alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PBNU dan Polemik Khotbah Jumat Menteri Agama Fachrul Razi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc6b5f27e3a7239743d41d1/pbnu-dan-polemik-khotbah-jumat-menteri-agama-fachrul-razi

PBNU dan Polemik Khotbah Jumat Menteri Agama Fachrul Razi

PBNU dan Polemik Khotbah Jumat Menteri Agama Fachrul Razi

Jakarta, CNN Indonesia -- Khotbah perdana Menteri Agama Fachrul Razi pada salat Jumat di Masjid Istiqlal Jakarta menuai respons. Sebabnya, khotbah pada 1 November 2019 itu disebut tak menggunakan salawat yang merupakan salah satu rukun khotbah Jumat.

Akun Generasi Muda NU di laman berbagi Youtube mengunggah ulasan khotbah berjudul 'KH Zuhri Ya'qub: Khotbah Jumat Menag Fachrul Razi di Istiqlal Tidak Sah'.

Dalam video berdurasi dua menit lebih itu, pewawancara bertanya pada Rois Syuriyah PWNU Jakarta Zuhri Ya'qub tentang pelaksanaan khotbah salat Jumat yang ia sebut tanpa salawat pada khotbah pertama dan tanpa wasiat takwa pada khotbah kedua.

"Sejauh yang saya tahu dalam perspektif fiqih mazhab Syafi'i bahwa rukun khotbah itu yang pertama membaca hamdallah, yang kedua salawat lalu membaca wasiat takwa. Ketiga rukun ini mesti disampaikan baik di khotbah pertama maupun kedua," jawab Zuhri dalam video yang diakses CNNIndonesia.com, Jumat (8/11).

"Lalu kemudian membaca ayat Al Quran di salah satu dua khotbah dan, kemudian membaca doa untuk muslimin dan muslimat di khotbah kedua," lanjut dia lagi.

Ia pun melanjutkan ketika seorang khotib tidak menyampaikan salah satu rukun maka khotbahnya dianggap tidak sah. Sebab rukun itu, menurut dia tidak boleh ditinggal. Konsekuensinya, Zuhri berkata pelaksanaan prosesi salat Jumat itu tercederai.

"Karena khotbah bagian dari pelaksanaan Jumat. Maka bagi orang yang melaksanakan Jumat di tempat tersebut, seharusnya meng-qodho dengan salat dhuhur," sambung dia.

Merespons kejadian tersebut, Rois Syuriyah PBNU Masdar Farid Mas'udi menduga apa yang abai dilakukan Menteri Agama, adalah faktor ketidaksengajaan.

"Karena lupa saja, masa' baca salawat saja enggak mau," kata Masdar diikuti tawa, saat ditemui CNNIndonesia.com di rumahnya di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur, Kamis (8/11).

"Ya, sudah, faktanya begitu ya terima saja. Yang penting ada tausiyah, tiga atau empat syaratnya sudah dilakukan, saya kira cukup itu. Insyaallah diterima lah, diampuni sama maha pengampun," jelas Masdar.

Kendati begitu ia mengakui, standar rukun khotbah yang dianut NU merujuk pada Mazhab Syafi'i yang memuat lima syarat. Mazhab Syafi'i adalah ajaran yang dianut mayoritas muslim di Indonesia.

Kata Masdar, selain memenuhi rukun khotbah, NU juga mengimbau pesan dalam khotbah disampaikan dengan santun, lembut dan sentuhan hati.

Menurut pendakwah sekaligus pengajar di Kampus Syariah Sekolah Fiqih Ahmad Sarwat, terdapat perbedaan rukun khotbah dari tiap-tiap Mazhab. Pandangan Mazhab Hanafi, misalnya, rukun khotbahnya hanya satu yakni membaca hamdalah, tahlil dan tasbih.

"Mazhab Hanafi cuma satu yaitu dzikir kepada Allah saja. Sebab ayatnya dalam Alquran kan cuma memerintahkan dzikir saja," jelas Sarwat saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (8/11).

Lihat juga: Ma'ruf Sebut Radikalisme Bukan soal Pakaian, Tapi Cara Pikir

Ia melanjutkan dengan mengutip salah satu ayat Alquran dalam surat Al Jumuah ayat sembilan yang berbunyi: Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah.

"Jadi dalam keadaan minimalis, misalnya khotbah itu cuma berupa dzikir seperti subhanallah pun cukup sudah dan sah," tambah Sarwat yang menghabiskan kuliah sarjananya di jurusan perbandingan Mazhab.

Hanya saja, Syarwat mengatakan jejak penyebaran Mazhab Hanafi ini tak sampai ke negara seperti Indonesia, Malaysia atau Asia Tenggara pada umumnya.

"Di kita mana bisa seperti itu," tambah dia lagi. Pasalnya, umat muslim di Indonesia mayoritas menganut Mazhab Syafi'i.

Lain lagi dengan rukun khotbah Mazhab Maliki. Syarwat berkata Mazhab Maliki memuat lima ketentuan dan Mazhab Hambali terdiri atas empat syarat.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam menyatakan mayoritas muslim di Indonesia mengikuti Mazhab Syafi'i. Karena itu ia menegaskan khotbah Jumat harus memenuhi rukun khotbah yang memuat lima ketentuan.

"Menurut jumhur ulama ada 5, memuji Allah di kedua khotbah, misalnya dengan Alhamdulillah. Membaca salawat di kedua khotbah, membaca wasiat takwa di kedua khotbah, membaca ayat suci Alquran di salah satu khotbah dan berdoa untuk kaum muslim di khotbah kedua," kata Asrorun melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com.

"Salat Jumat tanpa khotbah, atau khotbah yang tidak memenuhi syarat dan turunannya, tidak sah," tukas Asrorun lagi.

