alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ibu Tatiek Kancaniati, Sosok Inspiratif Dibalik Kampung Wisata Bisnis Tegal Waru
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc67f378d94d035eb1eb794/ibu-tatiek-kancaniati-sosok-inspiratif-dibalik-kampung-wisata-bisnis-tegal-waru

Ibu Tatiek Kancaniati, Sosok Inspiratif Dibalik Kampung Wisata Bisnis Tegal Waru

Ibu Tatiek Kancaniati, Sosok Inspiratif Dibalik Kampung Wisata Bisnis Tegal Waru


Kesejahteraan adalah sesuatu yang menjadi sorotan banyak orang termasuk di negeri ini pun demikian. Hal ini karena kesejahteraan adalah sesuatu yang penting di masyarakat agar suatu negara bisa semakin maju dan berkembang. Di negeri ini dalam masalah kesejahteraan sendiri bukan tanpa solusi, tak sedikit INSPIRING PEOPLE/PRODUCT/PLACE/COMMUNITY bisa menjadi contoh tentang menciptakan sebuah inspirasi kesejahteraan di masyarakat terutama yang berkaitan dengan perekonomian. Dengan TASTETHELOCAL kita bisa dapat inspirasi dengan segala hal yang inspiratif yang ada di negeri ini.
Ibu Tatiek Kancaniati, Sosok Inspiratif Dibalik Kampung Wisata Bisnis Tegal Waru


Melalui MLDSPOTKONTENHUNT dan juga KASKUSXMLDSPOT, ane akan menceritakan INSPIRING PEOPLE yang telah menggagas sebuah kampung wisata yang tak biasa yaitu sebuah kampung wisata bisnis yang menginspiratif yang dikenal oleh banyak orang sebagai Kampung Wisata Bisnis Tegal Waru. Kampung wisata bisnis tersebut terletak di Kampung Tegal Waru, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Sebelum menjadi kampung wisata bisnis, tempat tersebut biasa-biasa saja dengan profesi yang umumnya sebagai petani dan juga pembuat produk industri rumahan. Setelah menjadi kampung wisata bisnis, hal itu berubah drastis menjadi desa wisata bisnis yang menghasilkan banyak produk UMKM mulai dari nata de coco, aneka kerajinan, produk makanan ringan, peternakan, perikanan, buah-buahan hingga fashion seperti jaket, jilbab dan juga topi.

Ibu Tatiek Kancaniati adalah sosok dibalik hadirnya Kampung Wisata Bisnis Tegal Waru. Perjuangannya untuk membangun kampung wisata bisnis tersebut bukan tanpa hambatan. Sebelum mengembangkan Kampoeng Wisata Bisnis Tegal Waru dirinya tinggal di kota Depok selama tujuh tahun dan akhirnya pulang ke kampung halamannya di tahun 2006 demi menjaga kesehatan anak-anaknya yang butuh terapi udara segar. Pulang ke kampung halamannya membuat dirinya tergerak dalam pemberdayaan masyarakat lewat yayasan KUNTUM Indonesia. KUNTUM sendiri adalah kependekan dari Kreatifitas Usaha Unit Muslimah yang berfokus pada pemberdayaan perempuan desa agar bisa mencegah pernikahan dini dan juga putus sekolah melalui pembentukan UKM-UKM.

Ibu Tatiek menyadari bahwa potensi kampung halamannya begitu besar hal ini berdasar pada sebuah studi dari Social Enterpreneur Leader (SEL) tahun 2008 yang menunjukkan sosial ekonomi daerah tersebut memiliki potensi ekonomi yang menarik dimana masyarakat cekatan dalam membuat produk namun kesulitan dalam pemasaran dan permodalan. Lewat hasil studi itulah Ibu Tatiek mencoba membuat Kampung Wisata Bisnis Tegal Waru lewat training usaha dan juga memfasilitasi pemasaran produk.

Kendala yang dialaminya beragam mulai dari mensosialisasikan program ke masyarakat, prosedur izin hingga mendatangkan pengunjung. Kerja kerasnya telah membuahkan hasil, sejak 2010 Kampung Wisata Bisnis tersebut tetap eksis hingga kini karena banyak pengunjung yang datang dan kampung wisata tersebut beberapa kali diliput oleh media televisi. Bahkan kampung wisata bisnis ini menjadi inspirasi para pengunjung untuk studi banding dan belajar banyak hal. Menurut penuturan Ibu Tatiek sudah ada sekitar 500 ribu pengunjung sejak kampung bisnis tersebut dimulai pada 2010, selain itu UKM yang bermitra dengannya ada 15 Jenis UKM dan 35 Produk UKM. UKM yang menjadi mitranya diberikan bantuan modal dan juga pemasaran via online maupun pemasaran tradisional. Produk UKM nya tak hanya di pasarkan di Indonesia semata namun juga di pasarkan ke negara lain seperti Malaysia, Hongkong dan Arab Saudi.
Ibu Tatiek Kancaniati, Sosok Inspiratif Dibalik Kampung Wisata Bisnis Tegal Waru


Dari kisah Ibu Tatiek Kancaniati yang menggagas Kampung Wisata Bisnis Tegal Waru bisa membuat kita belajar banyak hal bahwa potensi sebuah daerah bila kita gali tentu bisa membuat masyarakat terberdayakan dan bisa membuat masyarakat menjadi sejahtera, sehingga masyarakat pedesaan tak harus merantau ke kota untuk memperbaiki nasib. Siapa saja bisa mengembangkan potensi daerahnya masing-masing, asalkan punya tekad yang kuat dan juga berani menghadapi segala rintangan-rintangan yang seringkali menjadi sebuah hambatan. Mau laki-laki atau perempuan , semuanya memiliki potensi untuk mengembangkan potensi daerahnya masing-masing asalkan punya keinginan dan tekad untuk mewujudkannya. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber 1
Sumber 2
Sumber gambar via google images
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Reserved


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di