alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pengadilan India Izinkan Kuil Hindu Dibangun di Situs Masjid Kuno
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc6af408d9b17048c471001/pengadilan-india-izinkan-kuil-hindu-dibangun-di-situs-masjid-kuno

Pengadilan India Izinkan Kuil Hindu Dibangun di Situs Masjid Kuno

Mahkamah Agung India pada hari Sabtu memberikan situs agama yang disengketakan kepada umat Hindu, memberikan kekalahan bagi umat Islam yang juga mengklaim situs tersebut.

Keputusan dalam perselisihan antara kelompok Hindu dan Muslim membuka jalan bagi pembangunan kuil Hindu di lokasi di kota utara Ayodhya, sebuah proposal yang telah lama didukung oleh partai nasionalis Hindu yang dipimpin Perdana Menteri Narendra Modi.

Dikutip dari Reuters, 9 November 2019, perwakilan dari kelompok Muslim yang terlibat dalam kasus ini mengkritik putusan tersebut sebagai tidak adil dan mengatakan kemungkinan akan meminta peninjauan kembali terhadap putusan tersebut.

Pada 1992, gerombolan Hindu menghancurkan Masjid Babri abad ke-16 di lokasi itu, memicu kerusuhan di mana sekitar 2.000 orang, kebanyakan dari mereka Muslim, terbunuh di seluruh India. Puluhan kuil dan masjid juga menjadi sasaran dalam serangkaian serangan balas dendam oleh massa Hindu dan Muslim.


Menurut laporan CNN, situs seluas 2,77 hektar, yang diklaim oleh umat Hindu dan Muslim, adalah situs masjid abad ke-16 yang dihancurkan oleh gerombolan sayap kanan pada tahun 1992 di Ayodhya, sebuah kota di negara bagian Uttar Pradesh.

Namun dalam keputusan bulat, pengadilan tinggi India memutuskan Sabtu bahwa sebuah kuil Hindu untuk Dewa Ram dapat dibangun di situs tersebut, sementara memberi perwakilan Muslim lahan 5 hektar terpisah di kota.

Untuk menyelesaikan klaim kepemilikan, Mahkamah Agung diminta untuk mempertimbangkan teks-teks kuno, buku harian berusia 500 tahun yang ditulis oleh seorang kaisar Mughal, travelogues dari pedagang abad pertengahan, serta survei era kolonial dan catatan arkeologi.

Umat Hindu yang gembira, yang telah lama berkampanye agar sebuah kuil dibangun di atas reruntuhan masjid, menyalakan kembang api dalam perayaan di Ayodhya setelah keputusan pengadilan diumumkan.


Ribuan anggota pasukan paramiliter dan polisi dikerahkan di Ayodhya dan daerah sensitif lainnya di seluruh India. Tidak ada laporan kerusuhan sejauh ini.

"Putusan ini tidak boleh dilihat sebagai kemenangan atau kerugian bagi siapa pun," kata Modi di Twitter.

"Semoga perdamaian dan harmoni menang!"

Meski begitu, putusan itu kemungkinan akan dipandang sebagai kemenangan bagi Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa Modi dan pendukungnya yang mayoritas umat Hindu garis keras.

https://dunia.tempo.co/read/1270298/...us-masjid-kuno

knp hindu india ngotot merebut lokasi masjid babri tersebut?

krn mereka percaya bahwa masjid tersebut didirikan dilokasi bekas kuil hindu yg dihancurkan

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rgenpeninsula dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
biarkan mereka dengan urusan negaranya sendiri emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sebarkanlah dan 6 lainnya memberi reputasi
ya wajar yg punya duluan dong yg klaim

sama ke al aqsa kalo mau diambil isroil ya relakan aja tul gak ? emoticon-Big Grin

yg belakangan nongol jangan nyerobot2 punya tuan tanah dong emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
general.maximus dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


tuan tanah berhak mengambil kembali haknya dong

yang belakangan jgn nyerobot2
profile-picture
soljin7 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Beda bener dah dengan di Kabupaten Bekasi, mendirikan satu pura aja susah bukan main. emoticon-Cape d...

Cek, ada ga Pura yang berdiri di Kabupaten Bekasi?
Bukan kotanya ya, tapi kabupatennya (wilayah Cikarang, Cibitung, Cibarusah, dst).

Di wilayah seluas itu, masa umat Hindu mesti datang ke Bekasi Kota dulu karena Pura baru ada di wilayah kota Bekasi? emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post ustad.syam
Quote:


ya kan udah gue bilangin goblok biarin mereka dengan urusan negaranya sendiri

emoticon-Ngakak
Quote:


kapan antum razia rumah ibadah antum yg tak ber-imb ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post ustad.syam
Quote:


ngapain gue razia orang gue bukan satpol pp goblok lu emoticon-Ngakak
Balasan post ustad.syam
Quote:


bumi beserta isinya ini melik aloh

ngerti ente hah emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
general.maximus dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


bangun rumah ibadah tanpa imb dosa gak ?
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan wanarta memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Balasan post smirting
Quote:


loh kan muslim semua bersaudara,gimana sih ente,kurang kafah iniemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
general.maximus dan soljin7 memberi reputasi
Balasan post ustad.syam
Quote:


nggak agama itukan lebih dulu ada daripada aturan negara imb yang dibuat manusia emoticon-Big Grin
Balasan post beritafilistin
profile-picture
48y24rd memberi reputasi
Quote:


Puluhan Masjid di Padang Menggunakan Listrik Ilegal

coba cek ada imbnya jg gak

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
general.maximus dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post ustad.syam
Quote:


urusan pemerintahan disana ngapain juga jadi urusan gue , buat apa ada pemerintah kalo harus gue yang ngurus , gue aja yang jadi presiden nya biar gue urusin semua , goblok lu emoticon-Ngakak
Quote:


Pengadilan India Izinkan Kuil Hindu Dibangun di Situs Masjid Kuno
profile-picture
profile-picture
profile-picture
general.maximus dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
terus urusannya gue apa??emoticon-Big Grin
Diubah oleh smirting
Lihat 2 balasan
Balasan post ustad.syam
Quote:


terus urusannya gue apa??emoticon-Big Grin
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
Zionisme ada dimana2...
Quote:


Nah berarti bebas dnk kalo kita mau buat rumah ibadah??
Lihat 1 balasan
Balasan post penuhkasih
Quote:


ya kalo dari zaman kerajaan dulu sih bebas bebas aja ga ada peraturan imb segala ga tau jaman sekarang peraturannya udah lain emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di