alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Septic Tank Meledak Tewaskan Satu Orang, Begini Cara Mencegahnya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc6c2b009b5ca797d1d48aa/septic-tank-meledak-tewaskan-satu-orang-begini-cara-mencegahnya

Septic Tank Meledak Tewaskan Satu Orang, Begini Cara Mencegahnya


Septic Tank Meledak Tewaskan Satu Orang, Begini Cara Mencegahnya

Pada Selasa, 5/11, warga Cakung, Jakarta Timur dikejutkan dengan adanya suara ledakan dari salah satu rumah warga. Suara ledakan tersebut ternyata berasal dari septic tank yang baru saja disedot oleh petugas. Untuk meyakinkan pemilik rumah bahwa penyedotan septic tank telah selesai, petugas penyedot WC membakar selembar koran kemudian memasukkannnya ke dalam lubang septic tank. Nahas, usai koran yang terbakar dimasukkan, ledakan terjadi hingga membuat petugas terperosok ke dalam lubang septic tank dan meninggal dunia.


 
Mengapa bisa terjadi ledakan?

Septic tank merupakan tempat penampungan kotoran manusia yang di dalamnya terkandung gas metana. Proses pembentukan gas ini disebut sebagai proses anaerobik yang terjadi karena adanya aktivitas mikroba alami. Dalam proses ini, mikroba mengonsumsi, menguraikan kotoran manusia dsn menghasilkan gas metana. Sifat dari gas metana ini ialah mudah terbakar.

Dalam proses anaerobik ini, tidak boleh ada oksigen yang masuk karena akan menyebabkan bakteri anaerob mati dan proses penguraian kotoran manusia gagal. Hal ini pulalah yang menyebabkan septic tank dibuat di kedalaman tertentu, kedap udara, dan ada pipa saluran gasnya. Pipa saluran gas ini berfungsi untuk mengeluarkan gas metana yang telah dihasilkan. Apabila tidak dibuat saluran gas ini, maka gas metana akan mencari jalan keluarnya sendiri, sebagaimana sifat gas: memenuhi ruang yang kosong. Sumber

Kasus meledaknya septic tank bukan hanya sekali ini terjadi. Ledakan juga bisa dipicu apabila tidak terdapat pipa pembuangan gas sebagaimana gambar di bawah.

Septic Tank Meledak Tewaskan Satu Orang, Begini Cara Mencegahnya


Upaya Pencegahan

Belajar dari kejadian meledaknya septic tank di Cakung, Jakarta Timur yang menyebabkan 1 orang tewas, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan agar kejadian yang sama tidak terulang:

1.      Penyedotan
Idealnya, penyedotan dilakukan setiap setahun sekali. Hal ini untuk mencegah penggumpalan sisa feses. Feses yang menggumpal karena lama tidak disedot ini akan menjadi lumpur yang nantinya akan menyulitkan ketika melakukan penyedotan.  Namun, untuk septic tank yang baru dibangun penyedotan bisa dilakukan setelah tiga tahun.


2.      Pipa pembuangan gas
Sediakan pipa pembuangan gas agar gas metana yang dihasilkan keluar sempurna. Selain itu, jauhkan pula pipa pembuangan gas ini dari sumber api atau panas untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Begitu pula ketika melakukan penyedotan, upayakan tidak merokok dan tidak menyalakan sumber api.

 
Itulah beberapa hal sepele tapi penting untuk diperhatikan. Bila Agan Sista mengetahui hal-hal lain yang perlu diperhatikan untuk mencegah ledakan septic tank silakan bagikan di bawah, ya. Yuk, sharing!

 


profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 3 lainnya memberi reputasi
harus hati-hati ya Gan Sis
Keselamatan dan kesehatan harus menjadi prioritas
untung aku kalo pup di pasir emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
YumnaAzalea dan Helm.Proyek memberi reputasi
Yang sepele tapi sering diabaikan tuh kayaknya yang pipa ya gan, bahaya banget padahal kalo ga ada bolongannya. Kemaren juga kesalahannya pake dibakar segala pake kertas sih ya
profile-picture
YumnaAzalea memberi reputasi
Sepertinya septic tank di rumah ane harus di sedot deh. sudah lama tidak.
profile-picture
profile-picture
Blind Sniper dan maria.olivia memberi reputasi
Quote:


Siluman kucing ente? emoticon-Takut
profile-picture
YumnaAzalea memberi reputasi
Quote:


Weee ... sama ... sama kek kucing aneemoticon-Ngakak
Quote:


Nah, itu ... namanya lalai. Mungkin dia pikir emang udah beneran bersih dari gas metan, jadi ga kepikiran kalo bakal meledak gitu
profile-picture
orgbekasi67 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Pernah ane ditegur, kalo mau liat jangan ngerokok. Termasuk gali sumur juga jangan ada api.
profile-picture
YumnaAzalea memberi reputasi
Quote:


Semoga jadi pelajaran buat semua ya Gan, termasuk ane juga
Balasan post YumnaAzalea
Iya gan, cuma ane baca dari kajian ilmiahnya emang salah sih ngetestnya dengan cara itu. Semoga jadi pelajaran buat tukang wc lainnya
profile-picture
YumnaAzalea memberi reputasi
Waduuuuh...ajib" warbiasaaa pastinyaemoticon-Hammer2
Sepele tapi penting yah sis
Nice info sis..
tritnya informatif. kenapa masih sepi sih 😭
bahaya juga ya..hehe..ngeri
serem ya klo septitank meledak, bisa bau semuaemoticon-Ngakak
wadidaw biss meledak jugaa yak


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di