Sarwat pun tak menampik jika kurang rukun khotbah memang agak bermasalah. Apalagi mengingat posisi Fachrul Razi sebagai menteri agama di Indonesia yang bermazhab Syafi'i. Hanya saja ia mengusulkan, alangkah lebih elok bila kekeliruan itu direspons secara adil.

"Sebenarnya yang melakukan 'kesalahan' kayak gitu banyak banget di negeri kita ini," tutur dia.

"Kalau saya pribadi sih sederhana saja. Yang pada enggak baca salawat waktu khotbah itu cukup banyak juga. Kalau mau menegur, ya tegur semuanya," pungkas Sarwat.

Menteri Agama Fachrul Razi telah menanggapi kritik mengenai khotbah Jumatnya. Ia mengaku mulanya sempat ingin marah, bahkan tak ingin peduli juga malas menanggapi. Tapi kemudian ia meminta bawahannya untuk mencari rekaman lengkap saat dirinya menjadi khatib.

Tujuannya, untuk menyeimbangkan informasi dan asumsi negatif yang telanjur beredar. Setelah memeriksa video, Mantan Wakil Panglima TNI tersebut lantas berterima kasih karena Zuhri Ya'qub memberikan kritik yang substantif.

"Untung dia masih kasih masukan ada substansinya sedikit," kata Fachrul di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (7/11). (ika)

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...a-fachrul-razi

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
irmanator dan scorpiolama memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Njirr...


Mending Indonesia sekuler aja keknya...
Antar umat aja saling cokot2an gimana nanti antar keyakinan...

*ktp ane Islam ya... pliss jangan kapir2kan ane emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
20.12.2013 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
biar dia ga sahh....kalo cuma ngalasan kek gtu


dia tetap menag sekarang ..


emoticon-Big Grin






hanya ustatt bntenn memang malaaaiikaatt. .
profile-picture
august^rush memberi reputasi
Quote:


Untung ane d jakarta.. d sini rukun2 aja.. buktinya lieus dan rocky gerung aja bisa ceramah/orasi d masjid.. jadi ulama honoris causa.. emoticon-Malu (S)

PBNU, PP Muhammadiyah, FPI, PA212 kaga ada komentar sama sekali kan ?.. emoticon-Malu (S)

Syukron ya akhi.. emoticon-Malu (S)

Btw.. keislaman anda beluman terbukti kalo lom dukung anies d jatim.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngacir
emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
water.fly dan sweetjulia memberi reputasi
Balasan post tanah.liat
Quote:


meluruskan gan bukan cokot cokotan emoticon-Ngakak
ane nyesel .....serah sodara ane bilang apa

Quote:

Wtf ulama honoris causa emoticon-Ngakak


Jangan...jatim itu luas,kesian anies ntar capek emoticon-Mewek


Quote:

Kalau emang meluruskan
Mestinya jangan langsung aplod, menag bilang pidio di potong?

Ane berasumsi ada kepentingan tertentu...
profile-picture
valkyr7 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kotbah2 yg radikal intoleran diawasi sampe segitu nya ga? Wkwkwkkkkk
Berarti menag mahzabnya hanafi. Beres urusan
Buset dah belum selesai aja emoticon-Ngakak (S)

Kayak besok udah gak ada jumat lagi aja emoticon-Ngakak (S)


Hidup dan otak mereka bener2 didedikasikan untuk sesuatu yang fiksi emoticon-Malu






































emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
anasforever dan Exorcizm memberi reputasi
Balasan post tanah.liat
Quote:


Quote:


jelas dipotonglah kan yang penting video awal menag saat khotbah jum'at dan di mengakui saran Rois Syuriyah PWNU Jakarta Zuhri Ya'qub emoticon-Big Grin
profile-picture
tanah.liat memberi reputasi
Balasan post tanah.liat
Soeharto yg berkuasa 32 thn aja ngga berani jadi imam sholat jumat..
Dia berkuasa, tapi tau diri.. kalo dia ngga faham rukun dan syarat masalah agama
profile-picture
tanah.liat memberi reputasi
Ribut mulu

Ibarat ada anak cita2nya mau jd penulis
Dlm prosesnya biasa donk salah2
Tp ini disalah2in dan dipublikasi ke seluruh dunia atas setiap kesalahannya
Lama2 jd joker juga tuh emoticon-Big Grin
profile-picture
axe321 memberi reputasi
Balasan post tukangkredit
Quote:


maksudnya apalagi menteri agama republik indonesia bukan menteri agama islam maksudnya ? emoticon-Ngakak
profile-picture
Exorcizm memberi reputasi
Quote:


Dasar tapirrrr.....

PBNU dan Polemik Khotbah Jumat Menteri Agama Fachrul Razi

emoticon-Marah
profile-picture
tanah.liat memberi reputasi
Quote:


Bener Gan. Knp lebih seneng gesek2an, kapir dikit bakar2an,,,

Esensi fungsi mentri agama jadi ilang gara2 fokus sama yg gituan...
profile-picture
tanah.liat memberi reputasi
udalah jalan tengah saja, yg salah yg gak sholat jumat...
GITU AJA KOK REPPR
Quote:


Quote:


Inih.....

" Saya bilang, saya sudah puluhan kali (jadi khotib)," ujar Fachrul di Kementerian Agama, Jakarta, Jumat, 8 November 2019

Sama komeng agan inih....
Tentang Fungsi menag


Quote:
Quote:


Ane di cap tapir itu sudah terlalu mainstream emoticon-Ngakak (S)
klasik agama damae. emoticon-Ngakak
profile-picture
Exorcizm memberi reputasi
tau ah gelap
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di