjadi entrepreneur. Kalo barang yang kita jual laku tentu bisa uang kita bertambah banyak, lalu bagaimana kalo barang yang kita jual ga laku? Nah saat kebanyakan orang menyarankan berjualan, Warren Buffet menyarankan orang-orang untuk berinvestasi. Dirinya memang terkenal karena sahamnya yang banyak di Coca Cola, bahkan uang yang didapat dari dividen Coca Cola lebih besar dari uang yang didapat Oleh CEO Coca Cola sendiri, keren kan?

Sejak itulah ane memilih untuk memulai investasi. Dari awalnya ane menyisihkan 10% dari uang bulanan ane, sampe akhirnya ane sekarang bisa menyisihkan 80% uang bulanan ane (btw karena ane sekarang udah kerja jadi uang bulanannya gede emoticon-Big Grin). Berinvestasi memang tidak selalu menguntungkan, tapi kita ga perlu pusing mikirin mau jualan apa, ga perlu ribet ngelola usaha, gaperlu capek ngelakuin ini itu dan bisa disambi sambil kerja.

Tetap Hidup Sederhana Walau Duit Berlimpah

Warren Buffet Menjadi Sosok Inpirasiku Untuk Berinvestasi

source: manageyourmonies.com

Warren Buffett merupakan orang terkaya ke empat di dunia dengan total kekayaan $106,5 billion. Bayangin dengan uang segitu kalian bisa makan nasi padang pake rendang sama tunjang tiap hari, hehe canda. Walau duitnya sangat berlimpah Warren Buffet tetap hidup sederhana. Dia tinggal di rumah yang tidak terlalu megah yang dia beberapa puluh tahun yang lalu, menggunakan pakaian santai dan tidak mencolok saat bepergian, tidak punya mobil mewah dan banyak lagi.

Inilah yang pertama kali ane terapkan agar ane bisa berinvestasi dengan uang bulanan saat ngekos dulu. Kebiasaan ane yang makan enak diawal bulan ane rubah menjadi warteg setiap hari, 1-2 kali sehari makannya (dari yang awalnya 2-3 kali sehari), beli paket data yang paling murah dan sering-sering pake wifi kampus, nyuci sendiri ketimbang laundry dan banyak lagi. Pokoknya hidup sederhana dan hemat. Dari gaya hidup itu ane mulai bisa menyisihkan uang bulanan ane dari yang awalnya habis mulu kalo udah mau akhir bulan. Dan karena hidup hemat dan sederhana ini ane bisa terhindar dari mie instan.

Berinvestasi Sejak Kecil

Warren Buffet Menjadi Sosok Inpirasiku Untuk Berinvestasi

source: begintoinvest.com

Yang ane kagumin dari Warren Buffet selain punya banyak aset investasi, ternyata dirinya memulai investasi dari kecil. Jadi wajar kalo dia paham banget sama yang namanya investasi. Ya walaupun investasi ga selalu berjalan mulus, setidaknya semakin lama kita berinvestasi maka semakin mengerti pula apa yang harus kita ketahui sebelum berinvestasi.

Ane memulai investasi ane saat kuliah dengan menggunakan separuh uang tabungan ane selama kuliah sebesar 1 juta untuk main bitcoin. Ane belikan beberapa coin. Tapi sayangnya bukannya untung tapi buntung. Dari 1 juta aset ane sekarang sisa 144ribu. Tapi semua itu sudah terbayar saat ane main P2P Landing. Untuk saham ane belom berani masuk karena masih mempelajari beberapa perusahaan yang akan ane investasikan.

Sabar Dalam Berinvestasi

Warren Buffet Menjadi Sosok Inpirasiku Untuk Berinvestasi

source: azquotes.com

Warren Buffet pernah cerita kalau banyak orang yang gagal berinvestasi karena mereka ga sabaran. Dirinya sendiri berinvestasi hingga puluhan tahun sampai akhirnya bisa menikmati hasilnya. 

Ane sendiri menyadari hal tersebut. Berinvestasi memang ga seribet jualan, tapi uang yang didapet ga segede untung berjualan juga. Kalau untung kita mau besar maka modalnya juga harus besar. Dan yang terpenting adalah sabar karena semakin kita tahan uangnya maka bisa semakin besar (terutama saham). Udah 2 tahun uang yang ane investasikan di Bitcoin ga ada kenaikan, malah semakin turun. Tapi siapa tau beberapa tahun lagi harganya melambung lagi seperti batu akik. Untuk bermain saham tentu perlu puluhan tahun agar saham sebuah perusahaan terus naik. Namun kadang kita sulit untuk sabar dan merasa panik melihat aset kita yang bergerak turun. Ya namanya investasi ga selalu untung, pasti ada ruginya. Kalo selalu untung semua orang pasti bakalan investasi emoticon-Big Grin.

Itulah 4 pelajaran yang bisa ane pelajari dari sosok Warren Buffet sekaligus menjadi inspirasi ane untuk terus berinvestasi. Thread ini dibuat berdasar event INSPIRING PEOPLE/PRODUCT/PLACE/COMMUNITY. Dan Warren Buffet benar-benar telah menjadi INSPIRING PEOPLE bagi ane.

TASTETHELOCAL

MLDSPOTKONTENHUNT

KASKUSXMLDSPOT

Jujur ane bingung mencantumkan sumbernya, karena ane membaca dari berbagai macam akun investasi luar negri. Jadi sumbernya ane tulis dari berbagai sumber aja kali ya hehe.

profile-picture
orgbekasi67 memberi reputasi
Ane juga sangat terinspirasi sama doi, dari cara pikir beliau berinvestasi longterm sampe ke kehidupan sederhananya, no one can pull it off kayak bapak ini.


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di